Inilah Ciri-ciri Kesehatan Mental yang Buruk dan Cara Mudah Mengatasinya

Gambar kesehatan Mental
Kesehatan Mental (c) shutterstock.com
Apabila seseorang memiliki fisik yang sehat, belum tentu ia memiliki kesehatan mental yang baik pula. Banyak hal yang menjadikan mental seseorang terganggu seperti tekanan dari banyak orang atau pekerjaan dan tugas yang menumpuk menjadikan beban dalam pikiran seseorang. Hal itu lah yang kemudian menjadikan kesehatan mental terganggu.
Kesehatan mental psikologi yang baik adalah saat di mana seseorang merasa rileks tanpa adanya beban atau apa pun yang mengganggu pikirannya. Orang yang memiliki kesehatan mental yang lebih baik sudah pasti mampu menangani setiap masalah dalam kehidupannya dengan lebih bijak tanpa menimbulkan masalah baru. Sedangkan orang yang memiliki kesehatan mental buruk sudah pasti akan mengalami tekanan mental apabila dihadapkan dengan masalah yang lebih pelik.
Nah, untuk itu, mulai sekarang, cobalah untuk mengenali ciri-ciri dari kesehatan mental yang buruk. Mungkin ciri-ciri tersebut salah satu, sebagian, atau bahkan seluruhnya kamu alami. Dengan begitu kamu bisa belajar untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut.
Nah, berikut ini merupakan ciri-ciri dari kesehatan mental seseorang yang buruk:
1.    Menjadi Lebih Suka Menyendiri
Gambar Menyendiri
Menjadi Suka Menyendiri (c) suehatelon.wordpress.com

 
Kamu bukanlah orang yang suka menyendiri, namun akhir-akhir ini karena beberapa tekanan batin dan pikiran menjadikanmu lebih nyaman untuk menyendiri beberapa saat.

2.    Marah-marah

Gambar Orang Gampang Marah
Gampang Marah (c) gudangkesehatan.com

Kamu seringkali marah-marah dengan alasan yang sepele atau bahkan alasan yang tidak jelas. Entah karena kesal karena suatu hal, lalu kamu melampiaskan pada orang lain yang sebenarnya tidak ada kaitannya dengan hal yang membuatmu kesal tadi.
3.    Merokok
Kamu yang awalnya bukan perokok justru berubah menjadi perokok berat karena berbagai persoalan yang dirasa sangat berat. Menurut sebagian besar perokok aktif, merokok terbukti dapat menurunkan tingkat setres pada diri seseorang. Padahal, hal itu sama sekali tidak menyelesaikan masalah dan justru menambah masalah baru yaitu masalah kesehatan.
4.    Susah Tidur

Baca juga:  Ini Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan
Gambar Susah Tidur
Susah Tidur (c) doktercewek.com
Banyak pikiran yang menjadikanmu susah tidur. Bahkan apabila kamu sudah mengantuk namun tetap saja susah tidur. Semakin dipaksakan kamu semakin sulit untuk tidur. Ini yang kemudian menjadikan pola tidurmu menjadi tidak teratur.
5.    Nafsu Makan Berkurang 
Akibat dari berbagai masalah yang tidak mampu kamu hadapi, hal itu pun berimbas kepada nafsu makanmu yang berkurang. Berat badan menurun dan hal ini tentu saja menimbulkan masalah lain, yaitu masalah kesehatan fisik.
6.    Gelisah 
Kamu menjadi seringkali gelisah karena beberapa alasan yang berakibat tidak mampu berpikir jernih. Hal ini tentu saja sangat memengaruhi tingkat produktifitasmu.
7.    Mengkonsumsi  Minuman Beralkohol 

Gambar Minum Minuman Keras
Minum Minuman Keras (c) wolesbanget.com

Hal ini sudah mengindikasikan bahwa kesehatan mentalmu sudah benar-benar terpuruk. Kamu yang sebelumnya bukan peminum justru menjadi peminum setelah tidak mampu menangani beberapa masalah yang menyerangmu.

Nah, berikut itu adalah 7 ciri-ciri kesehatan mental yang buruk. Apakah kamu memiliki salah satu, sebagian, atau bahkan keseluruhan dari ciri-ciri tersebut? Kalau memang seperti itu, mulailah benahi diri dari sekarang. Karena hal itu bukan hanya berimbas pada mental, tapi juga fisik yang menjadi tumbalnya. Saat ini mulailah dengan memerdekakan hati dan pikiranmu. Apapun masalah yang sedang kamu hadapi, percayalah segalanya memiliki jalan keluar.
Sebenarnya ada tiga cara sederhana bagimu untuk bisa menyelesaikan semua beban dalam pikiranmu.
Pertama, mungkin kamu saat ini sedang jauh dari-Nya. Entah itu saat sedang sedih, senang, susah, atau apa pun. Cobalah untuk selalu mendekatkan diri kepada-Nya, karena dari-Nya lah semua hal bermula dan berakhir. Dengan mendekatkan diri kepada Tuhan, kamu tentu saja akan merasakan kedamaian yang lebih indah dari apa pun juga.
Kedua, berbagi dengan orang terdekat. Jangan pendam sendiri apa pun permasalahan itu. Dengan berbagi cerita, setidaknya kamu tidak menanggung beban itu sendiri, orang-orang terdekat tentu saja tidak akan berdiam diri melihatmu dalam kondisi terpuruk.
Ketiga, mulai dari diri sendiri. Belajarlah untuk memerdekakan hati dan pikiranmu. Lepaskan semua beban itu dan anggap saja semua masalah sudah pasti memiliki setiap penyelesaian. Tidak ada masalah yang tidak mampu kamu atasi. Sugestikan diri bahwa semua akan baik-baik saja. Berpikir Positif! Nah, dengan begitu kamu tidak akan mengalami masalah dalam hal kesehatan mental.
Kesehatan mental bukanlah hal yang sepele, karena karena banyak orang yang akhirnya bunuh diri akibat dari mental yang terpuruk. Bahkan artis, pelawak dan banyak public figure yang sudah menghibur banyak orang justru mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri karena depresi yang dialaminya.
Baca juga:  Solusi Menjaga Gula Darah Tetap Stabil

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *