Wisata Banyuwangi – Pantai Pulau Merah Yang Memukau

Jalan-jalan ke Banyuwangi kurang afdol jika tidak berkunjung ke pantai Pulau Merah. Destinasi wisata ini terletak di garis pantai selatan tepatnya pantai Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Adanya Pulau kecil di tengah pantai dengan posisi menjulang layaknya gunung berhasil menjadi daya tarik tersendiri.

Saat laut surut, kamu bisa mengunjungi tempat ini dengan berjalan kaki sambil menikmati keunikan warna merah pada tanah gunung kecil tersebut. Ditambah lagi dengan pasir putih yang menghampar sepanjang 3 km dan embusan angin laut membuat kamu betah untuk berlama-lama. Tiket masuk tergolong cukup murah, loh. Hanya dengan sepuluh ribu rupiah, kamu sudah bisa menikmati pemandangan di pantai ini.

Keindahan lainnya adalah di waktu-waktu tertentu pantai ini memiliki gulungan ombak yang mampu memikat para perselancar. Para pecinta olahraga tersebut tak perlu repot lagi untuk membawa papan seluncur dari rumah karena sudah disediakan persewaan papan surfing. Cukup merogoh dompet dua puluh lima ribu sampai lima puluh ribu saja, kamu sudah bisa bermain-main dengan ombak. Info yang terdengar, banyak orang bilang kalau pantai ini merupakan replika pantai Kuta Bali sehingga disebut Kuta-nya Jawa. Oleh karena itu, Pemkab Banyuwangi pernah mengadakan kejuaraan International Surfing Competition, pada tanggal 24-26 Mei 2013 yang diikuti surfer dari 20 negara.

Mungkin dalam benakmu timbul pertanyaan yang sama dengan benakku, “mengapa nama pantai tersebut Pulau Merah?” Setelah mencari-cari ternyata pantai ini awalnya bernama Pantai Ringin. Dalam sejarahnya ada dua versi cerita mengapa pantai ini bernama Pulau Merah. Versi satu, konon katanya, sekitar 100 meter dari pantai di hadapan Pulau Merah tersebut pernah ada cahaya merah yang memancar terang. Lalu versi kedua, karena warna tanah gunung dan pasir yang ada di garis pantai berwarna merah.

Baca juga:  Sasar Pelancong Dan Pebisnis, Ini Hotel Terbaru Di Surabaya

Oia, untuk menuju tempat ini tidak cukup sulit. Meski harus melewati pedesaan dan pebukitan, infrastuktur jalan tidak terjal. Banyaknya penunjuk arah memudahkan kamu sampai tujuan dengan selamat. Dari kota Banyuwangi, perkiraan waktu tempuh dua setengah jam baik menggunakan sepeda motor atau mobil. Tapi, kalau kamu menggunakan transportasi umum, jika dari Jember, kamu bisa menggunakan bis jurusan Banyuwangi dan turun di terminal Jajag, ongkos bis berkisar dua puluh sampai tiga puluh ribu. Lalu naik bis arah Pesanggaran. Kalau dari kota Banyuwangi, kamu bisa menggunakan bis langsung arah Pesanggaran. Setelah itu, gunakan ojek untuk mencapai pantai Pulau Merah.

Meski pantai memiliki panorama yang indah, namun sangat disayangkan, banyak pengunjung mengotori pantai dengan sampah. Padahal di beberapa titik sudah disediakan tong sampah serta ada petugas kebersihan yang dipekerjakan. Hal ini ternyata tidak cukup untuk membuat pengunjung sadar bahwa menjaga kebersihan bukanlah kewajiban para pekerja saja namun juga tanggung jawab para pengunjung.


Share This:

Dini Hidayati

Hanya seorang gadis kecil penyuka buku, jalan-jalan, dan makan

2 thoughts on “Wisata Banyuwangi – Pantai Pulau Merah Yang Memukau

  • February 7, 2016 at 7:16 am
    Permalink

    Oalah.. kata pantai pulau merah itu krn ada gunung” kecil di pantai itu toh… saya kira karena pasirnya berwarna merah

    Reply
  • February 7, 2016 at 9:23 am
    Permalink

    Wah… bisa untuk surfing….. @_@
    Saya belum pernah ke pantai yang bisa untuk surfing… biasa di pantai yang berombak tenang seperti Jepara, dan perbatasan Demak.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *