Penyebab Gagal Ginjal Dan Resikonya

Sebelum kita membahas tentang penyebab gagal ginjal dan resikonya, ada baiknya kita ketahui dahulu. Apaitu devinisi tentang penyakit gagal ginjal. Gagal ginjal adalah sebuah keadaan dimana ginjal kehilangan kemampuannya untuk menyaring darah dari kotoran. Sehingga mengakibatkan darah di seluruh tubuh akan bercampur dengan air, elektrolit dan kotoran.

Gagal ginjal ada 2 jenis. Yaitu gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis. Gagal ginjal akut adalah suatu keadaan dimana ginjalkehilangan fungsinya secara tiba-tiba. Sedangkan gagal ginjal kronis adalah sebuah keadaan dimana ginjal kehilangan fungsinya secara bertahap.

Bagaimana kita bisa tahu kalau kita sedang menderita gagal ginjal?. Kenali gejala gagal ginjal berikut ini. Mungkin kepala terasa pusing dan sulit berkonsentrasi. Kulit terasa gatal yang berlebihan, sesak nafas, dan kedinginan, pinggang terasa sakit, pada saat buang air terasa nyeri atau keluar kencing darah. Jika kita mengalami hal seperti ini, segera periksa ke dokter. Untuk mengetahui apakah kita beresiko terkena gagal ginjal atau tidak.

Penyebab Gagal Ginjal Dan Resikonya

Untuk pembahasan selanjutnya kita akan kaji mengenai penyebab gagal ginjal dan resikonya.

Pertama, penyebab gagal ginjal

Ada banyak sekali hal yang menyebabkan orang terkena gagal ginjal. Salah satunya yaitu karena dehidrasi atau kekurangan cairan seperti muntah, diare, demam, dan mengeluarkan keringat dalam kadar yang cukup banyak. Karena itu, jangan sepelekan masalah dehidrasi ini. Penyebab lainnya adalah pendarahan yang cukup parah. Bisa karena mengeluarkan darah yang berlebihan saat kecelakaan atau hal lainnya. Bisa juga dikarenakan sumbatan pada pembuluh darah di ginjal. Jika pembuluh darah ini tersumbat, maka akan memperlambat aliran darah ke ginjal.

Gagal ginjal juga dikarenakan karena pemberian obat pelancar kencing. Pemakaian Obat pelancar kencing dapat berakibat pengeluaran urin terlalu banyak. Sedangkan tubuh masih perlu banyak cairan untuk proses metabolisme. Karena itu, sebaiknya jika harus minum obat pelancar kencing, mintalah keterangan selnegkapnya dari dokter tentang efek samping mengkonsumsi obat tersebut. Inilah beberapa penyebab gagal ginjal dan resikonya bisa kita baca di bawah ini.

Baca juga:  Alasan Mengapa Film Panas Asal Jepang Sangat Banyak Beredar

Kedua, Resiko gagal ginjal

Bicara masalah resiko, satu pertanyaan yang sering kita ajukan. Siapa saja yang beresiko menderita gagal ginjal?. Salah satunya adalah bayi yang lahir dengan berat badan kurang dari 2,3 kilogram. Karena itu, jika sekarang kita sedang hamil, konsumsilah makanan yang bergizi bagi janin. Agar kelak ketika bayi lahir tidak mempunyai berat badan yang kurang. Selain itu, orang-orang yang menderita beberapa penyakit seperti diabetes, kolesterol tinggi, darah tinggi, infeksi saluran kemih, obesitas, ataupun perokok aktif.

Orang yang telah berusia di atas 40 tahun meski tidak ada tanda-tanda terkena resiko gagal ginjal, sebaiknya disarankan untuk memeriksakan ginjalnya secara rutin. Karena resiko gagal ginjal masih akan selalu ada. Yang beresiko terkena gagal ginjal selanjutnya adalah mereka yang mempunyai pendapatan rendah. Dengan rendahnya pendapatan seseorang dapat menghalangi orang tersebut mengkonsumsi makanan yang bergizi. Akibatnya konsumsi makanan mereka jauh dari devinisi layak. Mereka makan seadanya yang penting kenyang.

Demikian hal-hal yang bisa kita ketahui mengenai penyebab gagal ginjal dan orang yang beresiko terkena. Sehat itu mahal. Namun sakit jauh lebih mahal. Karena itu, demi kesehatan kita di masa sekarang dan tua nanti, ada baiknya coba kita renungkan penyebab gagal ginjal dan resikonyadi atas.

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *