Kebutuhan Nutrisi Si Kecil Dengan Makanan Pendamping

Memenuhi kebutuhan si kecil saat usianya terus beranjak maka asupan yang dibutuhkan tidak hanya sebatas air susu ibu (ASI), untuk para orang tua memberikan makanan pendamping Asi atau mpasi menjadi alternatif agar anak bisa terpenuhi segala kebutuhan nutrisinya. Akan tetapi untuk makanan pendamping ini tentu saja tidak bisa diberikan sekehendaknya saja, seperti dengan membeli mpasi instan. Memberikan anak mpasi instan tidak baik untuk anak, terlebih jika anda tidak mengetahui apa saja yang menjadi komposisi dari mpasi instan tersebut.

Sebisa mungkin bagi setiap orang tua sebaiknya dalam memilihkan makanan pendamping untuk anaknya tidak memilih dari mpasi instan. Hal ini untuk menghindari segala kemungkinan kurang baik yang bisa terjadi pada anak. Sebagai solusinya anda bisa memberikan mpasi bagi anak yang sehat dengan cara membuatnya sendiri di rumah, dengan begitu untuk berbagai bahan yang digunakan bisa lebih terjamin akan kebersihannya. Selain itu untuk menu makan mpasi yang dibuat di rumah juga tidak terlalu sulit, berbagai menu bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan nutrisi anak.

Sebagai menu yang dapat anda berikan dapat dipilih dari berbagai bahan makanan yang sehat, untuk pilihannya seperti dengan memilih bahan makanan dari sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan, jenis daging seperti dari hati sapi, hati ayam, ikan, dan yang lainnya. Tentunya untuk proses dalam membuatnya juga harus diperhatikan, misalnya dengan membuat makanan sampai lembut baru kemudian bisa diberikan. Selain itu untuk pilihan yang dapat diberikan dalam seminggu bisa dipilihkan dari berbagai bahan makanan, dengan begitu perut anak menjadi terbiasa dan lebih siap dalam menerima makanan saat harus lepas sepenuhnya dari ASI.

Pilihan menu yang bisa dibuat sendiri tentunya menghadirkan ketenangan bagi para orang tua karena memberikan menu yang sesuai dengan kebutuhan anak. Berbeda halnya dengan memberikan menu mpasi instan yang tidak diketahui bahan-bahan pembuatnya. Terutama untuk menu mpasi yang bahan pembuatnya bukan dari bahan alami melainkan mengandung bahan pengawet yang tentunya berbahaya bagi kesehatan bayi.

Baca juga:  Solusi Menjaga Gula Darah Tetap Stabil

 

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Blogger asal Lombok. Ingin kenal lebih dekat? Bisa follow twitter dan instagram saya dengan nama akun @lalurazieb_azie. Juga pemilik Blog Blirazieb.com dan BloggerTraveling.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *