Solusi Menjaga Gula Darah Tetap Stabil

Menjaga gula darah stabil sama halnya seperti menjaga berat badan. Kini diabetes tidak hanya menyerang orang dewasa, tetapi bisa menyerang anak-anak juga. Kelebihan berat badan, kurang olahraga, stress, dan pola makan yang tidak benar dapat menjadi penyebab naiknya kadar gula dalam tubuh. Oleh karena itu hal-hal tersebut harus mendapat perhatian dan disiplin agar kadar gula tetap stabil.
Diabetes

Makan dengan menu diet yang seimbang adalah hal yang paling utama untuk penderita diabetes. Ada beberapa solusi menjaga gula darah tetap stabil baik untuk penderita diabetes ataupun untuk pencegahan. Simak beberapa solusi makanan untuk menstabilkan gula darah berikut ini.
   ü  Kayu Manis
Mengkonsumsi kayu manis 3 kali sehari secara rutin akan menurunkan kadar gula dalam tubuh.
   ü  Strawberry
Strawberry memiliki kandungan serat dan air yang tinggi serta tingkat kalori yang rendah. Strawberry juga bisa mengenyangkan perut dalam jangka waktu lebih lama. Konsumsi dengan porsi secukupnya sebagai cemilan pengganti biskuit dan permen.
   ü  Mengurangi porsi nasi
      Nasi mengandung kadar gula yang tinggi. Baik bagi anda untuk memakan nasi dalam keadaan dingin. Sebagai pengganti nasi anda bisa mengkonsumsi kentang rebus.

   ü  Oats
Oats atau gandum termasuk kedalam makanan berkarbohidrat baik yang aman dikonsumsi penderita atau non penderita diabetes. Oats lambat dicerna, tidak menyebabkan kadar gula naik drastis, juga memiliki kandungan serat larut tinggi.
   ü  Daging tanpa lemak
Biasakan mengkonsumsi daging ayam tanpa kulit atau daging tanpa lemak sebagai menu makan. Lebih baik lagi jika anda mengkonsumsi ikan salmon karena mengandung omega 3 yang bagus untuk jantung.
   ü  Sayuran
Sayur-sayuran sangat baik untuk kesehatan. Untuk penderita diabetes, sayuran seperti brokoli, bayam, dan kacang hijau sangat dianjurkan karena mengandung serat yang tinggi dan rendah karbohidrat.
   ü  Mengurangi konsumsi gula
Mengurangi konsumsi gula sangat dianjurkan hingga 0 %. Solusinya anda bisa mengganti dengan gula rendah kalori. Usahakan seminimal mungkin mengkonsumsi makanan yang manis-manis juga gorengan.
Selain makanan-makanan yang disebutkan anda juga harus menjaga pola hidup sehat dalam keseharian. Pola hidup sehat tersebut yaitu:
1.       Rutin berolahraga
Rutin berolahraga sangat dianjurkan. Olahraga sebagai aktivitas fisik untuk membakar lemak dalam tubuh sehingga berat badan yang berlebih bisa stabil. Gula yang berada dalam tubuh akan dibakar menjadi energi ketika anda berolahraga.
2.       Menghindari stress
Selain olahraga, penting bagi anda untuk terhindar dari stress. Stress dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat. Buat pikiran anda tenang dan hindari hal-hal yang menyebabkan masalah sehingga membuat anda stress memikirkannya. Rekreasi secara berkala untuk menenangkan pikiran atau menyalurkan hobi dapat menghindarkan anda dari stress.
3.       Istirahat
Istirahat sangat diperlukan untuk tubuh agar sehat dan segar. Begadang terus menerus tidak baik untuk kesehatan. Begadang juga dapat menyebabkan kadar gula meningkat karena metabolisme dalam tubuh tidak bekerja maksimal.
4.       Memeriksakan gula darah
Anda harus mengetahui kadar gula darah anda. Oleh karena itu penting untuk memeriksakan gula darah secara berkala, misalnya diperiksa 3 bulan sekali. Anda dapat melakukan pencegahan dini dan juga menjaga gula darah dan kolesterol stabil.
Baca juga:  3 Obat Sakit Gigi Berlubang dan Gusi Bengkak

Semua hal-hal yang sudah dipaparkan mengenai menjaga gula darah intinya berkaitan dengan menjaga makanan dan pola hidup sehat. Makanan dan pola hidup yang dijaga terbukti bukan hanya terhindar dari diabetes saja tetapi terhindar dari berbagai macam penyakit.

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *