One Piece: Representasi Permasalahan Dunia

One Piece adalah salah satu manga Jepang yang tetap masuk dalam kategori favorit selama bertahun-tahun. Manga ini menceritakan tentang era bajak laut yang menjadikan kelompok Bajak Laut Topi Jerami sebagai tokoh utamanya. Setiap karakter One Piece yang mempunyai ciri unik telah berhasil memikat jutaan fansnya di seluruh dunia. Dan bukan hanya itu saja poin menarik dari manga ini. Meskipun One Piece mengandung cukup banyak humor, tapi banyak Fans One Piece yang mengatakan bahwa permasalahan yang dimunculkan dalam manga ini adalah representasi masalah yang juga kita hadapi secara global. Yuk kita lihat analisisnya:

1. Pulau Langit: Perebutan Wilayah

Pertempuran utama dalam arc ini adalah pertempuran beratus tahun antara penduduk pulau langit dan penduduk Cyandia. Pertempuran itu menjadi tak terhindarkan karena penduduk Cyandia ingin mengambil kembali tanah kelahiran mereka yang kini ditempati oleh penduduk langit yang justru menganggap tanah itu sebagai eternal idol mereka. Saat kelompok bajak laut Topi Jerami datang ke pulau ini, mereka juga terjebak dalam banyak pertarungan yang melibatkan banyak pihak dan kehancuran yang besar. Akhir dari pertarungan ini adalah runtuhnya kekuasaan pihak otoriter dan berdamainya para penduduk. Tahu apa yang akhirnya dikatakan ketua suku mereka? Bumi tidak pernah menolak siapapun. Kitalah yang saling menolak satu sama lain.

2. Enies Lobby dan Pulau Ohara: Sejarah dan Ketakutan

17

Ketakutan pemerintah akan terungkapnya sejarah dunia pada abad kegelapan yang tercatat di Poneglyph membuat pemerintah dunia menenggelamkan sebuah pulau bernama Ohara untuk menghabisi semua sarjana yang mempelajari Poneglyph. Robin, sebagai satu-satunya yang selamat dari pulau itu menjadi buronan sejak kecil. Bayangan masa lalu Robin jugalah yang akhirnya membuat bajak laut Topi Jerami terlibat dalam perang besar di Enies Lobby untuk menyelamatkan seorang teman. Menarik untuk dipikirkan, sebenarnya seberapa takut kita untuk mengetahui sebuah sejarah? Robin yang tumbuh tanpa dapat mempercayai siapapun, akhirnya mendapatkan teman, persis seperti ucapan eorang raksasa yang pernah menyelamatkan Robin: Sekali kau terlahir di dunia ini, kau tak akan pernah sendirian. Di suatu tempat di lautan ini, kau pasti akan menemukan temanmu.

Baca juga:  5 Drama Korea Tentang Pernikahan Terbaik— Drama Korea Komedi Romantis Yang Bikin Baper

 3. Pulau Duyung: Diskriminasi

credits-onepiece

Manusia ikan mempunyai cukup banyak cerita dalam manga ini. Ada kisah tentang Arlong, manusia ikan yang menjajah sebuah kota manusia, karena merasa bahwa kekuatan fisik manusia ikan lebih superior dari manusia. Lalu kisah perbudakan manusia ikan di Kepulauan Shabondy dimana manusia menangkap duyung dan manusia ikan untuk dijual dan dijadikan budak. Sebuah diskriminasi yang berlangsung turun-temurun. Bahkan di pulau duyung, anak-anak tumbuh dengan pemahaman bahwa manusia adalah monster. Arlong bahkan ternyata tumbuh dengan pemahaman itu karena kebenciannya pada manusia. Ironi, bukan?

Tapi ada sebuah dialog yang menarik tentang perbedaan itu:

Franky (manusia): Jika kau benar-benar saudara muda Tom-San, kenapa kau bahkan sedikit pun tidak mirip dengannya?

Den (manusia ikan): Hahaha! Itu cara pikir yang sangat manusiawi. Aku kira ada banyak spesies yang keluarganya menyerupai satu dengan lainnya di daratan. Manusia ikan sedikit berbeda. Manusia ikan dan duyung keduanya memiliki kenangan sangat lama yang terdapat di dalam gen mereka. Jika seorang duyung hiu terlahir dari seekor duyung gurita, maka itu berarti salah satu dari nenek moyang orangtuanya adalah seekor duyung hiu. Tidak peduli dari jenis apa anak-anak yang terlahir di Pulau Duyung, tidak ada seorangpun yang memperhatikannya. Itu mengapa, terus terang, kami tidak mengerti perasaan kalian para manusia yang selalu ingin menggolongkan orang-orang.

Nah, mungkin utopia untuk berhenti melihat perbedaan. Tapi, seperti sejarah kelam peradaban kita yang telah membuktikan bahwa diskriminasi membawa terlalu banyak hal buruk, Sobat, jangan wariskan kebencian ya.

Sebagai info, manga One Piece, yang juga diadaptasi sebagai anime, masih on going sampai sekarang dan ada banyak kisah menarik lainnya untuk dibahas. Stay tune ya! Buat penggemar One Piece, kisah apa yang paling menarik menurut kalian?

Baca juga:  Inilah Daftar 7 Film Terbaik Sepanjang Masa, Mana Favoritmu?

Share This:

Tari

I have spent my time to know "About Me" and I am still on process. Klasik? :) Untuk kamu yang menyukai laut, langit, sawah, hutan, manga dan anime, film-film seru dan beberapa hal abstrak, kita pasti akan segera menjadi teman akrab. Piacere!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *