Inilah 7 Tips Menghilangkan Stres Paling Cepat dan Ampuh

Banyak hal yang menjadi penyebab kenapa orang-orang menjadi gampang stres dan susah untuk berpikir jernih. Salah satu yang seringkali menjadi penyebab adalah karena adanya tuntutan yang menekan menyebabkan terjadinya konflik pada diri seseorang. Adanya perbedaan kontras antara harapan dan realita pun menjadi alasan banyak orang untuk stres. Untuk itu, biasanya banyak orang yang mencari tips menghilangkan stres agar stres yang mereka alami tidak berkepanjangan.

Nah, berikut ini ada 7 tips menghilangkan stres yang bisa kamu terapkan:

1. Cobalah berinteraksi dengan Keluarga atau Teman Dekat

Gambar Berkumpul dan bercanda Bersama Keluarga
Berkumpul dan bercanda Bersama Keluarga (c) adharta.com

Setidaknya cobalah berbicara mengenai apa yang menjadi masalah terberat di kepalamu kepada orang-orang terdekat ini. Dengan begitu, beban di kepala tentu saja akan terasa lebih ringan. Selain itu juga mereka tidak akan membiarkanmu berjalan sendirian, mereka akan membantu memberikan saran terbaik apa yang harus kamu lakukan. Dengan berinteraksi dengan mereka kamu akan tahu kalau masih banyak orang yang peduli. Sedikit banyak itu akan memberikanmu motivasi untuk bangkit dari keterpurukan.

2. Keluar Sejenak untuk Menghirup Udara Segar dan Melihat Pemandangan Sekitar

Gambar Menghirup Udara Segar
Menghirup Udara Segar (c) obatpenyakittbc.com

Ini adalah salah satu cara ampuh yang bisa kamu terapkan. Berdiam diri di dalam kamar atau tempat yang sedikit udara segarnya tentu akan menyebabkan otak akan sulit bekerja normal. Coba lah untuk berjalan sedikit ke luar halaman sambil menikmati udara segar dan pemandangan sekitar. Hal ini sering dilakukan orang dan sangat terbukti merupakan tips menghilangkan stres yang cukup ampuh karena dapat membuat pikiran lebih jernih untuk berpikir lebih baik mengenai masalah yang sedang dihadapi. Mengurung diri justru akan semakin menambah beban di pikiranmu.

3. Mendengarkan Musik

Baca juga:  Macam-maca penyebab Asam Urat dan Alternatif Pengobatannya
Gambar Mendengarkan Musik
Mendengarkan Musik (c) female.kompas.com

Tidak dipungkiri, musik mampu mengubah emosi seseorang. Hanya dengan mendengar musik kamu bisa menangis atau bahagia. Berhubungan dengan stres, musik mampu menurunkan tekanan darah seseorang dan membuatnya lebih rikeks. Coba saja dengarkan musik apa saja yang kamu sukai dan kamu akan merasakan manfaat besar dari mendengarkan musik ini. Hal ini lah yang menyebabkan banyak juga pengobatan atau terapi yang menggunakan musik sebagai salah satu media penyembuhannya. Biasanya mendengarkan musik juga bisa menjadi tips menghilangkan stres karena cinta yang seringkali terjadi.

4. Makan Cokelat

Gambar Makan Coklat
Makan Coklat (c) puteriputeri.com

Kandungan yang terdapat pada coklat ternyata memang terbukti mampu menurunkan tekanan darah. Setelah memakan coklat mood akan cenderung menjadi lebih baik dan stres akan berkurang. Kandungan tersebut adalah dopamine dan serotonin yang terkandung dalam coklat. Tapi, jangan terlalu sering mengkonsumsi coklat karena kandungan gulanya tidak baik bagi kesehatan apabila dikonsumsi secara terus menerus.

5. Teknik Pernapasan

Gambar Melakukan Teknik Pernapasan
Melakukan Teknik Pernapasan (c) aboutmeditation.com

Hal ini juga sangat berguna di saat kamu membutuhkan pikiran yang jernih untuk berpikir. Tarik napas dalam-dalam dan kemudian hembuskan. Hal ini terbukti dapat membantu cara menghilangkan stres pikiran secara seketika. Karena oksigen yang kamu hirup akan membantu peredaran darah menuju otak menjadi lebih lancar.

6. Berolahraga

Gambar Berolahraga
Berolahraga (c) sehatplus.com

Olahraga selain mampu menghilangkan stres juga menyehatkan tubuh. Jadi, tidak ada salahnya untuk rutin berolahraga. Saat Anda beraktifitas atau berolahraga, tubuh akan meningkatkan produksi hormon endorphin yang memberikan ketenangan pada pikiran. Biasakanlah untuk ruitn berolahraga agar tubuh terhindahr dari stres

7. Istirahatkan Tubuh

Gambar Tidur
Sleeping Beauty (c) arrahmah.com

Nah, ini adalah tips terakhir yang dirasa adalah hal yang tepat bisa kamu terapkan dikala stres datang melanda. Istirahatkan tubuhmu dengan tidur. Bisa jadi otak yang kamu gunakan sudah sangat lelah dan butuh istirahat untuk berpikir lebih jernih. Dalam keadaan lelah tentu saja kita tidak bisa berpikir jernih dan mungkin saja akan melakukan hal-hal nekat yang saat keadaan normal tidak mungkin akan kamu lakukan. Nah, coba lah istirahatkan hati dan pikiran dengan tidur sejenak. Mungkin dengan begitu kamu bisa kembali berpikir jernih dan menyelesaikan masalah yang sedang menimpa.

Baca juga:  Mengenal Manfaat Luar Biasa dari Buah Naga

Nah, itu dia tadi 7 tips menghilangkan stres paling ampuh. Setiap orang tentu saja akan atau pernah mengalami stres, apalagi orang dewasa yang memiliki beban pikiran lebih banyak. Cobalah lakukan tips-tips di atas dan hindari perbuatan yang negatif.

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *