Ini Dia Alasan Utama Kenapa Muslim Harus Berlibur Ke Maroko

Berlibur ke luar negeri memang memberikan pengelaman tersendiri, mulai dari mendapatkan suasana baru, nuansa baru, dan tentunya merasakan pengalaman di wilayah baru dengan budaya asing disana. Menjelajah tempat baru, bertemu dan berkomunikasi dengan orang baru membuat kita semakin terbuka akan keberagaman. Akan tetapi, bagi umat Islam harus pintar-pintar dalam mencari destinasi negara yang sesuai dengan kepercayaan kita. Cari harga tiket pesawat yang bisa mengantarkan kita ke negara wisata yang cocok dikunjungi untuk muslim/muslimah.

 

Salah satu negara yang menarik dan cocok dikunjungi oleh muslim adalah Maroko, sebuah negara bekas jajahan Perancis ini terletak di Benua Afrika bagian utara. Maroko menyimpan keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan. Nah, alasan apa sajakah yang membuat muslim harus berlibur ke Maroko? Berikut penjelasannya.

 

  • Terdapat masjid terbesar ketiga di dunia

Segera cari harga tiket pesawat menuju Maroko, karena di negara ini terdapat masjid terbesar ketiga di dunia yang sayang untuk dilewatkan. Lokasi tepatnya berada di kota Casablanca, terdapat sebuah masjid besar nan megah yang bernama Masjid Hasan II. Masjid ini semakin menarik karena memiliki menara setinggi 210 meter. Masjid ini juga semakin menakjubkan karena setengah dari area masjid ini berada di atas Samudra Atlantik yang menciptakan suasana nyaman dan sejuk saat berada di masjid ini.

 

Masjid Hasan II dibangun dengan arsitektur bergaya campuran Arab dan Eropa yang membuatnya semakin menawan dan megah. Masjid ini mampu menampung sebanyak 105.000 jemaah dan dibangun sebagai bentuk hadiah ulang tahun Raja Hasan II dengan menghabiskan dana USD 800 juta.

 

  • Terdapat jejak-jejak peradaban Islam masa lalu
Baca juga:  Belum Puas... Australia Masih Bidik Indonesia!

Bagi kamu yang suka dengan sejarah peradaban islam masa lalu, berlibur ke Maroko menjadi pilihan yang tepat. Di negara ini masih banyak dijumpai bangunan-bangunan tua, masjid dan madrasah sisa peradaban islam masa lalu yang masih terjaga dengan baik sampai sekarang.

Beberapa masjid dan madrasah peninggalan masa kejayaan Islam yang masih bisa kita jumpai di Maroko adalah Masjid Koutoubia, Madrasah Ben Youssef, Masjid Casbah, Masjid Mansouria, Masjid Bab Doukkala dan Masjid Mouassine.

 

Selain masjid dan madrasah, di Maroko juga terdapat istana peninggalan kejayaan Islam seperti Istana El Badi, Royal Palace dan Istana Bahia yang menjadi bukti bahwa islam sempat berjaya di Maroko.

 

  • Kota Suci Moulay Idriss

Moulay Idriss adalah nama dari icit Nabi Muhammad Saw yang pertama kali mendirikan dinasti Muslim Arab di Maroko. Orang Maroko percaya bahwa jika kita mengunjungi Moulay Idriss sebanyak 5 kali maka pahala yang di dapatkan sama dengan pahala pergi haji ke Mekkah.

 

Di sana terdapat tempat-tempat menarik yang bisa dikunjungi, seperti monument bersejarah, air mancur yang sangat cantik, masjid-masjid yang usianya udah ratusan tahun, makam Moulay Idriss sampai perkebunan anggur, pohon cemara, zaitun dan kurma. Tunggu apa lagi, segera beli tiket pesawat di Reservasi.com untuk bisa merasakan keindahan kota suci yang satu ini.

 

  • Terdapat benteng Ait ben Haddou

Ait ben Haddou merupakan salah satu Kasbah yang ada di Maroko. Kasbah sendiri merupakan sebutan untuk sebuah benteng yang juga dipakai sebagai kota permukiman warga. Ait ben Haddou memiliki ukuran yang lumayan besar karena terdiri dari 6 kasbah.

 

Ait ben Haddou juga masuk sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO. Tempat ini juga kerap dijadikan sebagai lokasi syuting film-film Hollywood seperti  Gladiator, Kongdom of Heaven, Sahara, Alexander the Great sampai Black Hawk Down.

Baca juga:  Peserta Famtrip Afsel Terpukau Keindahan Alam Indonesia

 

  • Terdapat sisa bangunan Kekaisaran Romawi, Volubilis

Walaupun terkenal sebagai negara muslim, di Maroko ternyata juga terdapat reruntuhan bangunan sisa kekaisaran Romawi yang disebut dengan Volubilis yang bentuknya menyerupai Colosseum di Roma.

 

Volubilis ini awalnya adalah pusat pemerintahan administrative provinsi Mauretania Tingitana yang merupakan salah satu wilayah Roman Afrika. Bangunan ini juga termasuk ke dalam situs warisan budaya UNESCO. Setiap bulan Juni, bangunan ini dijadikan sebagai tempat diselenggarakannya Fes Festival of Sacred World Music.

 

  • Terdapat Pasar Tua Djemaa El Fna

Ayo beli tiket pesawat di Reservasi.com menuju Maroko dan menikmati keramaian pasar tua yang ada di sana. Di Maroko tepatnya di kota Marakesh, terdapat sebuah pasar tua yang masuk dalam kawasan Medina dan menjadi pusat turis berkumpul. Medina merupakan kawasan kota tua yang menjadi pusat kegiatan para penduduk, mulai dari rumah, pasar, sampai sekolah. Tempat ini menjadi tempat yang paling banyak dikunjungi jika sedang berada di Maroko.

 

Djemaa El Fna adalah sebuah alun-alun yang terdapat di tengah kota tua di Marrakesh. Selain sebagai tempat berjualan, disini juga dijadikan tempat berkumpul para seniman jalanan yang saling memperlihatkan keahlian mereka seperti bermain music, sampai berakrobat layaknya pemain sirkus.

 

  • Melihat kehidupan tradisional masyarakat di Fes

Salah satu yang tidak boleh dilewatkan jika kita berkunjung ke Maroko adalah berkunjung ke Fes. Disana kita bisa melihat langsung kehidupan tradisional masyarakat Maroko yang sebenarnya. Sebagian dari mereka akan mewarnai kain-kain secara tradisional. Tempat ini sangat khas dengan gang-gang sempit yang tak jarang membuat orang ‘nyasar’.

 

Segera cari harga tiket pesawat menuju Maroko, sebuah kota Muslim yang di dalamnya terdapat banyak keistimewaan yang sayang dilewatkan mulai dari keindahan alam, sejarah, bangunan religi, dan juga kekhasan budaya Islam yang masih kental di negara ini.

Baca juga:  Mistisnya Ritual Sesaji Untuk Para Arwah Kelimutu

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *