Inilah 7 Manfaat Daun Pandan yang Belum Banyak Orang Tahu

Manfaat Daun Pandan
Daun pandan merupakan salah satu jenis tumbuhan yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Bukan hanya sebagai bahan untuk memberikan aroma khas dan warna hijau alami pada makanan, tetapi manfaat daun pandan ternyata juga sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Hal ini dikarenakan daun pandan memiliki kandungan yang sangat kompleks yaitu meliputi zat tannin, saponin, polifenol, flavonoid, tonikum, dan sebagainya. Simak beragam manfaat daun pandan berikut ini!
1.    Mengatasi masalah ketombe dan rambut rontok 
Manfaat daun pandan dalam kecantikan dan kesehatan rambut antara lain adalah dapat mengatasi masalah ketombe dan juga rambut rontok. Dengan memanfaatkan daun pandan sebanyak kurang lebih 10 helai, Anda dapat membuat masker rambut untuk perawatan sehingga rasa gatal dan juga ketombe pada kulit kepala Anda akan lenyap serta rambut Anda akan lebih kuat dan tidak mudah patah atau rontok.
2.    Melawan sembelit 
Jika Anda mengalami permasalahan sembelit pada perut Anda, alangkah baiknya jika Anda mulai mengonsumsi air rebusan daun pandan setiap hari dengan rutin.
3.    Meningkatkan nafsu makan 
Tidak hanya nafsu makan berlebih yang membahayakan kesehatan manusia, namun sebaliknya pun juga. Nafsu makan yang turun drastis akan mengancam keberlangsungan keseimbangan tubuh manusia karena tubuh akan kekurangan asupan nutrisi yang seharusnya didapatkan dari makanan. Untuk mengembalikan nafsu makan Anda, rutinlah meminum air rebusan daun pandan sebanyak dua kali setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal.
4.    Mengendalikan tekanan darah
Manfaat daun pandan berikutnya adalah mengendalikan tekanan darah sehingga Anda akan terhindar dari risiko darah tinggi atau hipertensi akibat mengonsumsi makanan-makanan pemicu naiknya tekanan darah, seperti daging kambing, dan sebagainya. Anda cukup meminum air rebusan dari daun pandan yang dicampur dengan santan secara rutin.
5.    Menghilangkan pegal linu 
Apakah Anda sering mengeluh akibat kerap mengalami pegal linu? Cobalah untuk mulai memanfaatkan daun pandan sebagai balsem untuk mengurut atau memijat bagian tubuh Anda. Balsem daun pandan bisa Anda buat hanya dengan menyediakan daun pandan dan daun serai yang ditumbuk halus dan ditambahi dengan satu sendok makan minyak gandapura dan minyak kayu putih.
6.    Melawan lemah syaraf 
Jika Anda sering terserang kram tiba-tiba, maka kemungkinan telah terjadi gangguan melemahnya syaraf tubuh tertentu. Manfaat daun pandan untuk melawan lemah syaraf dapat diaplikasikan dengan meminum air rebusan daun pandan secara rutin setiap hari pada pagi dan sore hari.
7.    Mengobati sakit rematik 
Rematik yang menyerang tulang dan persendian Anda dapat diobati dengan memanfaatkan daun pandan. Anda bisa membuat sendiri balsem daun pandan untuk mengatasi sakit rematik hanya dengan memotong kecil-kecil tiga helai daun pandan kemudian hangatkan bersama dengan minyak kelapa sebanyak setengah cangkir.
Itulah 7 Manfaat Daun Pandan yang perlu kamu ketahui. Berikutnya di Jurucipir.com akan mengulas manfaat daun pepaya. Jangan sampai ketinggalan, ya.

Baca juga:  Bahaya Berbuka Puasa Dengan Air Es

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *