Mengungkap Bahaya Minuman Dingin Bagi Kesehatan

Bahaya minuman dingin bagi kesehatan – Salam sahabat cipir, Gimana ya jika di siang hari yang terik, dan panasnya terasa sampai ke ubun-ubun, tentu paling nikmat ngedeminnya dengan meminum air es atau air dingin ya kan?. Pasti terasa segar dan tubuh juga akan tersa dingin seakan berasa di gunung es, hahahahahaha.

Namun perlu kita ketahui bersama dengan meminum air es secara berlebihan dapat mengakibatkan banyaknya kerusakan saraf pada tubuh kita dan dapat menimbulkan penyakit-penyakit yang serius, Nah karenanya meminum air es ini jangan di jadikan kebiasaan yah sobat. Tentu sobat akan bertanya mengapa Bahaya minuman dingin bagi kesehatan, Ini dia penjelasannya, mari kita simak bersama-sama.

Bahaya minuman dingin bagi kesehatan

1. Tubuh menjadi tidak enjoy
Dalam konsep kedokteran, pencernaan merupakan sebuahproses yang membutuhkan panas. Untuk memperkuat proses pencernaan, diperlukan makanan hangat, makanan yang dimasak, atau minuman hangat. Masuknya air es yang cenderung dingin bakal memadamkan proses panas yang sebetulnya diperlukan tubuh.

Akibatnya, bila kami minum air dingin/es, atau memakan bahan makanan apa pun yang lebih rendah dari pada suhu tubuh serta suhu kamar, bakal menyebabkan ketidakenjoyan pada tubuh.

2. Mempersempit usus
Kebiasaan meminum air es/dingin bakal menyebabkan dinding usus menyempit. Jadi proses penghancuran serta penyerapan makanan dalam usus terganggu.

Suhu es bakal bisa menyebabkan pembekuan ppostingan-ppostingan makanan yang berminyak yang telah kami konsumsi. Bakal terjadi penumpukan lemak di tahap saluran usus jadi terjadi penyempitan usus. Akibatnya bakal memperlambat pencernaan serta mengganggu proses pencernaan dengan cara luas bakal terganggu.

3. Membuat perut buncit
Pada saat proses penghangatan, air es juga bakal dihangatkan oleh bantalan lemak-lemak yang ada di perut. Bila minum air dingin tidak jarang diperbuat (bahkan menjadi kebiasaan) maka bakal diperlukan bantalan lemak yang terus tidak sedikit.

Baca juga:  Bahaya Makan Gorengan Saat Buka Puasa

Bantalan lemak didapatkan dari asupan makanan yang kami makan sehari-hari yang bakal tertimbun dalam perut. Bila tidak diimbangi dengan olahraga yang lumayan maka bantalan lemak bakal terus tidak sedikit. Perut kami bakal terus membuncit.

4. Membuat perut kembung atau begah
Air es/dingin bakal membikin suhu tubuh menyesuaikan (atau sebaliknya) dengan makanan yang masuk. Meminum es bakal merubah irama kerja organ di dalam perut.

Selaput lendir di lambung bakal kontraksi (mengerut). Efek lanjutnya perut otot terasa kraam atau kejang. Enzim serta cairan lambung bakal bereaksi kepada suhu dingin tersebut. Muncul gas dalam perut yang bisa membikin perut kembung (begah).

5. Sebaiknya jangan diminum sehabis olahraga
Saat kami berolahraga, maka otot bakal tegang, suhu tubuh bakal lebih panas dari suhu normal, sementara dalam tubuh sedang terjadi proses pembakaran lemak. Ketika air dingin/es masuk maka bakal terjadi perubahan suhu tubuh dengan cara tiba-tiba yang berakibat  terganggunya proses metabolisme tubuh.

Hal ini bakal menyebabkan pembuluh darah menyempit, serta ajaran darah tidak lancar, bahkan bakal terjadi pengejangan pada otot tubuh jadi terjadi kram atau kejang perut. Bila faktor ini terjadi pada  otot jantung maka bakal berakibat proses pemompaan darah serta sirkuasi darah tergangggu.

6. Mengakibatkan kepala pusing
Tidak sedikit orang menyangka pusing hanya dikarenakan tidak lebih darah, tetapi tidak tidak sedikit yang tahu bahwa faktor tersebut bisa diakibatkan oleh bahaya minum air es.

Ketika metabolisme tubuh terganggu, sistem syaraf pusat pun tidak siap menerima respon perubahan suhu dalam waktu cepat. Organ-organ tubuh yang sedang membutuhkan oksigen serta zat penting lainnya dengan cara cepat bertidak lebih suplainya.

Otak tidak sanggup beradaptasi dengan cepat. Akibatnya kami bakal merasa pusing, suplai darah ke otak bertidak lebih. Hati-hati pada penderita hypertensi  (darah tinggi) atau hypotensi (darah rendah).

Baca juga:  3 Obat Sakit Gigi Berlubang dan Gusi Bengkak

7. Menyebabkan rasa haus yang membandel
Ketika kami minum air es/dingin, rasa haus bakal lebih terasa lagi. Serta ketika kami meningkatkan lagi minum air dingin, maka air dingin berlebih bakal bisa memunculkan ketidakseimbangan tubuh.

Hal ini terjadi sebab air dingin bakal menyebabkan  tubuh lebih cepat kehilangan cairan. Rasa haus merupakan indikator bahwa tubuh kami ketidak lebihan cairan yang wajib segera kami penuhi, dengan tutorial menggantinya dengan minum air suhu kamar biasa.

Khususnya sehabis olahraga atau meperbuat pekerjaan berat, tubuh kami ketidak lebihan cairan, maka disarankan untuk memenuhinya dengan minum air secukupnya supaya cairan tubuh kembali normal.

8. Pembekuan otak
Pendinginan dengan cara mendadak pada tubuh bisa menyebabkan manfaat fisiologis terganggu. Biasanya kami bakal pusing atau migrain. Studi mengenai pembekuan otak diperbuat untuk menonton efek saat seseorang minum air es.

Sejumlah orang diminta minum es dengan sedotan hingga mengenai dinding langit-langit mulut mereka. Ajaran darah yang menuju otak kemudian dimonitor. Nyatanya terjadi peningkatan ajaran darah menuju otak. Ini yang memicu rasa pusing sesaat atau pembekuan otak.
Segera seusai itu rasa pusing bakal berangsur menghilang. Pasti bakal bisa dipahami kalau tiba-tiba saja/mendadak seseorang pusing seusai minum air dingin.

Pada penderita migrain serta sakit kepala, pembekuan otak berkesempatan terjadi. Studi dari Harvard Medical School sebagaimana dikutip CBSnews memperoleh kesimpulan bahwa otak sangat sensitif kepada suhu, jadi diperlukan obat-ovat vasodilatasi supaya darah hangat  mengalir dalam jaringan untuk memastikan otak masih dalam kondisi hangat.
Tetapi demikian, para dokter lebih menyarankan minum air pada suhu kamar bakal jauh lebih baik daripada minum air es.  Khususnya kalau kami sehabis makan. Sebab tubuh bakal mengeluarkan energi ekstra untuk memanaskan air es dengan memakai suhu tubuh.

Baca juga:  Manfaat Menakjubkan Buah Manggis

9. Kehilangan nutrisi tubuh
Normalnya, temperatur tubuh manusia berada di kisaran 36 – 37 ‘C. Tetapi saat kami mengonsumsi air yang terlalu dingin membikin tubuh wajib memakai lebih tidak sedikit energi untuk mengatur serta membikin suhu tubuh normal kembali.

Padahal energi tersebut sangat diperlukan tubuh untuk menyerap nutrisi serta mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh. Saat minum air es, energi yang telah terkuras, tubuh tidak bakal bisa menyerap nutrisi lagi dengan cara maksimal.

10. Detak jantung jadi melemah
Persoalan kesehatan akibat tidak jarang minum air es selanjutnya merupakan bisa membikin detak jantung menjadi pelan daripada biasanya.

Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa minum air es bisa merangsang saraf vagus. Saraf ini sangat penting untuk mengontrol aktifitas tidak sadar rubuh semacam detak jantung. Kinerja saraf ini bakal terganggu saat minum air es, jadi menyebabkan detak jantung menjadi lebih pelan.

11. Memicu terjadinya radang tenggorokan
Minum air es yang terlalu dingin juga bisa menyebabkan munculnya lendir pada lapisan kerongkongan. Faktor ini pasti bakal berakibat pada saluran tenggorokan yang bakal lebih mudah serta rentan terkena infeksi serta radang.

Nah itu dia akibat dan Bahaya minuman dingin bagi kesehatan, Oleh sebab itu jika kamu peminum air es aktif maka lebih baik kurangi dari sekarang sebelum penyesalan datang di belakangan hari.
Sekian artikel singkat tentang Bahaya minuman dingin bagi kesehatan, semoga bermanfaat bagi kawan pembaca sekalian.

Oh iya jangan lupa baca juga Bahaya meminum air es saat buka puasa

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *