Ketahui Tekanan Darah Sejak Dini

Jakarta – Proporsi tekanan darah tinggi (hipertensi) atas. Ternyata, Hipertensi terbanyak pada tingkat menengah bawah sekitar 27,2 persen dan menengah 25,9 persen.

Menurut Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr. H. Mohammad Subuh, MPPM data Sample Registration System (SRS) Indonesia tahun 2014, hipertensi dengan komplikasi 5,3 persen merupakan penyebab kematian nomor lima pada semua umur.

“Hasil Riskesdas 2013 prevalensi nasional hipertensi sebesar 25,8 persen dan dari 25,8 persen tersebut hanya 1,3 yang terdiagnosis atau minum obat, sisanya 2,3 persen tidak terdiagnosis atau tidak minum obat. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar penderita hipertensi tidak menyadari menderita hipertensi ataupun mendapatkan pengobatan,” kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr. H. Mohammad Subuh, MPPM saat ditemui di kantor P2PL Kementerian Kesehatan, Jakarta, Senin (16/05/2016).

Lebih lanjut dia menjelaskan, menurut laporan WHO, penyakit hipertensi menyebabkan 51 persen kematian akibat stroke dan 45 persen menyebabkan jantung koroner.

“Karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut kami meningkatkan promosi kesehatan untuk pengendalian hipertensi dengan perilaku CERDIK. Meningkatkan pencegahan dan pengendalian hipertensi berbasis masyarkat dengan self awareness melalui pengukuran tekanan darah secara rutin minimal 1 kali dalam setahun,” tambahnya.

Sumber:

http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2295732/ketahui-tekanan-darah-sejak-dini

Share This:

Baca juga:  Macam-maca penyebab Asam Urat dan Alternatif Pengobatannya

Dini Hidayati

Hanya seorang gadis kecil penyuka buku, jalan-jalan, dan makan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *