Manfaat Puasa Untuk Penderita Kanker

Puasa untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi manfaatnya. Khususnya manfaat puasa untuk penderita kanker. Penyakit ganas tersebut bisa ditangani dengan berpuasa secara rutin. Rutin dalam artian, selain menjalankan ibadah puasa wajib bulan ramadhan, juga rutin berpuasa sunnah senin-kamis. Puasa secara rutin tidak hanya melindungi terhadap kerusakan sistem kekebalan tubuh, tetapi juga menginduksi sistem regenerasi kekebalan tubuh manusia.
Manfaat puasa untuk penderita kanker sudah diteliti para ilmuwan. Orang-orang yang menjalani terapi puasa, akan lebih sedikit mengidap serta jarang melakukan kemoterapi. Selain itu puasa dapat membuat sel-sel tumor terhambat tumbuh bahkan mencegah ancaman kanker pada pasien kanker tertentu. Puasa juga dapat mengurangi enzim PKA, yang terkait dengan hormone yang meningkatkan resiko kanker dan pertumbuhan tumor. Puasa membalikkan saklar regeneratif yang mendorong sel-sel induk untuk menghasilkan sel-sel darah putih yang baru dan mulai regenerasi sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan.
Manfaat puasa untuk penderita kanker

Melakukan terapi puasa selama 3 hari atau sebulan sekali dapat mempercepat perbaikan sistem kekebalan tubuh yang rusak, membantu tubuh menyembuhkan kanker, dan perawatan konvensional seperti kemoterapi. Namun jika penderita kanker sudah kehilangan banyak berat badan dan menderita diabetes bersamaan, maka terapi puasa tidak dianjurkan. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter ahli terlebih dahulu mengenai penanganan kanker dengan berpuasa rutin.
Berpuasa menuntut kita untuk berpola hidup sehat. Kita hanya mengkonsumsi makanan pada saat berbuka dan sahur. Itu terjadi secara teratur. Pola menyehatkan tersebut harus diikuti dengan makanan yang sehat juga. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah selama puasa atau tidak puasa memang sangat dianjurkan serta tinggi serat, rendah lemak, dan bergizi seimbang. Kita juga harus menghindari beberapa jenis makanan yang membuat perut tak nyaman serta organ-organ tubuh terganggu. Makanan tersebut seperti gorengan, minuman bersoda, minuman dingin, makanan bersantan, makanan berlemak, dan mengandung pemanis berlebihan.
Jika penyakit seganas kanker bisa disembuhkan dengan puasa, maka dipastikan penyakit lain pun bisa disembuhkan dengan berpuasa. Puasa bagus bagi anda yang menderita asam lambung atau maag, penyakit jantung, diabetes, kolesterol, darah tinggi, dan kulit. Sistem pencernaan pun menjadi sehat karena sistem daur ulang makanan yang bekerja lebih teratur dan bisa beristirahat setelah bekerja keras selama satu tahun. Baca juga: Manfaat puasa untuk penderita asam lambung
Baca juga:  Menyembuhkan Amandel Tanpa Oprasi? Inilah Hal yang Harus Kamu Lakukan

Manfaat puasa untuk penderita kanker masih terus dikembangkan. Puasa menjadi sebuah terapi bagi penderita ataupun yang normal untuk menyehatkan tubuh. Kesehatan yang terjaga dapat membuat kita melakukan banyak aktivitas dan hal-hal positif lainnya. Selain tubuh sehat, mental pun turut sehat karena dikendalikan oleh puasa. Kita juga bisa menambahkan rutinitas kegiatan olah raga seminggu sekali agar tubuh tetap bugar. Tak ada alasan untuk tidak menjalankan ibadah puasa selama kita sehat. Semoga bermanfaat.

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *