Pantai Karanggongso Trenggalek—Pesona Senja di Pesisir Laut Selatan

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Kali ini, kita akan menjelajahi Pantai Karanggongso untuk menikmati senja. Oia sebelumnya, apa kamu semua tahu di mana persisnya letak Pantai Karanggongso? Yups, pantai dengan panorama pegunungan ini terletak di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, sekitar 52 km dari kota Trenggalek.

Pantai Karanggongso ini termasuk salah satu pantai favorit yang dikunjungi oleh warga Trenggalek dan sekitarnya. Karena sepanjang garis pantai selatan ini, ada empat pantai dengan panorama yang berbeda-beda. Ada pantai Karanggongso dengan barisan gunung sebagai pemandangan, lalu ada pantai prigi yang langsung bertemu laut lepas dengan pasir putihnya, kemudian Cengkrong dengan keadaan sekitar yang masih asri dengan beberapa nyiur kelapa.

Rute perjalanan untuk mencapai pantai ini tergolong mudah. Tidak perlu bersusah payah harus melewati bebatuan atau sebagainya. Jalanan menuju pantai Karanggongso telah beraspal dan beberapa bus pariwisata juga sanggup untuk melewatinya. Meski perjalanan harus berputar-putar atau naik turun melewati pegunungan tapi semua akan hilang saat melihat panorama yang disajikan oleh pantai-pantai ini.

Pantai Karanggongso ini memiliki garis pantai yang cukup panjang dan berbatasan langsung dengan pantai Mbangko’an di sebelah timur. Sedangkan di sebelah barat, pantai Karanggongso berbatasan dengan pantai pasir putih. Ada dermaga kecil yang menjadi ikon landmark pantai ini. Tempat ini menjadi salah satu spot favorit untuk ajang-ajang foto atau selfie.

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Baca juga:  Ternyata Rokok Ada Museumnya Loh, Yaitu Museum Kretek Kudus

Kenapa nama pantai ini Karanggongso? Sepertinya, karena ada sebuah karang yang cukup unik menjulang di tengah garis pantai. Oia, di pantai ini juga ada penginapan yang disewakan. Bagi pasangan baru menikah yang ingin honey moon, pantai Karanggongso menjadi tempat direkomendasikan untuk menghabiskan malam-malam kalian. Hehe.

Ada karang unik di tengah-tengah garis pantai karanggongso (c) catatannobi.com
Ada karang unik di tengah-tengah garis pantai karanggongso (c) catatannobi.com

Sengaja teman kami mengajak ke pantai ini di sore hari. Sekitar pukul lima sore hanya untuk menikmati keindahan senja di dermaga pantai Karanggongso. Awalya doa kami terkabul. Matahari mulai merambat ke barat dan menyemburatkan warna oranye dan merah bercampur hitam di langit. Langit seperti terbakar. Ditambah lagi dengan angin pantai yang menyejukkan. Ombak yang tenang, tidak terlalu besar seperti di pantai Prigi membuat kami semua bermain-main air laut. Sambil mengabadikan senja di pesisir pantai selatan ini.

Senja di Pantai Karanggongso (c) catatannobi.com
Senja di Pantai Karanggongso (c) catatannobi.com

Tapi, kami harus segera pergi ketika tiba-tiba gerimis mulai berjatuhan. Meski sudah cukup lama kami di pantai Karanggongso, tetap saja ada perasaan belum puas untuk mengeksplor setiap garis pantainya.

Oia, perjalanan menuju pantai Karanggongso ini cukup mudah. Sudah ada papan penunjuk arah. Saat itu, kami berangkat dari arah Trenggalek menuju perempatan Bandung, tepatnya sebelum tugu selamat datang di Trenggalek. Dari sini, kami cukup mengikuti papan petunjuk arah menuju pantai Karanggongso. Rute yang kita lewati Perempatan Bandung-Pasar Bandung-Kecamatan Watulimo-Kawasan Wisata Goa Lowo-Hutan Rakyat dan pemukiman di daerah Watulimo-Desa Tasikmadu-Pantai Prigi-Pantai Pasir Putih- Pantai Karanggongso

Cukup mudah, kan? So, tunggu apa lagi! Ayo kita menikmati alam Indonesia yang tak kalah indahnya dengan luar negeri. Selamat Menjelajahi Indonesia.

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Baca juga:  Jalan-jalan Ke Malang, Ini Dia Toko Oleh-olehnya

Share This:

Dini Hidayati

Hanya seorang gadis kecil penyuka buku, jalan-jalan, dan makan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *