Mengenal Pantai Populer di Pulau Lombok, Pantai Senggigi

Pernah ke Lombok? Kalau begitu pasti tahu dong Pantai Senggigi. Jauh sebelum Pantai Pink yang ada di Lombok Timur mencuat ke permukaan, ataupun Teluk Benoa yang sedang ramai diperbincangkan, Pantai Senggigi bersama Gili Trawangan dan Pantai Kuta Lombok merupakan Pantai-pantai yang Populer di Pulau Lombok. Dengan fasilitas yang sangat lengkap mulau dari fasilitas bermain, ataupun penginapan yang sangat memadai, tidak heran menjadikan pantai ini adalah yang terpopuler di Pulau Lombok.

Untuk kamu-kamu yang belum tahu dan ingin mengunjungi pantai ini, jaraknya tidak terlalu jauh dari Kota Mataram dan akses jalan menuju pantai tersebut sangat baik, berbeda dari Pantai Pink yang masih sangat parah kondisi jalannya. Terletak di sebelah barat pesisir Pulau Lombok. Menggunakan kendaraan mungkin berkisar 30 sampai 50 menit dari Kota Mataram.

Fasilitas di Pantai Senggigi sangat lengkap. Tidak heran hal ini membuat pantai ini tidak pernah sepi setiap hari. Ada fasilitas bermain Banana Boat yang bisa kamu sewa kapan saja. Ada juga Kano, sejenis perahu kecil yang bisa kamu sewa untuk bermain di atas air bersama dengan kerabat atau keluarga. Tidak ketinggalan juga peralatan untuk snorkling, karena bawah laut di Pantai Senggigi ini masih sangat indah. Untuk kamu yang suka surfing, di Pantai Senggigi juga terdapat spot yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan ombak tinggi sesuai keinginan.

Apalabila kamu ingin bermalam di sana juga tidak masalah, karena sudah tersedia beragam hotel dengan kelas yang sangat bervariasi. Kamu bisa bebas memilih karena banyaknya pilihan yang tersedia. Tidak perlu khawatir untuk itu.

Selain berbagai fasilitas yang telah disediakan, Pantai Senggigi memang sangat terkenal dengan garis pantai yang panjang dengan pasir putihnya. Panorama alam yang sangat indah akan Kamu dapatkan ketika sampai di pantai ini. Terutama keindahan matahari terbenamnya. Ada satu keunikan Pantai Senggigi yang tidak ada di pantai mana pun di dunia ini. di sana terdapat Pura Batu Bolong. Pura yang dibangun di atas karang di tepi pantai. Konon katanya, dahulu di Pura Batu Bolong tersebut merupakan tempat pengorbanan para perawan. Perawan ini diserahkan sebagai makanan ikan hiu di laut.

Baca juga:  Pantai Karanggongso Trenggalek—Pesona Senja di Pesisir Laut Selatan

Meskipun beragam keindahannya yang memukau, di beberapa kesempatan saya sedikit menyayangkan dengan pengelolaan pantai ini. Ada bagian dari bibir pantai yang diambil alih oleh salah satu hotel berbintang yang ada di sana. Walayah pesisir pantai tersebut pun hanya boleh dinikmati para tamu hotel saja. Sangat disayangkan. Dan itu terjadi di banyak tempat wisata terkenal lainnya, apalagi di bali.

Entahlah, padahal, setahu saya, dalam Undang-Undang No. 27 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil sudah dijelas dengan sangan jelas bahwa Sempadan Pantai adalah daratan sepanjang tepian yang lebarnya proposional dengan bentuk dan kondisi fisik pantai, minimal 100 meter dari pasang tertinggi ke arah darat. Hanya itu yang saya sesalkan, di antara fasilias lengkap dan keindahan alam dari Pantai Senggigi ini.


Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

5 thoughts on “Mengenal Pantai Populer di Pulau Lombok, Pantai Senggigi

  • January 9, 2016 at 1:29 am
    Permalink

    Lama kelamaan sudah tidak begitu senang ke pantai ini. Hotel dan cafe di sana makin menggeliat, kehidupan malamnya terasa sekali, pantainya juga mulai kotor. Jadinya sekarang lebih cinta pantai-pantai di kawasan selatan seperti Selong Belanak, Seger dan Tanjung Aan. Hanya saja, Senggigi tetap punya sesuatu yang tidak ada di sana. Yap, sunsetnya 😀

    Reply
    • January 9, 2016 at 6:18 am
      Permalink

      Waah, orang Lombok juga? Thx sudah Mampir 😀

      Reply
  • January 9, 2016 at 8:32 am
    Permalink

    indah pantainya ya…
    fasilitasnya jg lengkap…
    pasti seru kalo liburan ke sana
    makasih infonya

    Reply
  • February 7, 2016 at 11:14 pm
    Permalink

    insyaa Allah akhir april mau mampir ke senggigi setelah turun dari Rinjani

    Reply
    • February 8, 2016 at 8:32 am
      Permalink

      Waah, ini yang ke berapa kali naik Rinjani, Mbak? Sampai puncak?

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *