Pentingnya Asupan ASI Dan MPASI Untuk Buah Hati

Jakarta – Pentingnya asupan ASI (Air Susu Ibu) dan MPASI (Makanan Pendamping ASI) untuk anak – anak. Keduanya merupakan sumber nutrisi yang baik untuk bayi.

ASI memiliki komposisi kandungan kolostrum serta antibodi alami yang bermanfaat dalam menunjang tumbuh kembang bayi serta membantu mencegah infeksi dan gangguan kesehatan lainnya. Idealnya, ASI diberikan secara eksklusif pada bayi hingga usia enam bulan pertama tanpa konsumsi makanan tambahan.

Kemudian, biasanya nutrisi dan energi yang dikandung oleh ASI sudah tidak lagi mencukupi sehingga anak memasuki momen makanan pertama yang disebut dengan Makasnan pendamping ASI (MP-ASI) yang seimbang dan bergizi. Hal ini sangat penting untuk tumbuh kembang anak.

Dalam hal ini, kandungan zat gizi pada MP-ASI, tidak saja berperan penting untuk pertumbuhan fisik tubuh tetapi juga dalam pertumbuhan otak, perkembangan perilaku, motorik, dan kecerdasan buah hati. 1ST BITE DAY atau MOMEN MAKAN PERTAMA si kecil, memberikan manfaat penting baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Manfaat jangka pendeknya adalah, penanaman memori rasa lewat perkenalan ragam rasa dan tekstur sejak dini dan mengurangi risiko alergi si kecil. Dalam jangka panjang, 1ST BITE DAY atau MOMEN MAKAN PERTAMA si kecil, bermanfaat meminimalisir kemungkinan si kecil menjadi susah makan di kemudian hari dan mudah untuk beradaptasi dengan makanan baru.

Milna sebagai Ahli Makanan Bayi menyediakan rangkaian produk nutrisi yang diformulasikan untuk bayi usia 6 bulan ke atas, ikut mendukung program pemerintah dalam rangka perbaikan gizi nasional dengan menghadirkan kampanye MILNA 1ST BITE DAY – MOMEN MAKAN PERTAMA Si Kecil.

Kampanye ini mengangkat peran penting ASI dan MP-ASI dalam memenuhi Angka Kecukupan Gizi Si Kecil, lewat seminar interaktif dengan Dr. Attila Dewanti, SpA(K), Pakar Kesehatan Bayi dan Anak serta rangkaian aktivitas lainnya yang berkaitan dengan suapan dan gigitan pertama Si Kecil.

Baca juga:  9 Tips Agar Anda Tetap Awet Muda

Kampanye ini mulai dijalankan di Surabaya, tanggal 30 April 2016 lalu, kemudian di Jakarta, 14 Mei 2016 dan akan dilanjutkan di Medan, dengan target mengedukasi lebih dari 3000 Bunda.

“Harapannya, edukasi kampanye MILNA 1ST BITE DAY dalam pemberian MP-ASI yang tepat, guna memenuhi zat gizi spesifik yang dibutuhkan Si Kecil untuk berkembang secara optimal baik dari segi fisik ataupun kognitif, bisa berperan dalam mengatasi masalah gizi kompleks yang ada dan mewujudkan Indonesia sehat menuju kehidupan yang lebih baik,” ungkap Helly Oktaviana, Business Unit Head Nutrition for Infant and Baby Kalbe Nutritionals, Jakarta, baru – baru ini.

Sumber:

http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2295669/pentingnya-asupan-asi-dan-mpasi-untuk-buah-hati

Share This:

Dini Hidayati

Hanya seorang gadis kecil penyuka buku, jalan-jalan, dan makan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *