Inilah 7 Cara Mengurangi Nafsu Makan yang Efektif

Memiliki nafsu makan yang berlebihan seringkali membuat seseorang khawatir, terlebih bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Seperti yang telah kita ketahui, nafsu makan yang tinggi akan memicu seseorang untuk terus mengonsumsi makanan yang sebenarnya tidak diperlukan oleh tubuh. Asupan kalori pun juga akan berlebih sehingga tubuh terancam mengalami obesitas. Nah, simak cara mengurangi nafsu makan berikut ini jika Anda ingin berat badan Anda tidak bertambah!

  1. Jadwal makan teratur

Memastikan jadwal makan teratur merupakan cara mengurangi nafsu makan yang paling penting. Berlatihlah agar waktu makan Anda selalu sama setiap harinya. Pastikan pula Anda makan sehari tiga kali dan tidak melewatkan satu pun jadwal makan, terutama sarapan. Sarapan yang sehat dan cukup protein di pagi hari akan membantu menekan nafsu makan Anda pada saat makan siang. Selain itu, pastikan pula Anda tidak telat makan karena hal tersebut berpotensi merangsang rasa lapar dan nafsu makan pun menjadi lebih besar.

  1. Minum air putih sebelum makan

Selain untuk mengganti cairan tubuh yang hilang dan membersihkan alat pencernaan, minum air putih sebelum makan akan memberikan efek kenyang sehingga selanjutnya akan membuat Anda mengurangi porsi makan. Biasakan untuk meminum air putih sebanyak 1 hingga 2 gelas sebelum makan.

  1. Sajikan porsi makan secukupnya

Cara mengurangi nafsu makan kali ini tampaknya memang sering dilupakan, namun ternyata, menyajikan atau mengambil porsi makan yang banyak akan memicu selera makan Anda menjadi lebih tinggi. Oleh karena itu, biasakan mulai sekarang untuk mengambil porsi makan secukupnya.

  1. Tidur cukup

Waktu tidur yang tidak mencapai 8 jam sehari akan mempengaruhi hormon pemicu rasa lapar pada tubuh seseorang. Ketika Anda mengalami kekurangan waktu tidur, maka akan terjadi fluktuasi pada hormon pemicu rasa lapar pada tubuh Anda. Maka tidak heran apabila Anda sering merasa kelaparan ketika begadang pada jam di mana seharusnya tubuh Anda beristirahat.

  1. Mengunyah makanan perlahan
Baca juga:  Inilah 6 Jenis Makanan Penambah Darah yang Terbukti Efektif

Mengunyah makanan dengan cepat dan tidak sampai halus tentunya akan berdampak buruk pada proses pencernaan sehingga penyerapan nutrisi dari makanan tidak dapat berjalan optimal. Oleh karena itu, nikmatilah proses makan Anda. Jangan makan terburu-buru, karena hal tersebut akan memicu Anda untuk menambah porsi makan. Sebaliknya, mengunyah makanan sampai halus akan membuat perut Anda cepat merasa kenyang.

  1. Perhatikan kandungan makanan Anda

Cara mengurangi nafsu makan yang terakhir adalah dengan meneliti kandungan makanan yang akan Anda konsumsi. Pastikan Anda menghindari junk food dan mulai mengonsumsi makanan yang kaya akan lemak baik seperti omega 3 serta makanan yang kaya serat, protein dan mineral. Kandungan-kandungan baik tersebut akan membuat Anda cepat merasa kenyang dan tentunya akan memberikan nutrisi dan gizi yang lebih baik bagi tubuh Anda.

 

 

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *