Inilah 5 Tips Membuat Tidur yang Berkualitas

Apakah anda sering mengaami gangguan tidur dimalam hari ? gangguan tidur ini terkadang membuat anda di pagi harinya masih merasa mengantu, padahal pagi adalah awal dimana aktivitas anda untuk satu hari dimulai. Bagi mereka yang bekerja di pagi hari tentunya hal ini sangat mengganggu karena anad menjadi mengantuk, lelah, dan tidak bersemangat dalam menjalankan aktivitas. Lalu apakah itu tanda-tanda bahwa anda mengalami gangguan tidur ?
 
Tidur malam yang cukup merupakan salah satu cara meningkatkan semangat anda dalam beraktivitas. Di tengah padatnya aktivitas seseorang tubuh memerlukan waktu untuk berisitirahat. Idelanya tubuh memrlukan waktu 7 – 8 jam untuk beristiraht tidur yang cukup.
 
Anda perlu mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas dan mulailah mengatasi gangguan tidur anda di antaranya :
 
1.    Bermain Handphone
Bahaya Bermain Hp sambil tidur
 
Handphone adalah salah satu gadeget utama yang mebuat anda terganggu tidurnya. Faktanya banyak orang saat ini yang sering memainkan alat komunikasi moern ini sebelum tidur. Membawa handphone ke tempat tidurnya faktanya sangat mengganggu aktivitas tidur anda. Anda bukannya segera tidur tapi malah asyik bermain game, internet, telepon, sms atau online d akun jejaring sosial media anda.

 
2.    Laptop ataupun Main Komputer
Bahaya Bermain Laptop
 Sudah banyak sekali orang yang memiliki laptop atau komputer ini. Berbagai pekerjaan rumit akan lebih praktis jika dilakukan di laptop atau komputer ini. Anda dapat mengetik sambil mendengarkan musik, menenoton film dengan durasi panjang, dlsb. Ketika seseorang asyik bermain kedua gadget ini di malam hari, terkadang mereka sampai melewatkan jam tidur.
 
3.    Televisi
Hampir setiap rumah saat ini memiliki televisi. Televisi yang dimiliki pun memiliki beragam ukuran dan bahkan kini telah hadir teknologi TV Satelit yang menawarkan pilihan channel lebih banyak. Beberapa orang rela bergadang tengah malam demi menantikan acar TV Favorit mereka. Tentunya ini sangat mengganggu waktu tidur anda.
 
4.    Lampu Kamar yang terlalu terang
Tidur yang berkualitas adalah pada kondisi kamar gelap atau redup. Fakta membuktikan tidur dalam kondisi kamar gelap adalah yang paling idela karena ketika kamra gelap adalah saat hormon melatonin dalam tubuh diproduksi. Hormon ini berfungsi mencegah sel anti kanker pada tubuh.
 
5.    Tidak ada jeda waktu
 Tubuh perlu rileks dan tenang sebelum tidur. Karena itu perlu merileksakan tubuh sekitar setengah jam sebelum tidur agar anda merasa rileks ketika tidur.
Baca juga:  Tips Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bahan Alami

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *