Inilah 7 Cara Merawat Kesehatan Mata yang Alami

gambar cara merawat kesehatan mata
Cara merawat kesehatan mata (c) siputnews.com

Setelah sekian lama Jurucipir.com tidak ada postingan terbarunya, kali ini kami kembali memposting terkait dengan masalah kesehatan. Postingan kali ini adalah mengenai cara menjaga kesehatan mata agar tidak minus.

Bagi kamu yang saat ini matanya masih normal patut bersyukur, karena di luar sana banyak sekali orang yang memiliki kekurangan penglihatannya ingin seperti kamu yang memiliki mata normal. Apalagi mata merupakan salah satu bagi vital pada tubuh yang sangat mempengaruhi produktifitas seseorang. Dengan mampu melihat normal tanpa menggunakan kacamata, kamu akan bisa merasa lebih leluasa dalam beraktifitas.
Oleh sebab itu, kita semua yang masih diberikan kesehatan mata patut bersyukur dengan cara menjaga kesehatan matasecara alami. Nah, berikut ini adalah 7 cara merawat kesehatan mata.
1. Mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan mata

gambar makanan untuk kesehatan mata
Makanan untuk kesehatan mata (c) majalahkuliner.info

Ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan mata secara alami seperti buah-buahan yang berwarna merah seperti apel dan tomat, serta sayuran wortel yang mengandung vitamin A sngat baik untuk kesehatan mata. Oleh karena itu mulailah dengan menjaga makanan yang masuk ke perut kamu karena itu sangat mampu memengaruhi kesehatan mata.

2. Berhentilah merokok
Bagi yang bukan perokok, tentu saja tidak perlu menghiraukan poin kedua ini. Namun sebaliknya, apa bila kamu adalah perokok sebaiknya mulai sekarang hentikan atau setidaknya kurangi porsi rokokmu mulai dari sekarang. Ini karena asap rokok sangat berpotensi menjadi penyebab sejumlah penyakit mata seperti katarak dan kerusakan saraf optik pada mata.
3. Jaga jarak pandang
Rabun merupakan salah satu jenis penyakit mata yang disebabkan oleh kebiasaan  yang buruk, saat beraktifitas menggunakan indra penglihatan. Ini juga merupakan caramenjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer. Selain computer, hal lain yang perlu diperhatikan jaraka pandangnya adalah menonton tv, bermain main video game, dan membaca buku. Sebisa mungkin atur jarak aman agar hal ini tidak menjadi penyebab kerusakan pada mata. Karena radiasi pada benda-benda elektronik tersebut sangat berbahaya bagi mata.
4. Jangan Terlalu Sering Mengucek Mata

Baca juga:  Bahaya Akibat Kurang Minum Air Putih
Mengucek mata dapat berakibat fatal (c) postmozt.blogspot.com
Nah, hal ini biasanya sebagian besar orang sering melakukannya. Mengucek mata merupakan salah satu kebiasaan buruk yang dapat berakibat iritasi pada kelopak dan bola mata. Apalagi kalau tangan yang kamu pakai saat itu adalah tangan kotor yang penuh dengan kuman. Sebaiknya mulai sekarang, apabila kamu masih ingin memiliki mata normal selama mungkin, sebaiknya hilangkan kebiasaan buruk tersebut. Kalau memang mata gatal sebaiknya berikan obat tetes mata yang tersedia di berbagai apotik, namun pastikan obat tersebut benar-benar baik dan tidak berbahaya.
5. Pakai pelindung mata
Jika kamu sedang bepergian atau sedang bekerja pada suatu jenis pekerjaan yang kira-kira dapat berbahaya terhadap mata, maka sebaiknya gunakan pelindung mata untuk dapat mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan. Pelindung mata seperti kaca mata yang dirancang khusus untuk menutupi bagian kelopak dan mata secara keselurahan atau helm saat berkendara sangat perlu Anda gunakan untuk melindungi mata yang merupakan bagian vital pada tubuh.
6. Istirahatkan Mata
Sesekali memang sangat perlu untuk mengistirahatkan Mata, karena mata juga butuh istirahat. Mata yang sudah lelah tapi tetap dipaksakan untuk terus beraktifitas sangat tidak baik bagi kesehatan. Seperti berlama-lama di depan layar monitor karena tugas kuliah yang menumpuk. Mata sama halnya dengan bagian tubuh lainnya, apabila sudah lelah justru akan memengaruhi tingkat produktifitas seseorang. Oleh sebab itu, istirahatkanlah sejenak matamu sebelum memulai aktivitas kembali.
7. Melatih Mata
Sesekali mungkin kamu perlu melakukan hal ini. Coba fokuskan pandangan mata pada satu objek yang ada di sekitarmu, kemudian beralih dengan memfokuskan pandangan pada objek yang lebih jauh. Lakukan ini beberapa kali. Setidaknya ini adalah cara sederhana untuk melatih kesehatan mata Anda setelah melakukan keenam aktifitas sebelumnya.
Nah, ini adalah 7 cara merawat kesehatan mata agar tidak minus atau terhindar dari penyakit-penyakit mata lainnya. Sayangilah mata, karena mata merupakan jendela dunia dan sangat vita fungsinya bagi kehidupan sehari-harimu.

Baca juga:  Tips Cara Mengatasi dan Merawat Kulit Wajah Berminyak

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *