Menyembuhkan Amandel Tanpa Oprasi? Inilah Hal yang Harus Kamu Lakukan

Menyembuhkan Amandel Tanpa Oprasi
Amandel dalam istilah kedokterannya dikenal dengan nama tonsilis adalah bagian dari tenggoroakn yang berfungsi sebagai sistem pertahanan tubuh dari serangan bakteri dan virus. Amandel juga berperan penting dalam saluran pernafasan.
Ketika seseorang mengalami pembengkakan pada bagian ini dan kemudian menjadi radang, inilah yang kerap dialami oleh seseorang yang akhirnya disebut radang amandel. Radang amandel ini dapat menyebabkan kesulitan bernapas bagi penderita.
 
Amandel lebih sring menyerang pada anak-anak, karena ukuran amandel pada anak-anak masih terus berkembang dan bekerja lebih aktif dalam menghasilkan antibody. Kinerja yang berlebihan inilah yang memicunya adanya peradangan pada amandel ini.
 
Hal yang umum dijumpai pada penderita amandel adalah lebih mudah terserang demam dan juga beberapa gejala lain speerti batuk dan flu. Gejala ini umum terjadi ketika peradangan amandel kambuh.
Semakin sering perdangan yang terjadi bagian amande maka pembengkakan yag terjadi apada amandel akan menjadi batu da sulit untuk bisa kembali ke ukuran semula setelah peradangan sembuh. Hal inilah yang membuat perdangan lebih sering terjadi lagi.
 
Gejala radang amandel anatar lain :
 
–    Nyeri di bagian tengorokan 
–    Sakit pada saat menelan 
–    Bau mulut / napas 
–    Sakit di baian telinga 
–    Sering demam / flu / pilek

Umumnya penderita hanya mengetahui bahwa amandel ini hanya dapat disembuhkan melalui jalan operasi. Padahal operasi ini hanya akan dilakukan apabila pen derita sudah dalam ringkatan kronis atau paling parah dari penyakit ini. Pada kondisi kronis ini, amandel akan lebih sering kambuh dan menganggu aktivitas si penderita dan juga membuatnya lebih rentan lagi terhadap berbagai penyakit lain. Untuk itulah tindakan bedah dilakukan.
 
Pada umumnya ada beberapa langkah yang dpat dilakukan dalam mencegah penyakit amandel tanpa perlu jalan operasi. Hal tersebut di siasati dengan pengobatan herbal, diantaranya :
 
–    Konsumsi Jus Lemon 
Gambar Jus Lemon
Jus Lemon terbukti paling baik untuk meredakan amandel. Vitamin C dalam lemon berfungsi untuk kekebalan tubuh, sehingga mencegah amandel bengkak kemnbali akibat infeksi virus atau bakteri. Konsumsi rutin jus lemon dengan campuran garam atau kecap dapat meredakan amandel yang bengkak.
 
–    Konsumsi Minuman Probiotik 
Minuman Probiotik yang dapat dikonsumsi seperti yogurt. Minumlah yogurt alamai atau rumahan karena bebas dari abahan perasan, pemanis atau pewarna buatan. Campuran bahan-bahan kimia pada yogurt uatan pabrik akan membuat amandel jadi lebih parah. Yogurt alami sendiri membantu membersihkan bakteri dan kuman pada bagian amandel sehingga tubuh lebih sehat.
 
–    Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi 
Kesehatan Gigi dan Mulut erat kaitannya dengan amandel ini. Mulut adalah media paling luar untuk masuknyabakteri dan kuman penyebab penyakit amandel. Rajinlah menyikat gigi dan berkumur dengan larutan nitrat agar mencegah penyakit amandel.
 
–    Hindari Konsumsi Makanan yang Mengandung Pengawet 
Memilih dan menyeleksi makanan adalah hal yang harus diperhatikan dalam mencegah dan menangani penyakit amandel. Penderita amandel tidak boleh mengkonsumsi sembarang makanan.

Baca juga:  Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *