Manfaat Bawang Putih yang Luar Biasa

Bawang putih. Umbi yang satu ini bukanlah hal yang asing bagi kita. Bawang putih sendiri kita kenal sebagai salah satu bahan masakan di berbagai belahan dunia. Namun apakah bawang putih hanya bermanfaat sebagai bahan masakan saja ?
Manfaat Bawang Putih
Penelitian baru-baru ini membuktikan bahwa dalam pengobatan herbal, ternyata bawang putih ternyata bermanfaat sebagai salah satu obat anti kanker. Aroma bawang putih yang menyengat membuat bawang putih jarang dikonsumsi secara langsung melainkan dijadikan bumbu masakan. Kaerna hanya bersifat sebagai bumbu inikah bawang putih yang kita konsumsi jumlahnya sangta sedikit.
Berikut beberapa diantara manfaat bawang putih selain sebagai bumbu:
1.       Senyawa Allicin Bawang Putih bermanfaat sebagai obat
Sejak jaman mesir kuno, bawang sudah banyak dimanfaatkan. Salah satu kandungannya yaitu, Allicin, merupakan komponen bilogis aktif yang paling utama dan besar manfaatnya. Lalu apakah Allicin ini ? Allicin adalah zat anti bakteri.
Riset yang telah dilakukan,Allicin memiliki manfaat sebagai berikut : Menurunkan berat badan, Mengencerkan darah, mencegah hipertensi, zat anti kanker, antioksidan, dan anti bakteri.
Zat ini pula lah yang membuat bawang putih memiliki bau khas yang menyengat.
2.       Bawang putih adalah Herbal Anti Kanker
Peneliti terkejut ketika menemukan khasiat bawang putih sebagai obat untuk salah satu penyakit paling berbahaya di dunia yaitu kanker.
Kandungan Sulfida Alil yang terdapat dalam bawang putih  adalah zat anti kanker tersebut. Zat ini terbukti secara klinis menghambat pertumbuhan sel kanker.
3.      Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Banyak riset membuktikan bawang putih ampuh menurunkan tekana darah tinggi dengan kisaran 7-8 %. Bahkan pada darh normal bawang putih dapat menurunkan tekana darah seseorang.
4.      Bawang Putih kaya Nutrisi dan Rendah Kalori 
Bawang putih mengandung banyak Nutrisi yang diperlukan tubuh. Kandungan itamin C, Kalsium dan ZatBesinya sangat tinggi. Hal ini bermanfaat dalam menunjang kesehatan tubuh dan mencegah kita vdari berbagai penyakit berbahaya.
5.      Anti Bakteri yang Sangat Ampuh 
Khasiat paling populer dari bawang putih ini adalah antioksidannya yang tinggi dan dibutuhkan tubuh manusia dlam mencegah perkembangan bakteri, jamur, ragi, virus,v dan cacing dalam tubuh.
6.      Ampuh Membunuh Kolestrol Jahat. 
Penelitian membuktikan Bawang Putih mampu membunuh LDL (Kolestrol Jahat) sebanyak 10-15%.
7.      Obat Umur Panjang 
Banyaknya manfaat bawang putih dapat memperpanjang usia manusia dan awet muda, diantaranya mencegah dari penyakit berbahaya seperti kanker, Penyakit Jantung, Hipertensi lalu juga anti oksidan, anti bakteri dan anti virus. Terhindar dari permasalahn kesehatan tersebut merupakan salah satu kunci hidup sehat dan bahagia. 
8.      Manfaat di bidang Kecantikan 
Bawang putih ternyata juga bermanfaat untuk kecantikan, diantaranya : Membersihkan komedo, menghilangkan bekas luka, obat jerawat.
9.      Mencegah Demensia dan Alzheimer 
10.   Memangkas Berat Badan 
Bawang Putih dapat membantu mengatur sel lemak yang menyebabkan obesitas. 
11.    Obat Sakit Gigi 
Sakit gigi disebabkan karena adanya bakteri. Kandungan anti bakteri lah yang membuat bawang putih bermanfaat bagi gigi yang sakit, selain itu kandungan analgesik bvawang putih juga ampuh mengatasi sakit gigi.
12.    Meningkatkan Metabolisme Zat Besi dalam Tubuh 
Demikian beberapa manfaat dari bawang putih. Semoga bermanfaat.
Baca juga:  Cara Mudah Memakai Selimut Saat Ingin Tidur

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *