Kabar Gembira Untuk Ibu-Ibu: Cara Sehat Langsing Setelah Melahirkan

Ketidakseimbangan dalam perubahan hormonal dan kenaikan berat badan adalah hal yang dialami ibu yang baru melahirkan. Ibu bisa mencoba cara sehat langsing setelah melahirkan untuk mengembalikan berat badan ideal. Proses penurunan berat badan yang melambat disebabkan oleh metabolism yang melambat sehingga penumpukan lemak terus terjadi sementara berat badan sebelumnya belum juga berkurang. Tidak sedikit ibu yang tidak percaya diri dengan kondisi tubuhnya pasca melahirkan.
Cara Sehat Langsing Setelah Melahirkan

Berikut ini beberapa cara sehat langsing setelah melahirkanyang aman dan manjur untuk ibu:
1.       Menyusui
Cara yang paling mudah dan juga tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk menurunkan berat badan diawali dengan menyusui. Menyusui tidak hanya bagus untuk bayi, tapi juga bagus untuk sang ibu. Timbunan lemak akan berkurang karena digunakan untuk memproduksi ASI. Bayi sehat, ibupun sehat.
2.       Mengasuh bayi
Mengasuh si kecil dari bangun tidur hingga tidur tanpa bantuan baby sitter akan menyita seluruh perhatian dan tenaga ibu. Memandikan, mengganti popok, mengajak bermain, hingga menidurkan bayi banyak mengeluarkan tenaga. Tanpa terasa, lemak pun mulai berkurang karena terkuras oleh energi yang lumayan banyak ketika mengurusi si kecil.
3.       Sering makan dalam porsi kecil
Makan dalam porsi kecil namun sering akan membantu ibu menurunkan berat badan. Dibandingkan dengan sekali makan namun dalam porsi besar malah akan menaikkan bobot berat ibu. Perbanyak konsumsi sayuran hijau yang kaya akan serat dan nutrisi juga ganti cemilan anda dengan cemilan yang sehat dengan buah-buahan seperti apel, alpukat, buah zaitun, dan lainnya. Jangan lupa untuk mengatur pola makan ibu untuk hasil optimal.
4.       Berolahraga rutin
Jika rumah ibu terdiri dari 2 lantai dan ibu sudah benar-benar fit pasca melahirkan, maka naik turun tangga bisa membakar kalori yang ada di dalam tubuh. Senam aerobik di rumah sambil menonton video panduan senam bisa menjadi bentuk olahraga rutin untuk menghilangkan lemak juga. Selain itu ibu bisa push up, sit up, atau berenang dengan teratur. Otot-otot perut akan kencang dan lemak pun terkikis. Jika ibu punya waktu luang, ibu bisa melakukan fitness atau yoga untuk mendapatkan hasil maksimal.
5.       Mengerjakan pekerjaan rumah
Ibu bisa mencoba mengerjakan semua pekerjaan rumah sendiri tanpa bantuan asisten rumah tangga. Dimulai dari  mengepel dengan berjongkok, mencuci baju tanpa bantuan mesin cuci, mengepel, dan lainnya setiap hari atau secara berkala. Tanpa ibu sadari kegiatan tersebut bisa membakar kalori dalam tubuh.
6.       Kurangi konsumsi gula
Makanan yang mengandung banyak gula akan membuat lemak semakin menumpuk karena gula mengandung kalori. Ibu bisa mengganti gula yang biasa digunakan dengan madu atau gula rendah kalori. Segelas minuman yang mengandung gula per hari sudah cukup untuk dikonsumsi ibu.
7.       Istirahat cukup
Kurang istirahat justru kabar buruk bagi ibu karena bisa menaikkan berat badan karena produksi insulin meningkat sehingga lemak pun semakin bertambah. Sangat dianjurkan untuk ibu tidur malam selama 6-8 jam per hari. Istirahat yang teratur bisa membantu menurunkan berat badan ibu.
Baca juga:  Cara Sehat Melaksanakan Sholat Idul Fitri Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Tips-tips cara sehat langsing setelah melahirkan tersebut bisa membantu ibu mengikis lemak-lemak yang terdapat dalam tubuh. Namun, pastikan kondisi ibu sudah benar-benar fit dengan berkonsultasi kepada dokter atau bidan terlebih dahulu ketika memulai program penurunan berat badan yang berkaitan dengan aktivitas fisik. Selamat mencoba!

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *