Jangan Sampai Membenci Diri Sendiri! Ketahui Tips Mengenal Kepribadian Diri Sendiri di Sini!

 

source: www.npr.org

 

Pernahkah Sobat Antisakit berada pada satu titik di mana Sobat sangat membenci diri sendiri? Sobat melakukan sebuah kesalahan besar, kesalahan fatal, kesalahan yang berulang-ulang, sehingga membuat Sobat tak habis pikir mengapa harus terlahir sebagai pribadi seperti ini? Tak hanya ketika melakukan kesalahan, bahkan ketika Sobat berpikir bahwa semua hal baik-baik saja, tetapi ternyata mengapa orang lain tidak menerima diri Sobat, mengapa Sobat tetap tidak bisa menjalin suatu relasi dengan baik?

 

Jika Sobat merasa demikian, jangan sampai Sobat berpikir untuk membenci diri sendiri! Ada hal-hal dalam diri Sobat yang harus dikenali sehingga Sobat bisa menyelamatkan semuanya dan mengendalikan setiap kondisi. Inilah tips mengenal kepribadian diri sendiri yang sangat perlu diketahui:

 

  1. Tidak ada kepribadian yang paling baik maupun paling buruk. Kenali diri Sobat, apakah Sobat seorang Sanguinis yang suka berbicara, cenderung ekstrovert, mudah bergaul, namun sedikit kekanak-kanakan, masih suka terlambat dan membuat kekacauan? Atau apakah Sobat seorang Koleris yang pSobati membuat keputusan, dapat memimpin, namun cenderung tidak bisa dibantah, keras kepala, dan egois? Lain hal lagi apabila Sobat seorang Melankolis yang sangat mudah terbawa perasaan, pendendam, terlalu sensitif, sulit mengemukakan pendapat, namun sangat baik dalam hal analitik, perfeksionis, dan mengorbankan kepentingan pribadi demi kepentingan bersama? Atau justru seorang Plegmatis yang ekstrovert, mudah bergaul, namun cenderung apatis, suka mengejek, tidak peka dan keras kepala?

 

  1. Tips mengenal kepribadian diri sendiri yang selanjutnya adalah dengan mengevaluasi kekuatan dan juga kelemahan-kelemahan Sobat. Ketika Sobat telah mengenal apa tipe kepribadian Sobat, maka ini langkah terbaik untuk segera memperbaiki dan mengurangi sedikit demi sedikit sisi negatif dalam karakter Sobat sehingga Sobat bisa meminimalisir timbulnya masalah ketika menjalin relasi dengan orang lain. Tidak apa jika Sobat masih sesekali melakukan kesalahan, namun segera sadari dan buatlah tekad untuk memperbaikinya. Selain fokus untuk memperbaiki kelemahan, jangan lupa untuk bersyukur dan terus mengasah kekuatan Sobat, ya!
Baca juga:  Gaya Profesional dengan Model Baju Rompi Wanita untuk Bekerja

 

  1. Ingatlah bagaimana Sobat telah berubah sejauh ini. Sebelum hari-hari sekarang, ingatlah hari-hari kacau yang Sobat lewati, juga hari-hari di mana Sobat berhasil dan merasa berarti. Kenali bagaimana Sobat mengambil sikap ketika menghadapi suatu kondisi. Misalnya, Sobat cenderung tertutup dan menyendiri di lingkungan yang ramai. Atau Sobat terlalu bersikap dominan dan ingin mengendalikan keramaian. Pastikan keputusan Sobat dalam bertindak tersebut tidak menyakiti diri sendiri dan menyakiti orang lain. Terimalah masa lalu Sobat, dan ambil pelajaran dari masa-masa itu. Jangan mengulangi kesalahan di masa lalu ya, Sobat!

 

  1. Mulailah terbuka terhadap diri sendiri. Sebenarnya, dibanding membohongi orang lain, ternyata banyak sekali orang yang lebih sering berbohong terhadap diri sendiri. Pertama, turunkan ego Sobat untuk mengakui kesalahan Sobat selama ini. Renungkanlah apa saja yang telah membuat Sobat rugi hanya karena ego diri sendiri yang terlalu tinggi. Kemudian, mulailah untuk mendengarkan saran-saran baik yang konstruktif dari orang lain demi perbaikan-perbaikan diri Sobat ke depannya. Namun satu hal yang perlu diingat, jangan mendengarkan kata-kata negatif dari orang lain. Hanya terimalah saran yang membangun ya, Sobat! Apabila Sobat tidak memiliki orang yang mampu memberikan saran yang kontruktif, maka seringlah Sobat melakukan refleksi terhadap orang-orang di sekitar Sobat. Bukalah pikiran Sobat dan lihatlah secara positif bagaimana orang lain melakukan interaksi yang membawa mereka ke relasi yang hangat, baik, dan positif. Kemudian, Sobat bisa mempelajari dan mengimplementasikan hal-hal baik tersebut terhadap diri sendiri. Ingat, setiap individu selalu memiliki “badai”-nya sendiri dalam mengarungi kehidupan, maka, jangan lupa untuk selalu bersikap baik kepada orang lain, ya!

 

 

Jadi, demikianlah beberapa tips mengenal kepribadian diri sendiri yang sangat ampuh untuk menyelamatkan diri Sobat dari pikiran untuk membenci diri sendiri! Selalu ingat untuk mengevaluasi kekuatan dan kelemahan diri sendiri, serta jujurlah kepada diri sendiri. Sobat mungkin tidak bisa membuat semua orang bahagia, tetapi minimal; buatlah diri Sobat bahagia dengan menjadi bermanfaat dan tidak menyakiti atau merugikan kehidupan orang lain. Semangat memperbaiki diri, Sobat Antisakit!

Share This: