Ini Dia 6 Tips Menghilangkan Bau Mulut yang Efektif

Memiliki bau mulut atau napas yang tidak segar tentu saja adalah sesuatu yang tidak diinginkan oleh sebagian besar orang di muka bumi ini. Hal yang sangat tidak nyaman, apalagi kalau kamu saat itu sedang harus berinteraksi dengan banyak orang. Bukan hanya lawan bicaramu, kamu juga pasti bakal merasa risih dan sangat tidak nyaman. Nah, untuk itu lah kamu yang memiliki masalah bau mulut itu perlu untuk membaca tips menghilangkan bau mulut ini.

Salah satu upaya untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan rajin menggosok gigi. Tapi apa cara ini benar-benar ampuh? Tidak selamanya, karena ada beberapa orang yang bahkan menyika gigi rutin 2 sampai 3x sehari tapi tetap saja memiliki napas yang kurang sedap. Lalu bagaimana? Nah, berikut ini 6 tips menghilangkan bau mulut:

1. Menjaga Kebersihan Mulut

Gambar Menggosok Gigi
Menggosok Gigi (c) zona-sehat.com

Menjaga kebersihan mulut ini adalah salah satunya dengan menggosok gigi. Sikat gigi lah secara rutin yaitu 2x sehari dengan pasta gigi berfluoride. Hal ini berguna untuk menghilangkan sisa plak dan makanan yang menempal pada gigi. Plak atau sisa makanan yang menempel pada gigi dan tidak dibersihkan itu lah salah satu alasan mengapa napas menjadi tidak segar. Selain itu juga dianjurkan untuk menyikat lidah, tapi jangan terlalu keras karena bisa berakibat perih.

Ada juga obat kumur yang sudah banyak dijual dengan berbagai merek. Kamu juga bisa menggunakan itu untuk membersihkan mulut dari sisa makanan.

Dan jangan lupa untuk selalu mengganti sikat gigi kamu setiap 2 atau 3 buan sekali atau saat kamu baru sembuh dari dokter. Hal ini sangat dianjurkan oleh para dokter karena sikat gigi yang berumur lebih dari 2 atau 3 bulan akan mengandung banyak bakteri yang tidak baik.

Baca juga:  Inilah 5 Tips Membuat Tidur yang Berkualitas

2. Tidak merokok

Gambar Berhenti Merokok
Berhenti Merokok (c) dokita.co

Merokok tentu saja akan menyebabkan napas yang tidak sedap. Kamu yang perokok atau kamu yang sering berinteraksi dengan para perokok pasti merasakan aroma rokok melekat lewat bau mulut yang ia keluarkan. Oleh karena itu hampir semua perokok pasti menyediakan permen juga di dalam kantong mereka sebagai penawar aroma rokok tersebut. tapi tentu saja hal itu tidak akan bertahan lama.

Dengan berhenti merokok, bukan hanya masalah bau mulut yang teratasi, tapi juga masalah kesehatan. Karena semua orang tahu, merokok sangat membahayakan, bukan hanya pada diri si perokok, tapi juga orang-orang di sekitarnya. Memang bagi kamu perokok aktif hal ini sangat sulit, tapi cobalah mulai dari sekarang niatkan diri untuk berhenti.

3. Perhatikan makanan yang dikonsumsi

Gambar Makanan Sehat
Makanan Sehat (c) samishare.com

Makanan-makanan tertentu juga bisa menyebabkan bau mulut, bahkan sangat tajam dan menyengat. Seperti bawang putih, bawang bombay, pete, jengkol dan durian adalah contoh makanan yang sangat sulit dihilangkan hanya dengan sikat gigi atau kumur-kumur. Oleh karena itu, sebelum mengkonsumsi makanan tersebut sebaiknya kamu lihat apa kegiatanmu setelahnya. Kalau setelah makan makanan beraroma tajam tersebut kamu bakal berinteraksi banyak orang maka sebaiknya tunda dulu makannya. Karena tentu saja itu sangat mengganggumu dan orang-orang disekitarmu.

4. Perbanyak minum air putih

Minum Air Mineral
Minum Air Putih (c) blog.eriknerum.com

Minum air putih selain juga baik untuk kesehatan juga bisa menghilangkan aroma tidak sedap dari mulutmu. Hal ini untuk menjaga rongga mulut tetap lembab. Coba bandingkan saat sedang berpuasa seharian tanpa makanan dan minuman yang masuk ke mulut, walaupun pagi harinya sudah sikat gigi tapi tetap saja bau mulutmu menjadi tidak sedap. Hal ini dikarenakan rongga mulut yang kering.

Baca juga:  Bahaya, Ngemil Di Kantor Tingkatkan Obesitas

5. Mengkonsumsi Buah-buahan

Gambar buah-buahan
Konsumsi Buah Buahan (c) kaltim.tribunnews.com

Mengkonsumsi buah-buahan juga ternyata merupakan salah satu tips menghilangkan bau mulut. Terutama buah-buahan yang mengandung vitamin c dapat membantu membasmi bakteri dalam mulut.

6. Kunjungi dokter gigi (minimal 2x dalam setahun)

Gambar Dokter Gigi
Kunjungi Dokter Gigi (c) healthylivingprogramme.blogspot.com

Nah, langkah terakhir adalah dengan mengunjungi dokter gigi. Dengan mengunjungi dokter gigi, tentu saja kamu akan tahu segala hal mengenai masalah rongga mulut dan cara mengatasinya. Sibisa mungkin lakukan secara rutin agar kamu tahu kondisi keseluruhan mulutmu secara berkala.

Nah, itu dia tadi 6 tips menghilangkan bau mulut. Semoga artikel ini bermanfaat dan benar-benar membantu kamu dalam mengatasi bau mulut dan juga kesehatanmu.

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *