Waspada Gejala Kangker Mulut Rahim

Kanker mulut rahimmerupakan penyakit yang sangat berbahaya, yang harus segera ditangani apabila sudah terdeteksi gejalanya.  Menurut sumber yang akurat, badan WHO menyebutkan bahwa sekitar 5 juta jiwa nyawa perempuan di  penjuru  dunia melayang disebabkan penyakit ini, bahkan disebutkan penyakit tersebut menempati posisi kedua penyakit mematikan setelah kanker payudara,  hingga kini penyakit mematikan tersebut belum ada obatnya , adapun penanganan masalah ini dengan tiga cara yakni dengan melakukan kemoterapi yakni system pengobatan yang berfungsi untuk menghancurkan dan membunuh sel kanker, selain kemoterapi juga dapat dilakukan dengan cara  oerasi / pembedahan dan cara yang terahir adalah dengan cara radiasi/penyinaran.

Sebab-sebab terjadinya kanker mulut rahim memang beragam, adanya factor keturunan, pola hidup yang tidak sehat, melakukan hubungan intim dengan bergonta ganti pasangan,  terlalu sering melahirkan dan lain-lain. Adapun mewaspadai penyakit ini dapat dilakukan sejak dini dengan memperhatikan gejala-gejalanya. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis akan mencoba memberikan informasi kepada para pembaca mengenai beberapa gejala kanker mulut rahim yaitu :

1.      Keluar darah dalam jumlah banyak dan berlebihan pada saat menstruasi
Menstruasi adalah merupakan keharusan bagi seorang wanita yang sudah menginjak usia balig, namun jika menstruasi dengan indikasi bahwa wanita tersebut menderita penykit kanker mulut rahim, maka darah yang keluar dari perempuan tersebut tidak normal atau tidak seperti biasanya yaitu darah yang keluar dalam kadar yang cukup banyak, atau waktu keluar yang tiba-tiba tidak tentu.

2.      Selalu merasakan sakit pada saat berhubungan intim
Pada saat hubungan intim, wanita merasakan sakit atau boleh jadi keluar darah, apabila keadaan tersebut terjadi, maka harus segera untuk dikomunikasikan ke klinik terdekat, agar segera ada penanganan sebelum terjadinya penyebaran virus.

3.      Sakit pada saat buang air kecil
Indikasi selanjutnya dari terjangkitnya penyakit mematikan ini adalah sakit pada saat buang air kecil. Jika seorang wanita sering merasakan sakit pada saat buang air kecil untuk segera melakukan cek dokter, karena menurut beberapa kejadian yang sudah, hal tersebut merupakan indikasi dari terserangnya virus penyebab kanker.

4.      Keputihan yang tidak normal disertai pendarahan
Keputihan dalam bahasa medis disebut dengan fluor albus, biasanya keputihan ini berwarna bening atau kuning, jika tidak berbau dan tidak banyak, tidak menimbulkan rasa nyeri dan gatal, maka wanita tidak perlu risau dengan hal tersebut, tapi jika keputihan yang keluar tersebut banyak dan ada baunya atau kadarnya banyak, maka hal tersebut harus segera diperiksakan ke dokter jangan sampai terlambat. Keputihan disebabkan adanya obat-obatan yang dipakai dalam waktu yang lama, adanya stress atu adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Cara penanganan keputihan jika masih normal dapat dilakukan sendiri dengan tetap menjaga kebersihan daerah kewanitaan, kurangi stress, juga dianjurkan untuk menghindari pemakaian celana dalam yang berbahan katun, tidak memakai celana dalam ketat. Jika keputihan yang terjadi ternyata tidak normal juga baunya tak sedap, maka dianjurkan untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter agar tidak terlambat penanganan, sebab hal tersebut merupakan indikasi dari gejala terserang kanker.

Baca juga:  Template Asli Bagas31.com Responsive Untuk Blogger

Demikian paparan tentang beberapa gejala kanker mulut rahim, semoga bermanfaat bagi pembaca untuk meanambah wawasan dan informasi, penanganan masalah kesehatan perlu dilakukan dengan serius sebelum virus mewabah kesekujur badan. Umumnya sulit untuk mengidentifikasi terserang virus tersebut jika tidak langsung ditangani medis, oleh karena itu semestinya secar rutin cek ke dokter harus dilakukan atau paling tidak jika ada gejala-gejala yang tersebut di atas untuk segera diperiksakan ke dokter. 

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *