Ternyata Rokok Ada Museumnya Loh, Yaitu Museum Kretek Kudus

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Sejarah dan peradaban kehidupan terangkum dan tersimpan rapi di museum, siapa saja yang ingin belajar tentang sejarah dapat mengunjungi museum. Salah satu museum unik di Kudus yang merangkum perkembangan rokok mulai awal diketemukan hingga sekarang ini adalah Museum Kretek Kudus. Museum rokok yang terletak di Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati, Kudus ini dapat ditempuh sekitar 50 KM dari Semarang atau kurang lebih menghabiskan waktu 1 jam perjalanan. Lokasinya tepat berada di pertigaan jalan. Berdiri di lahan seluas 2 hektar yang megah. Di dalam lokasi museum tersebut terdapat beberapa bangunan antara lain bangunan utama, mini bioskop, rumah adat kudus, dan waterboom. Memang selain menjadi sarana pendidikan dan riset, museum ini menjadi sarana rekreasi favorit masyarakat Kudus.

Berada di kawasan museum Kretek Kudus, banyak ditumbuhi berbagai macam pohon yang menjulang dan rindang di area depan dan samping. Di area depan sendiri dimanfaatkan sebagai tempat area bermain anak, taman, area parkir, toko, dan sering dimanfaatkan sebagai tempat lomba burung berkicau. Saat memasuki area ini, Anda akan disambut kolam air mancur dan patung besar di tengah lapangan di depan gedung utama. Di Gedung utama, Anda dapat menemui sejarah rokok dari mulai ditemukan hingga sampai sekarang. Anda juga dapat melihat foto-foto pendiri pabrik rokok di Kudus, koleksi tembakau dalam berbagai kualitas, koleksi cengkeh dalam berbagai kualitas dan saus untuk campuran rokok. Di di tengah ruangan juga terdapat beberapa patung berwarna hitam yang meneritakan proses pembuatan rokok dan beberapa alat pembuatan rokok tradisional di sampingnya.

Baca juga:  Wisata Medan: Danau Toba Tidak Pernah Ada di Kota Medan

Saat melihat sudut kiri ruangan, Anda akan melihat patung Niti Semito dan ruangannya yang di dalamnya juga terdapat koleksi meja dan kursi kuno, serta benda dan foto-foto kuno. Kembali ke ruang utama, di kanan dan kiri ruang Anda akan melihat diorama pembuatan rokok dari tradisional jaman dulu, hingga modern yang sudah masuk prabrik mulai dari awal hingga pemasarannya. Patung-patung dalam diorama sangatlah bagus dan tampak seperti nyata. Tidak hanya rokok dan sejarahnya saja yang dapat Anda lihat, karena museum ini juga menyimpan alat promosi rokok dari jaman dulu hingga sekarang. Di sini juga ada replika gerobak dan tempat berjualan rokok jaman dulu yang memang sangat mirip. Memang ruang utama ini tidak terlalu besar, tapi koleksinya cukup lengkap.

museum kretek kudus
Koleksi Rokok dari Masa ke Masa (c) wego.co.id

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Puas berjalan-jalan di dalam, Anda dapat keluar melewati pintu kanan dan akan langsung menemukan bangunan bioskop mini yang menampilkan film-film 3 dimensi. Beranja ke balakang Anda akan menemukan area outbond dan waterboom yang terbagi menjadi dua, yakni ember tumpah dan perosotan tinggi. Kembali ke depan, Anda akan menemukan bangunan rumah adat Kudus lengkap dengan sumur tua yang berada di depan bangunan.

Memang fasilitas di sini sudah cukup lengkap, ada toilet, mushala, toko souvenir, warung makan, informasi dan masih banyak lagi. Anda dapat belajar dan sekaligus berwisata di Museum Kretek Kudus bersama keluarga Anda. Anda dapat bersantai di taman, menikmati bekal bawaan Anda, sambil mengawasi anak Anda bermain.

Baca juga:  Pantai Karanggongso Trenggalek—Pesona Senja di Pesisir Laut Selatan


Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Share This:

Reyhan M Abdurrohman

Berkacamata, tapi sebenarnya malas memakainya. Ngakunya penulis, tapi masih sering malas menulis.

2 thoughts on “Ternyata Rokok Ada Museumnya Loh, Yaitu Museum Kretek Kudus

  • February 9, 2016 at 7:40 am
    Permalink

    wedewww kalo rokok di museumin nanti pada seneng pencinta rokok deh, hehe tapi lucu juga kemasannya dikoleksi dari masa ke masa

    Reply
    • February 16, 2016 at 6:58 am
      Permalink

      Sebenarnya rokok punya sejarah yang panjang yang ternyata dulunya digunakan sebagai obat. Rokok berhubungan erat dengan masyarakat kudus yang sebagian besar bekerja di perusahaan tersebut, yang secara tidak langsung hidup orang kudus bergantung pada rokok 🙂

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *