Intip Rahasia Cara Sehat Orang Jepang

Usia memang rahasia Tuhan, namun kita tetap berkewajiban untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan cara sehat orang Jepangbisa kita tiru untuk memperpanjang usia karena menjaga tubuh tetap sehat. Dibandingkan dengan Negara lainnya, Jepang dikenal sebagai Negara paling disiplin dalam menerapkan pola hidup sehat. Orang Jepang terbukti awet muda, sehat, dan panjang umur. Tingkat penyakit yang diderita terbukti paling rendah sedunia saking disiplin dalam mengatur pola hidup dan makanan.
Cara sehat orang Jepang tidak susah untuk ditiru. Asal kita konsisten melakukannya maka hasilnya pun akan terasa. Berikut ini akan dipaparkan rahasia orang Jepang dalam menjaga kesehatannya.
Cara Sehat Orang Jepang
Pertama. Suka mengkonsumsi ikan.
Tuna, salmon, dan makarel adalah jenis ikan yang paling banyak dikonsumsi orang Jepang. Selain kandungan protein yang baik untuk kesehatan, ikan mengandung omega 3 yang membuat kulit bersinar juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan kanker payudara. Bukan rahasia lagi jika orang Jepang paling senang mengkonsumsi ikan.
Kedua.Rajin mengkonsumsi rumput laut.
Rumput laut mengandung zat antioksidan tinggi yang berfungsi untuk menghambat penyerapan lemak dalam tubuh. Makanan laut ini salah satu makanan favorit orang Jepang. Rumput laut cocok bagi anda yang sedang dalam program penurunan berat badan karena bisa meningkatkan pengolahan lemak dalam tubuh.
Ketiga. Cinta sayuran.
Setiap waktu makan tiba, orang jepang selalu menyisipkan sayuran. Kita bisa menirunya dengan menyisipkan lalapan seperti selada, tomat, rebusan daun singkong, seledri, dan lainnya. Selain cinta sayuran mereka tidak sering mengkonsumsi nasi. Asupan karbohidrat bisa didapatkan dari ubi, udon, kentang, dan sereal.
Keempat.Minum teh hijau.
Teh hijau mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk metabolisme tubuh manusia. Berkat teh hijau, nutrisi makanan dan kalori dalam tubuh dapat segera diproses menjadi energi yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu kebiasaan minum teh hijau mencegah resiko terserang berbagai penyakit seperti jantung, kanker, dan lainnya.
Kelima.Mengunyah makanan perlahan dan berhenti sebelum kenyang.
Porsi makanan orang Jepang selalu terlihat sedikit namun ditata dengan cantik. Oleh karena itu mereka makan perlahan karena menikmati sajian indah makanan yang ditata. Mereka juga menerapkan kebiasaan berhenti sebelum kenyang karena tubuh memberi alarm sekitar 20 menit setelah makan untuk memberitahukan bahwa perut sudah kenyang dengan asupan makanan sehingga pencernaan pun berjalan dengan baik.
Keenam. Mengolah makanan setengah matang.
Ketika waktu makan tiba mereka mengolah makanan setengah matang untuk menjaga nutrisi yang terkandung dalam makanan tetap utuh bahkan mereka cenderung memakan makanan mentah yang masih penuh akan nutrisi.
Ketujuh.Mengkonsumsi makanan fermentasi dan tofu.
Orang Jepang gemar sekali mengkonsumsi acar, yoghurt, dan tofu saat makan siang. Acar dan yoghurt adalah jenis makanan fermentasi yang baik untuk kesehatan sementara tofu atau tahu mengandung isoflavon yang dibutuhkan hormon serta untuk mencegah osteoporosis.
Kedelapan.Terbiasa berjalan kaki.
Budaya berjalan kaki ke sekolah, kantor, taman, atau tempat lainnya yang masih terjangkau menjadi kebiasaan yang sudah mengakar di Jepang. Kebiasaan berjalan kaki membuat badan mereka terlihat segar dan sehat. Berjalan kaki juga bisa membantu mengurasi polusi dari asap kendaraan.
Baca juga:  Cara Merawat Wajah Kusam dan Kering Secara Alami

Rahasia cara sehat orang jepang tersebut harus kita tiru karena cukup mudah dilakukan. Tubuh akan terasa lebih sehat dan segar serta jauh dari penyakit dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan tersebut.

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *