Kamu Nggak Akan Sakit Kalau Memilih Menu Berikut Ini Untuk Berbuka Puasa!

source: www.grid.id

Hai, Sobat Antisakit! Tidak terasa sudah memasuki hari ke-4 berpuasa di bulan Ramadhan kali ini! Apakah sudah ada yang bolong? Eits, jangan sampai ibadah puasa kamu terganggu hanya karena terserang penyakit, ya! Sebagai umat muslim, sudah tentu kita sangat menanti kedatangan bulan Ramadhan. Berbagai hal rasanya patut sekali untuk dipersiapkan dalam mengisi bulan penuh berkah ini, termasuk salah satunya adalah dengan tetap menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh untuk berjuang berpuasa sampai sebulan penuh! Jadi, apa saja sih yang bisa Sobat lakukan agar terhindar dari serangan penyakit? Salah satunya yang terpenting adalah dengan menyiapkan menu makanan yang sehat untuk berbuka!

 

Berikut ini akan dikupas tips memilih menu berbuka puasa yang dipastikan membuat Sobat terhindar dari penyakit!

  • Awali dengan yang manis. Sudah bukan rahasia lagi jika makanan atau minuman manis ternyata sangat baik untuk menstimulasi kerja alat pencernaan, terutama lambung, agar tidak terkejut setelah seharian beristirahat. Adapun makanan manis yang dianjurkan adalah buah kurma. Konsumsi 3 buah kurma untuk mengawali berbuka puasa terbukti dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat sehingga energi dalam tubuh kembali recharge!

  • Jangan lupa minum air putih! Ketika berpuasa, tubuh banyak kehilangan cairan. Oleh karena itu, minumlah air putih untuk mengisi kembali cairan. Selain itu, air putih dikenal dapat mengembalikan fokus atau konsentrasi Sobat, loh!

  • Konsumsi makanan berprotein. Sebelum melanjutkan kegiatan berbuka dengan menyantap makanan yang berat, ada baiknya jika Sobat secara bertahap memulai makan dengan makanan yang berprotein agar kerja lambung tidak langsung berat. Ada jenis protein nabati yang bisa Sobat peroleh dari tempe, tahu, susu kedelai, maupun olahan kedelai yang lain. Selain protein nabati, kandungan protein hewani bisa Sobat dapatkan dari ikan dan daging merah. Sobat juga bisa memperoleh protein dari meminum susu sapi. Kandungan protein dalam tubuh sangat baik dalam membangun dan memelihara jaringan tubuh.

  • Penuhi asupan serat. Banyak sekali Sobat yang mengeluh jika selama menjalankan puasa, maka siklus buang air besar menjadi terganggu. Selain disebabkan oleh adaptasi alat pencernaan ketika berpuasa, ternyata menu-menu berbuka yang kurang sehat juga banyak mempengaruhi siklus BAB Sobat, loh! Untuk mengatasinya, Sobat bisa memenuhi asupan serat agar sistem pencernaan dapat terbantu dalam proses akhirnya. Ada banyak sekali sumber serat yang bisa menjadi pilihan Sobat. Buah-buahan tinggi serat seperti buah plum, buah naga, pepaya, dan sebagainya ternyata tak hanya lezat dijadikan sebagai pengisi komponen sup buah, namun ternyata juga bermanfaat untuk pencernaan! Selain itu, roti gandum juga bisa menjadi alternatif bagi Sobat yang kurang suka dengan buah.

  • Jangan lewatkan sayuran! Dalam skema makanan 4 sehat 5 sempurna, sayur-sayuran tentu tidak boleh dilewatkan. Selain mencukupi kebutuhan vitamin dengan mengkonsumsi buah-buahan, kebutuhan mineral dan vitamin lainnya juga banyak terkandung di dalam sayur-sayuran.

  • Konsumsi madu. Madu terkenal sebagai makanan yang dapat menjadi pencegah maupun obat dari segala penyakit. Masih ragu dengan manfaat madu?

 

Baca juga:  Cara Tepat Menggunakan Serum Rambut Rontok Agar Hasilnya Bisa Maksimal

Jadi demikianlah beberapa tips memilih menu berbuka puasa agar Sobat terhindar dari serangan penyakit! Jangan lupa untuk menyantap hidangan secara perlahan karena sistem pencernaan tentu akan kaget jika Sobat makan terlalu cepat. Makanlah sesuai porsi dan jangan berlebihan karena ketika berbuka puasa, 1/3 bagian tubuh digunakan untuk menampung makanan, 1/3 untuk minuman, dan 1/3 lainnya untuk bernapas. Selamat menunaikan ibadah puasa, Sobat Antisakit!

Share This: