SEA Games dan 7 Fakta Menarik di Dalamnya

SEA Games baru saja selesai diselenggarakan di Malaysia. Dengan segala macam kekurangan dan masalah yang terjadi selama penyelenggaraan, tahun ini Malaysia sukses menjadi juara umum untuk yang kedua kalinya (yang pertama pada tahun 2001) dengan perolehan total 145 emas. Capaian emas ini sendiri sebenarnya melebihi target yang diberikan pemerintah Malaysia dengan mematok target 111 emas.

SEA Games merupakan pesta olahraga multi event yang diadakan oleh negara-negara asia tenggara setiap dua tahun sekali. Nama Sea Games sendiri merupakan kepanjangan dari Southeast Asian Games. Setiap dua tahun sekali, negara-negara di kawasan asean bergantian menjadi tuan rumah.

Pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara ini sudah diselenggarakan sejak tahun 1959 dan sampai saat ini sudah berlangsung 29 kali. Indonesia perlu berbangga diri, karena dari 29 kali penyelenggaraan, 10 di antaranya Indonesia pernah menjadi juara umum, padahal Indonesia baru bergabung sebagai peserta Sea Games bersama dengan Filipina pada tahun 1977.

Nah, selain fakta berikut, kami punya beberapa fakta menarik seputar SEA Games yang sudah berlangsung sejak tahun 1959 ini. Berikut ini beberapa fakta menariknya.

  1. Asal usul SEA Games

    Maskot SEA Games cdari tahun ke tahun
    Maskot SEA Games (c) ardhasugarda.wordpress.com

Sea Games pertama kali diselenggarakan pada tahun 1957. Pada saat itu, pesta olahraga semenanjung Asia Tenggara ini masih belum bernama Sea Games, tapi bernama SEAP Games (Southeast Asian Peninsular Games). Pencetusnya adalah Laung Sukhumnaipradit, yang pada saat itu merupakan Wakil Presiden Komite Olimpiade Thailand. Tujuannya diadakannya pesta olahraga se-Asia Tenggara ini adalah untuk mengeratkan kerjasama, pemahaman dan hubungan antar negara di kawasan semenanjung Asia Tenggara.

SEAP Games pertama kali diselenggarakan di Bangkok, Thailand, dengan diikuti lebih dari 527 atlet dari Thailand, Burma (saat ini bernama Myanmar), Malaysia, Singapura, Vietnam dan Laos dengan mempertandingkan 12 cabang olahraga. Baru lah pada tahun 1977 secara resmi SEAP Games berganti nama menjadi SEA Games (Southeast Asian Games)

  1. Indonesia menjadi peserta SEA Games Sejak tahun 1977
Indonesia Sebagai Peserta SEA Games
Indonesia Sebagai Peserta SEA Games Sejak 1977 (c) wikipedia

Secara resmi Indonesia menjadi peserta SEA Games pada tahun 1977, bersamaan dengan Brunei dan Filipina. Di tahun yang itu juga untuk pertama kalinya digunakan nama SEA Games yang sebelumnya masih menggunakan nama SEAP Games. Di edisi perdana penggunaan nama SEA Games itu juga Indonesia sukses menjadi juara umum.

  1. Indonesia 10 kali menjadi juara umum
Sejarah SEA Games
SEA Games (c) cdn.beritaunik.net

Dari partisipasi Indonesia sejak tahun 1977 sampai saat ini, Indonesia sudah mengoleksi gelar juara umum sebanyak 10 kali, ini merupakan yang terbanyak dibandingkan negara peserta lainnya (jika dihitung mulai sejak nama SEA Games pertama kali dipakai). Di peringkat kedua adalah Thailand yang pernah menjadi juara umum sebanyak tujuh kali, Malaysia sebanyak dua kali, sedangkan Filipina dan Vietnam masing-masing pernah menjadi juara umum sebanyak satu kali.

Sebelum berganti nama menjadi SEA Games, yaitu pada tahun 1959 hingga 1975, Thailand pernah menjadi juara umum sebanyak enam kali dan Burma (Myanmar) sebanyak dua kali.

  1. Indonesia menjadi tuan rumah 4 kali

Indonesia pernah menjadi tuan rumah  SEA Games sebanyak empat kali, di antaranya adalah pada tahun 1979, 1987, 1997 dan 2011. Ini merupakan tuan rumah terbanyak bersama dengan Malaysia yang juga sudah empat kali menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara ini.

  1. Thailand adalah negara dengan koleksi total emas terbanyak

Dihitung sejak tahun 1977, yaitu sejak namanya berganti menjadi SEA Games, Thailand merupakan negara dengan jumlah emas terbanyak sepanjang penyelenggaraan SEA Games sampai tahun 2017. Jumlah emas Thailand adalah sebanyak 1715, hanya unggul satu keping emas dari Indonesia yang sudah mengoleksi 1714 emas sepanjang penyelenggaraan SEA Games. Di tempat ketiga adalah Malaysia dengan 810 emasnya.

  1. Timor Leste Pertama Kali Bergabung Pada Tahun 2003

Setelah melepaskan diri dari Indonesia secara resmi pada tahun 2002, Timor Leste pun secara resmi bergabung sebagai peserta SEA Games pada tahun 2003.

  1. SEA Games tahun 2017 adalah SEA Games terburuk bagi Indonesia
SEA Games Kuala Lumpur 2017
SEA Games 2017 (c) cdn2.tstatic.net

Beberapa hari yang lalu SEA Games ke 29 telah selesai diselenggarakan, Malaysia sebagai tuan rumah—dengan segala macam permasalahannya—telah sukses keluar sebagai juara umum dengan perolehan 145 medali emas, lebih dari target mereka yang semula mematok 111 medali emas.

Berbanding terbalik dengan Malaysia yang sukses melampaui target, Indonesia justru gagal mencapai target perolehan medali emas di SEA Games. Pemerintah dalam hal ini Kementrian Pemuda dan Olahraga Indonesia semula mematok target 55 medali emas, namun pencapaiannya justru di bawah target, yaitu 38 medali emas. Perolehan medali yang tidak sesuai harapan ini menjadikan SEA Games Kuala Lumpur sebagai SEA Games terburuk Indonesia sepanjang sejarah.

Di luar segala permasalahan yang terjadi, mulai dari bendera yang terbalik atau wasit yang berlaku tidak adil, Indonesia dalam hal ini Kementrian Pemuda dan Olahraga harus melakukan banyak evaluasi guna meningkatkan prestasi atlet-atlet bangsa.

*dikutip dari berbagai sumber

Share This:

Baca juga:  Natasha Wilona, Pemeran Reva dalam Sinetron Anak Jalanan (Paling Lengkap)

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *