Pantai Pink: Keindahan alam di ujung selatan Pulau Lombok

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Ini adalah review kedua saya tentang keindahan alam Pulau Lombok. Di review sebelumnya saya kan pernah bilang, kalau pantai-pantai di Lombok itu bagus-bagus dan enggak kalah kayak pantai-pantai terkenal lainnya (Baca juga: Gili Sudak: Pulau eksotis yang tersembunyi) . Bedanya, di Lombok Pantainya banyak yang belum dikelola secara maksimal. Tapi, saya pribadi sih berharap tetap seperti ini. Tahu lah, kalau udah ter-ekspose secara besar-besaran bahaya besar mengancam di depan mata. Bisa rusak ekosistem laut dan pantai. Kalau sudah begitu, pasti banyak sekali orang-orang yang cuman mau cari untung sendiri. Buang sampah sembarangan, hal-hal berbau komersil kayak pesisir pantai yang dibangun hotel, sampai yang lagi ramai di Lombok Timur belakangan ini yaitu Reklamasi Tanjung Bloam.

Uh, saya pribadi sering kesal kalau ke pantai sedang asik-asik renang tiba-tiba satpam hotel udah ngusir dari sana karena itu wilayah hotel. Haish! Dikiranya itu pantai punya hotel itu doang? Wilayah sempadan pantai yang seharusnya bebas dari beragam bangunan justru berdiri kokoh hotel berbintang dengan pagar pembatasnya di sisi pantai. Menjadikan wilayah yang seharusnya diperuntukkan untuk masyarakat umum justru hanya untuk golongan tertentu saja. Ah, sudahlah. Mari kita bersama-sama, mulailah dari diri sendiri berusaha menjadi wisatawan yang bijaksana untuk turut melestarikan keindahan alam. Setidaknya kalau melihat kegiatan yang merusak alam di sekitar kita, tidak ada salahnya kan ditegur? Jangan cuek, karena dengan begitu kita juga sudah aktif membantu melestarikan alam. Kalau urusan hotel-hotel yang dibangun pas di bibir pantai atau reklamasi pantai itu ya jangan tanya saya, silakan tanya pemerintah setempat yang mengijinkan.

Baca juga:  Jalan-jalan Ke Malang, Ini Dia Toko Oleh-olehnya

Oke, balik lagi ke topik. Pantai yang saya review kali ini adalah Pantai Tangsi, atau biasa dikenal dengan Pantai Pink. Ya, pantai yang berada di ujung selatan Pulau Lombok ini memang sangat terkenal berkat warna pasirnya yang unik dan khas, yaitu merah muda. Tidak heran jika kemudian pantai ini lebih dikenal dengan Pantai Pink daripada nama aslinya yaitu Pantai Tangsi. Namun, bukan hanya pasirnya yang merah muda yang menjadi daya tarik wisatawan untuk datang. Ada juga keindahan alam yang khas kalau kamu datang ke sana.

Pasir di Pantai Pink
Katanya sih, warna merah muda pasirnya itu didapat dari pecahan koral dasar laut yang terbawa ombak sampai ke bibir pantai. Warna pink itu sendiri bisa sangat terang tergantung waktunya. Yang di gambar warna pink nya kurang terang kan ya…

JpegJpeg

Jpeg

Jpeg

Tapi, seperti review saya sebelumnya, pantai-pantai indah yang ada di Lombok kebanyakan lokasinya di pelosok, jadi buat ngejangkaunya itu perlu kesabaran sama stamina ekstra. Uh, jalannya bikin sakit hati. Haha. Perjalanan yang ditempuh itu sekitar dua jam dari pusat Kota Praya, dan mungkin satu jam itu kita ngelewati off road. Ada juga sih jalannya yang sedang tahap pengerjaan. Yang jelas itu jalan bikin sakit pantat. Haha.

Jpeg

Dan sebelum sampai tujuan, kalian juga bakal ngelewati Hutan Lindung Sekaroh yang udah kayak bukan hutan lagi. Kasian banget kondisi hutannya sekarang, kering dan semakin meninggalkan identitasnya sebagai hutan. Padahal sudah jelas tertulis dilarang melakukan penebangan liar dkk, tapi penebangan dan pembakaran katanya justru sudah terjadi bertahun-tahun lamanya tanpa ada pengawasan dan penegakan hukum. Kondisi ini sungguh memprihatinkan, karena di tengah keindahan alam yang ada, serta pengembangan pariwisata yang tengah dilakukan, juga ada pembiaran dari kesadisan ulah manusia terhadap alam.

Jpeg

Jpeg

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Baca juga:  Kafé Surabaya—Desain Unik Kafé Kopi Yang Bikin Betah

Jpeg

Jpeg

Lanjut, buat jalan ke sana sebenarnya enggak ribet. Tapi, bagi yang enggak tahu jalannya bisa ngandelin aplikasi google map yang sudah ter-install di semua ponsel pintar. Aplikasi itu berguna banget buat para traveller. Sayang banget kalo enggak pernah dipake.

Sebenarnya ini adalah kali ketiga saya ke sana, pertama kali ke sana adalah tahun 2012. Waktu itu di sana benar-benar sepi. Pantai itu rasanya punya kita doang, gak ada orang lain. Paling juga adanya cuman penduduk setempat. Gak nyangka ternyata tempat itu sekarang udah jadi daya tarik wisata yang sangat kuat di Lombok Timur.

Gak cukup cuman ke Pantai Pink doang, kalian juga perlu buat terus ke timur lagi buat liat pemandangan yang super menakjubkan. Setelah dari Pantai Pink kalian bisa lanjut ke timur sampai mentok berada di ujung selatan Pulau Lombok. Tebing tinggi yang curam dengan diiringi suara deburan ombak dari bawah benar-benar memanjakan mata.

Jpeg

Jpeg

Jpeg

Di sana kalian bisa selfie dan berfoto sepuasnya. Uh, pokoknya keren banget, saya sampai pengen terjun dari tebing itu saking bagusnya pemandangan di bawah. Haha. Kalau ada jalan ke bawah pasti dah pengen ke bawah juga. Itu langsung ke laut lepas lho, jadi ombaknya cukup besar. Oh iya, dan jangan lupa untuk hati-hati. Karena di tebing itu enggak ada pagarnya, anginnya juga lumayan kencang. Kalau bawa anak-anak kalau bisa dipegang aja tangannya terus, bahaya kalau mereka nanti lari-larian di sana.

Jpeg

Terakhir, saya enggak capek ngingetin buat terus menjaga alam. sederhana aja, jangan buang sampah sembarangan. Kalau enggak nemu bak sampah, bisa kan dikantongin atau masukin tas dulu sampahnya sampai nemu bak sampah? Atau kalau perlu buang sampahnya di rumah aja. Dengan begitu kita juga pasti bakal dapet pahala, karena kebersihan adalah sebagian dari iman.

Baca juga:  Mengenal Pantai Populer di Pulau Lombok, Pantai Senggigi


Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

2 thoughts on “Pantai Pink: Keindahan alam di ujung selatan Pulau Lombok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *