Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Jantung

Ramadhan adalah waktunya mengerjakan ibadah shaum atau puasa sebulan penuh. Setelah dilakukan penelitian, banyak sekali manfaat puasa bagi kesehatan tubuh termasuk manfaat puasa bagi kesehatan jantung. Berpuasa adalah berlatih menahan diri dari lapar, haus, serta hawa nafsu dari waktu fajar hingga matahari terbenam. Pola makan pun turut berubah menjadi setelah magrib dan sebelum subuh atau imsak. 
Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Jantung
Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan berpuasa termasuk manfaat puasa bagi kesehatan jantung dan organ tubuh lainnya. Baca juga: Manfaat puasa bagi penderita kangker. Jantung adalah organ terpenting manusia yang ada didalam rongga dada. Darah di pompa dan dialirkan ke seluruh tubuh oleh organ vital tersebut. Ibadah puasa juga membuat kita mengistirahatkan organ pencernaan yang selama setahun bekerja sangat keras. Manfaat puasa yang lainnya bagi jantung mari kita simak berikut ini.
1. Berpuasa membuat kita memiliki pola hidup yang sehat karena pola makan yang teratur dan tidak berlebihan. Pola hidup sehat membuat tubuh kita ikut sehat.
2. Menahan hawa nafsu merupakan bagian dari puasa selain menahan lapar dan haus. Hati yang tenang dan terus dilatih untuk selalu tenang dapat menurunkan adrenalin. Jika kita sedang dalam kondisi marah, adrenalin meningkat hingga 30 kali lipat. Hal tersebut dapat membuat resiko penyakit jantung dan stroke meningkat.
3. Puasa dapat menurunkan kadar gula darah, kolesterol, dan mengendalikan tekanan darah. Dokter selalu menganjurkan para penderita diabetes, obesitas, kolesterol, dan darah tinggi untuk berpuasa. Puasa dapat menjai obat yang sangat manjur bagi penderita tersebut kecuali jika penyakitnya sudah parah.
4. Puasa merupakan diet sehat untuk tubuh. Di Indonesia rata-rata kita berpuasa selama 14 jam. Jika dibagi-bagi lama waktu berpuasa tersebut, 8 jam digunakan untuk proses daur ulang makanan, dan 6 jam merupakan waktu bagi sistem pencernaan untuk beristirahat.
5. Pengaturan dan pembatasan asupan kalori saat puasa akan meningkatkan kinerja otak.
6. Diet yang tepat dan sehat seperti puasa sebulan penuh akan melindungi otak dari penyakit degeneratif seperti Alzheimer atau Parkinson. Asupan kalori yang dibatasi 30-50% dari tingkat normal membuat denyut jantung dan tekanan darah menurun, dan juga peremajaan sel-sel otak.
7. Pola makan saat puasa dapat mensuplai asam lemak dan asam amino saat waktu berbuka dan sahur. Hal itu membuat terbentuknya tunas-tunas protein, lemak, fosfat, kolesterol, dan lainnya untuk membentuk sel-sel baru dan membersihkan sel lemak yang menggumpal dalam hati.
Manfaat puasa bagi kesehatan jantung dan organ tubuh lainnya sangat banyak. Puasa merupakan bentuk latihan, perawatan, dan juga diet sehat yang sangat menguntungkan tubuh. Mulailah jaga jantung sejak dini dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat. Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga bermanfaat.
Baca juga:  Tips Awet Muda Dan Tampil Cantik Sepanjang Hari

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *