Mengenal 3 Kebiasaan Bayi Baru Lahir

Bayi yang baru lahir memiliki beberapa kebiasan unik yang perlu kamu ketahui. Beberapa bahkan bisa membuat kamu was-was. Namun kebiasaan tersebut sebenarnya adalah hal yang wajar yang juga dialami oleh bayi lainnya. Tugas yang mesti kamu lakukan untuk menjaga kesehatan si kecil adalah menyiapkan produk perawatan yang sesuai dengan kondisi buah hati salah satunya seperti sabun bayi yang aman. Selain memperhatikan asupannya, kesehatan kulit bayi yang baru lahir harus dijaga agar tidak mudah terkena iritasi.

Tidak hanya sabun, deterjen pakaian bayi juga harus dibedakan dengan sabun cuci untuk pakaian dewasa. Produk tersebut mampu menjaga kelembutan serat pakaian agar nyaman saat dikenakan oleh si kecil. Tingkah polah bayi memang kadang menggemaskan. Ada beberapa kebiasaan bayi yang perlu kamu ketahui agar tidak kerepotan saat mengurus si kecil. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Mengantuk tapi tidak mau tidur
    Saat sedang digendong, bayi akan tertidur dengan lelapnya karena merasa nyaman. Namun setelah diletakkan di kasur, tiba-tiba si kecil akan terbangun dan menangis. Hal yang sama juga akan kamu jumpai ketika sedang memandikan bayi. Jika buah hati tidak terasa nyaman, maka ia akan menangis. Karena itu aplikasikan sabun bayi yang aman dan tidak pedih di mata agar si kecil tidak rewel saat dimandikan.
  2. Biang keringat di sekujur tubuh
    Bintik kemerahan yang muncul di bagian tubuh dan wajah adalah suatu hal yang biasa. Ini terjadi karena serangan bakteri sehingga kulit terasa gatal. Biang keringat ini akan hilang sendirinya dengan memandikan si kecil secara teratur.
  3. Tidur panjang di siang hari
    Memiliki buah hati maka kamu harus siap begadang di malam hari. Kebiasaan bayi yang terlalu lama tidur di siang hari membuatnya tetap terjaga disaat malam hari. Tidak hanya ingin ditemani, si kecil juga sering minta disusui saat tengah malam.
    Dengan mengenal tiga kebiasaan tersebut, maka kamu tidak akan kaget jika sewaktu-waktu muncul ruam pada kulit si kecil. Solusi untuk mengatasinya adalah dengan memandikan bayi secara teratur dan mencuci bajunya menggunakan deterjen pakaian bayi. Jika iritasi tidak kunjung reda, sebaiknya periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya.

Share This:

Baca juga:  Anak Hidup Sehat, Cita-cita Pun Terwujud