Inilah 6 Cara Sederhana Memanjangkan Rambut

Gambar Cara Memanjangkan Rambut
Rambut adalah salah satu aset terpenting dalam penampilan seseorang, khususnya bagi wanita. Namun, ternyata tidak semua wanita dapat memiliki rambut panjang yang sehat. Sebagian besar wanita mengaku mendapatkan berbagai masalah mengganggu ketika akan memanjangkan rambut, seperti rambut yang tidak sehat akibat bercabang, rontok, kering, kusam dan mudah patah. Jadi, bagaimana cara memanjangkan rambut yang sehat alami namun tanpa mengeluarkan biaya yang mahal?

1.    Kurangi kebiasaan menggunakan pengering rambut
Alat pengering atau pemanas rambut seperti alat catok maupun hairdryer, jika digunakan terlalu sering akan berisiko menimbulkan masalah baru bagi rambut Anda, seperti rontok dan mudah patah. Hal ini disebabkan tekanan panas yang diberikan oleh alat tersebut akan menghambat proses pertumbuhan rambut dan menghilangkan kelembaban pada rambut sehingga rambut menjadi kering dan rapuh.

2.    Hindari kegiatan hair style terlalu banyak
Cara memanjangkan rambut kali ini lebih fokus pada pertumbuhan rambut yang sehat sehingga rambut hendaknya tidak menerima hair style yang terlalu banyak, seperti pewarnaan rambut. Hindari pewarnaan rambut yang berlebihan karena pewarna rambut yang mengandung bahan kimia dapat merusak nutrisi rambut sehingga pertumbuhan rambut akan terganggu. Sebaliknya, seringlah menggunakan conditioner dan vitamin rambut untuk menjaga kelembaban dan mempercepat proses pertumbuhan rambut.

3.    Keramas secara teratur
Pilihlah produk shampoo yang cocok dengan karakter rambut Anda. Jika Anda tidak sering melakukan kegiatan outdoor, maka setidaknya Anda harus berkeramas minimal 3 kali dalam seminggu. Jangan lupa untuk melakukan pemijatan kulit kepala pada saat keramas selama 3 hingga 5 menit agar kotoran-kotoran pada kulit kepala benar-benar terangkat. Selain itu, pemijatan tersebut juga sangat baik untuk memperlancar darah yang mengangkut nutrisi menuju akar rambut Anda.

Baca juga:  Kabar Gembira Untuk Ibu-Ibu: Cara Sehat Langsing Setelah Melahirkan

4.    Konsumsi makanan yang sehat
Makanan sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai salah satu cara memanjangkan rambut adalah makanan-makanan yang tinggi protein, seperti kacang-kacangan, susu, telur, dan juga daging. Protein terbukti dapat membantu folikel rambut dalam mendapatkan nutrisi-nutrisi penting untuk pertumbuhan. Selain protein, makanan yang kaya akan omega 3 seperti bayam, sarden, salmon, dan buah alpukat, juga dapat menjadi nutrisi alami yang mendukung pertumbuhan rambut dari dalam.

5.    Perawatan rambut dengan bahan alami
Apabila Anda menginginkan perawatan sehat tanpa mengeluarkan banyak biaya, maka manfaatkan bahan-bahan alami seperti putih telur, minyak zaitun, ampas teh, hingga lidah buaya. Bahan-bahan tersebut dapat Anda olah menjadi masker rambut alami yang bisa Anda gunakan secara rutin.

6.    Potong ujung rambut yang bercabang
Cara memanjangkan rambut yang sepele ini ternyata berpengaruh dalam proses peremajaan batang rambut sehingga pertumbuhan rambut dapat lebih cepat dan bebas karena tidak lagi terganggu oleh bagian rambut yang sudah tua dan rusak.

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *