Manfaat Puasa Untuk Penderita Asam Lambung

Manfaat puasa untuk penderita asam lambungatau maag adalah sebagai obat yang paling manjur. Sebagian besar orang menderita asam lambung dikarenakan oleh tidak teraturnya pola makan, sering mengkonsumsi cemilan, merokok, stress, konsumsi minuman bersoda secara berlebihan, mengkonsumsi makanan berminyak tanpa batas, dan mengkonsumsi makanan yang mengandung keju dan coklat. Sebagian orang yang lainnya mengalami maag yang cukup parah karena ada luka didalam kerongkongan, lambung, atau usus. Masalah maag atau asam lambung tersebut diatasi dengan menjalankan ibadah puasa ramadhan.
Manfaat puasa untuk penderita asam lambungadalah sebagai proses penyembuhan secara alami. Menjalankan ibadah puasa membuat pola makan teratur pada saat sahur dan berbuka. Kebiasaan mengkonsumsi cemilan tidak sehat dan merokok pun menjadi berkurang selama berpuasa. Untuk menghindari rasa tidak nyaman karena asam lambung, penderita dianjurkan mengkonsumsi obat penekan asam lambung seperti obat antagonis reseptor H2 (ranitidine, famotidine, simetidine, nizatidine) atau penghambat pompa proton (omeprazole, lansoprazole, rabeprazole, esomeprazole, pantoprazole). Anda bisa meminta resepnya pada dokter.
Asam lambung

Berdasarkan penelitian, minggu pertama puasa bagi orang normal akan mengalami peningkatan asam lambung dan terkadang terasa perih. Namun, kondisi tersebut akan stabil setelah minggu kedua dan naik turun asam lambung akan kembali normal 1 minggu setelah puasa Ramadhan. Peningkatan asam lambung tersebut tidak akan merusak dinding lambung. Puasa ramadhan tidak akan membuat lambung sakit, tetapi malah menyehatkan seluruh tubuh bagi penderita asam lambung atau normal. Baca Juga : Makanan yang harus di hindari saat berbuka puasa
Hal yang harus dilakukan penderita asam lambung dan normal adalah mengkonsumsi makanan sehat sayuran, buah-buahan, dan air putih. Berbukalah dengan menyantap kolak atau makanan manis lain secukupnya, imbangi dengan konsumsi air putih hangat, beri perut istirahat dengan melaksanakan sholat maghrib dahulu. Baru kemudian konsumsi makanan berat. Hindari atau batasi makanan berat bersantan, mengandung lemak berlebihan, mengandung cabai dan merica terlalu banyak, dan juga minuman dingin dan bersoda.
Manfaat puasa untuk penderita asam lambungpun akan terwujud. Jika anda membiasakan mengkonsumsi banyak sayuran dan buah, maka selain tubuh segar, keseluruhan tubuh pun terasa sehat. Baiknya pola makan sehat tersebut terus digunakan paska ramadhan berakhir hingga asam lambung atau maag benar-benar pulih. Namun jika anda termasuk penderita maag akut yang mengalami muntah darah, buang air besar hitam, setiap makan muntah, dan muntah berulang maka tidak dianjurkan berpuasa dan harus dirawat di rumah sakit.
Baca juga:  Inilah 7 Manfaat Daun Pandan yang Belum Banyak Orang Tahu

Puasa juga merupakan pola hidup yang sehat bagi penderita diabetes, kolesterol, darah tinggi, dan jantung. Mental pun ikut sehat karena dilatih untuk mengendalikan diri dari hawa nafsu. Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula. Puasa bukan halangan bagi anda. Semoga bermanfaat. Baca juga: Hubungan puasa dengan kesehatan.

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *