Inilah Segudang Manfaat Puasa yang Harus Kamu Tahu

Semangat Berpuasa
Sebentar lagi umat muslim akan segera memasuki bulan Ramadhan. Bulan ramadhan sendiri identiik dengan aktivitas puasa. Puasa selain sebagai perintah agama ternyata juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh manusia. Lalau apa sajakah manfaat puasa tersebut ? Berikut beberapa manfaat puasa bagi kesehatan tubuh manusia :
 
1.    Penurunan Kadar Kolestrol 
Berdasarkan penelitian ilmiah, puasa dapat menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh orang yang berpuasa. Mereka yang menjalankan program diet sehat, puasa merupaka salah satu cara yang cocok untuk menurunkan kolestrol jahat.
 
2.    Menetralkan Racun 
Selama berpuasa, tubuh akan didetoksifkasi atau mengeluarkan racun yang ada dalam sistem pencernaan. Ketika puasa seseorang menggunakan cadangan lemak untuk mebentuk energy, pembakakran lemak untuk cadangan energy inilah yang akan membakar racun berbahaya dalam tubuh.
 
3.    Meningkatkan Sistem Kekebalan 
Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Puasa dapat membuat tubuh lebih sehat dan kebal terhadapa penyakit bahkan hingga 10 klai lipat. Tubuh kaan kebal dari seranagna virus dan lebih sehat.
4.    Kebiasaan Sehat 
Dengan puasa, akan mengonntrol kebiasaan buruk seseorang seperti merokok. Kebiasaan buruk akan terhenti karena aktivitas puasa dan pola hidup menjadi sehat.
 
5.    Mengontrol Berat Badan 
Puasa selama sebulan penuh akan membuat seseorang menjadi memiliki pola makan yang lebih teratur dan sehat. Porsi makan sahur dan dan berbuka yang dianjurkan agama secukupnya pun akan membuat berat badan seseorang yang berlebih menjadi menurun.
 
6.    Menjadikan Ginjal Lebih Sehat
Menjadikan Ginjal Lebih Sehat
Fungsi ginjal akan maksimal ketika kekuatan osmosi urin di tuuh mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis / kg air. Kondisi ini tercapai ketika seseorang dalam keadaaan berpuasa.
 
7.    Cegah Diabetes 
Diabetes disebabkan oleh kadar gula yang tinggi. Nah ketika berpuasa control asupan makanan manis penyebab diabetes pun dapat diatur.

Baca juga:  Tips Dan Strategi Menjaga Kesehatan Saat Bulan Puasa Ramadhan

Nah itulah manfaat dari puasa Ramadhan bagi tubuh kita. Perinta puasa yang diberikan Tuhan, meskipun awalnya terlihat sebagai perintah yang berat, namun ternyata memiliki segudang manfaat yang luar biasa bagi tubuh kita. Lalu, mari kita berpuasa selain menjalankan kewajiban agama bagi umat muslim juga menjaga kesehatan tubuh kita sendiri.

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *