Inilah 6 Manfaat Jeruk Nipis yang Belum Banyak Orang Tahu

Manfaat Jeruk Nipis
Buah dengan nama latin Citrus Aurantifolia dengan rasa khasnya yang asam ini ternyata menyimpan berbagai macam kebaikan yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Manfaat jeruk nipis diperoleh dari kandungan-kandungan baik dari jeruk nipis, seperti kandungan vitamin C, asam sitrat, fosfor, serat, kalsium, vitamin A, vitamin B1, dan juga antioksidan. Lalu, apa saja manfaat jeruk nipis?
 
1.    Menjaga daya tahan tubuh 
Kandungan vitamin C di dalam jeruk nipis berperan penting dalam meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh sehingga Anda yang rutin mengonsumsi jeruk nipis akan cenderung memiliki tubuh yang sehat dan tidak mudah terserang oleh penyakit dan infeksi.
 
2.    Anti penuaan 
Manfaat jeruk nipis juga terasa pada kulit tubuh yang tidak akan mudah keriput. Dengan kandungan yang kaya akan antioksidan alami dan vitamin C, jeruk nipis membantu melawan penuaan dini dengan menghilangkan racun-racun dari dalam tubuh sehingga kulit Anda akan tampak lebih cerah, sehat, dan awet muda serta terlindungi dari radikal bebas.
 
3.    Membantu penurunan berat badan 
Kandungan vitamin C dan serat tinggi dari jeruk nipis akan membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Biasakan untuk mengawali pagi hari Anda dengan meminum satu gelas air hangat yang telah dicampur dengan perasan air jeruk nipis. Kebiasaan ini juga akan membantu tubuh Anda untuk melakukan detoksifikasi atau pengeluaran racun-racun berbahaya dari dalam tubuh secara alami sehingga Anda akan merasa lebih segar dan sehat.
 
4.    Menurunkan risiko diabetes 
Jeruk nipis yang kaya akan serat larut dapat membantu penyerapan glukosa atau gula ke dalam darah sehingga risiko lonjakan gula darah dapat terhindari. Selain itu, jeruk nipis juga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes karena jeruk nipis memiliki indeks glikemik atau kandungan glukosa yang rendah.
 
5.    Mengobati gangguan pernapasan 
Dengan kandungan flavonoid, manfaat jeruk nipis akan sangat terasa bagi Anda yang sering menderita gangguan pernapasan. Dengan menghirup aroma dari jeruk nipis, rasa mual maupun sesak akan berangsur reda. Oleh karena itulah, ekstrak jeruk nipis sering diaplikasikan pada inhaler, balm, maupun alat penguap dan obat-obatan khusus anti kongestif lainnya.
 
6.    Melawan risiko penyakit jantung 
Serat larut yang terkandung dalam jeruk nipis tidak hanya mampu untuk menurunkan berat badan dan risiko diabetes, tetapi juga dapat melawan risiko serangan jantung, penyakit jantung, dan juga stroke  dengan cara melenyapkan keberadaan lemak jahat atau kolesterol buruk (LDL) dari dalam tubuh, menurunkan tekanan darah, serta mengatasi peradangan yang terjadi pada pembuluh darah.

Baca juga:  Waspada Gejala Kangker Mulut Rahim

Demikianlah manfaat jeruk nipis bagi kesehatan dan kecantikan tubuh Anda. Jeruk nipis tidak hanya dapat dikonsumsi sebagai minuman maupun bahan masakan, tetapi juga dapat diolah menjadi masker wajah, masker kulit, hingga ramuan tradisional untuk melawan beragam penyakit fatal.

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

One thought on “Inilah 6 Manfaat Jeruk Nipis yang Belum Banyak Orang Tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *