Review Novel Summer in Seoul Karya Ilana Tan

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Siapa yang tidak kenal Ilana Tan? Novelis ini sudah banyak menelurkan karya dan menghiasi jagat pernovelan. Novel-novelnya selalu dinikmati pembaca dan selalu ditunggu penggemarnya. Kali ini kami akan review novel Summer in Seoul

Novel Metropop Dalam Nuansa Cover Baru

Summer in Seoul Sinopsis:

Jung Tae Woo—penyanyi muda terkenal Seoul yang muncul kembali setelah empat tahun menghindari dunia showbiz.

“Aku hanya ingin memintamu berfoto denganku sebagai pacarku,” kata Jung Tae Woo pada gadis di hadapannya.

Sandy alias Han Soon-Hee—gadis blesteran Indonesia-Korea yang sudah mengenali Jung Tae-Woo sejak awal, namun sedikit pun tidak terkesan. Sandy mengangkat wajahnya dan menatap laki-laki itu, lalu berkata, “Baiklah, asalkan wajahku tidak terlihat.”

Awalnya Jung Tae-Woo tidak curiga kenapa Sandy langsung menerima tawarannya. Sementara Sandy hanya bisa berharap ia tidak akan menyesali keputusannya terlibat dengan Jung Tae-Woo. Hari-hari musim panas sebagai “kekasih” Jung Tae-Woo dimulai. Perubahan rasa itu ada. namun keduanya tidak menyadari kebenaran kisah empat tahun lalu sedang mengejar mereka.

***

Judul          : Summer In Seoul

Penulis        : Ilana Tan

Penerbit      : Gramedia

Jumlah        : 280 hlm; 20 cm

Tahun          : Cetakan ke-23, Oktober, 2014

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

ISBN            : 978-602-03-1014-5

Aku baru mengetahui novel ini sekitar tahun 2014. Cukup kudet, ya? Hehe. Dan sekarang baru bisa review novel Summer in Seoul. Sebagai novel pertama dari tetralogi novel empat musim, Ilana Tan cukup mampu menggambarkan bagaimana kisah-kisah yang sering muncul di drama-drama Korea. Selayaknya novel terjemahan, ia mencoba menyuguhkan konflik seorang penyanyi pop yang baru kembali ke dunia musik setelah empat tahun vakum. Isu-isu tentang tokoh utama yang gay sampai tindakan nekat mencari pacar bohongan..

Baca juga:  Review Novel Berikutnya Kau yang Mati

Jung Tae-Woo, penyanyi pop tersebut bersama sang manajer akhirnya membuat sebuah adegan berfoto dengan Han Soon-Hee. Setelah kejadian itu, keesokan harinya, berbagai media mulai menayangkan foto tersebut sebagai hot news. Young Mi sahabat Soon-Hee tidak tahu menahu bahwa dalam foto tersebut adalah teman dekatnya. Hal ini terus terjadi sampai satu kejadian yang membuat Han Soon-Hee akhirnya mengakui bahwa dirinya adalah kekasih palsu Jung Tae-Woo.

Status pacar Jung Tae-Woo terbongkar saat ibunya menghadiri peluncuran bukuya di Korea. Ketika ditanya, siapa pacar anaknya tersebut, ibu Jung Tae-Woo menyebutkan nama Han Soon-Hee. Hingga Jung Tae-Woo, Han Soon-Hee, manajer dan ibunya tengah makan siang, saat keluar dari restoran, mereka didatangi oleh banyak wartawan. Tidak hanya itu, beberapa hari kemudian yang rahasia lama terbongkar juga.

Beberapa quote yang aku suka dari novel penulis rahasia ini sebagai berikut:

… Waktu tu aku memang sedih, tapi aku bukan tipe wanita yang histeris. Ada banyak hal yang bisa membuatku bahagia. Banyak sekali…” (hal. 66)

“Aku akan pastikan kau tidak mendapat masalah.” (hal. 144)

“Tiba-tiba ia tahu ia tidak perlu memasang sikap tegar dan tidak perlu berpura-pura kuat. Ia bisa melepaskan sedikit ketegangan dalam dirinya. Ia tidak sendirian lagi.” (hal. 157)

Makanya kalian jangan langsung percaya pada apa yang kalian baca di tabloid.” (hal. 214)

Oke, quote hanya ditampilkan sebagian agar tidak terlalu spoiler.

Ilana Tan mampu menghadirkan nuansa romantis yang tidak cenderung lebay. Ringan dibaca untuk mengisi waktu senggang. Meskipun ide cerita cenderung klise dan konflik masih datar namun hal ini tidak mengurangi pembaca menikmati alur cerita. Gaya bercerita yang luwes dan tidak monoton mampu menutupi setting Seoul yang kurang tergambarkan dengan baik.

Baca juga:  Review Buku Asma Nadia – Waswas Soal Pernikahan? Kamu Wajib Baca Ini! Sakinah Bersamamu

Novel yang mendapat empat bintang dari Goodreads ini telah mengalami cetak ulang sebanyak 23 kali sejak kemunculannya di tahun 2006. Pada ulang tahun 40 Penerbit Gramedia, cover dari novel Summer In Seoul mengalami perubahan. Dengan pencapain tersebut, Ilana Tan mendapat gelar pengarang Mega Best-Seller. Oleh karena itu, novel populer ini direkomendasikan untuk semua orang yang ingin merasakan romantisme drama Korea. Selamat membaca!

Demikianlah Review novel Summer in Seoul semoga semakin penasaran dan mencarinya di pasaran. Ilana Tan selalu bisa membuat pembacanya masuk ke dalam cerita.

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Share This:

Dini Hidayati

Hanya seorang gadis kecil penyuka buku, jalan-jalan, dan makan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *