Inilah 8 Makanan Penurun Kolesterol Alami yang Harus Kamu Coba

Kata kolesterol tampaknya telah terdengar seperti momok yang sangat ingin dihindari oleh siapapun. Sebenarnya, secara alami tubuh telah memproduksi kolesterol melalui hati. Bagi tubuh, jenis kolesterol yang dibutuhkan adalah jenis HDL atau jenis High Density Lipoprotein yang dapat membunuh kolesterol jahat dan merugikan jenis LDL atau Low Density Lipoprotein yang biasanya berasal dari luar tubuh, khususnya yang berasal dari zat-zat makanan tertentu. Namun, selain makanan-makanan yang berpotensi memicu kenaikan kolesterol, ternyata masih banyak pula jenis-jenis makanan lain yang sangat baik dikonsumsi bagi kamu yang memiliki kolesterol tinggi. Simak jenis-jenis makanan penurun kolesterol berikut ini:
1.    Beras merah

Gambar Beras Merah 

Beras merah sangat terkenal dengan kandungan magnesium, selenium, fitonutrien, dan vitamin B yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol, kadar lemak darah, hingga gula darah.
2.    Buncis 
Sebagai makanan penurun kolesterol jenis sayuran, buncis terkenal akan serat pangannya dan kandungan rendah lemak yang sangat berperan dalam menurunkan kolesterol dan gula darah, karena dapat mengurangi kadar LDL, trigliserida, serta insulin berlebih di dalam tubuh.
3.    Bawang putih

Gambar Bawang Putih 

Jenis rempah yang satu ini direkomendasikan untuk memperbaiki fungsi jantung serta menjaga kesehatannya sehingga akan berdampak baik pada penurunan kadar kolesterol kamu.
4.    Bayam

Gambar Sayur Bayam 

Sayuran hijau ini memiliki banyak manfaat yang antara lainnya adalah untuk menjaga kesehatan mata, pelindung jantung dan pembuluh darah dari kandungan lemak, serta yang terpenting adalah untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.
5.    Kedelai 
Kacang kedelai merupakan makanan penurun kolesterol yang sangat menarik karena kacang kedelai dapat diolah menjadi tempe, tahu, susu kedelai, tepung kedelai, nutrela, hingga nugget. Dengan kandungan zat isoflavin, kacang kedelai terbukti mampu menekan kadar LDL sehingga dapat menghambat perkembangannya di dalam tubuh.
6.    Omega 3 
Kandungan omega 3 terbukti sangat baik dalam menjaga kesehatan jantung, mencegah peluang pembekuan darah, hingga mencegah risiko terkena serangan jantung mendadak. Kandungan omega 3 ini sendiri dapat diperoleh dari beragam jenis makanan seperti ikan (sarden, kembung, salmon, trout, dan makarel), hingga minyak canola.
7.    Biji Bunga Matahari

Baca juga:  Tips Alami Atasi Sakit Kepala Migrain

Gambar Biji Bunga Matahari 

Camilan yang akrab dikenal dengan kuaci atau kwaci ini ternyata memiliki kandungaan zat sterol yang memiliki fungsi penting dalam menurunkan kadar kolesterol berlebih di dalam tubuh.
8.    Gandum 
Berbagai jenis makanan yang berasal dari gandum seperti roti gandum, sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan trigliserida, kolesterol, dan kadar gula dalam darah.

Demikian beberapa rekomendasi jenis makanan penurun kolesterol cepat yang bisa mulai kamu konsumsi dari sekarang. kamu tidak harus mengosumsi kesemuanya dalam satu waktu. Buatlah menu yang beragam setiap harinya, dan akan lebih baik jika kamu melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter.

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *