Ini Alasan Mengapa Air Laut Terasa Asin

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Mengungkap dan memperjelas alasan ataupun sebab mengapa dan kenapa air laut itu terasa asin. Halo sobat Jurucipir.com masih pada sehat selalu bukan? Nah pada artikel kali ini kami akan coba membahas dan menjelaskan secara detail dan singkat alasan-alasan kenapa air di laut itu menjadi asin. Tahukah anda ini adalah sebuah fenomena alam dan juga sebuah keajaiban dunia yang dibuat oleh Tuhan semesta alam yang menciptakan langit dan bumi beserta isi-isinya karena itu air laut rasanya menjadi asin.

Berikut penjelasannya tentang Mengapa air laut itu terasa asin. Sebenarnya rasa asin pada air laut berasal dari daratan, kronologisnya kira-kira begini… Pada saat terjadi hujan di daratan air akan meresap dalam tanah dan sedikit demi sedikit akan keluar lagi melalui sungai – sungai dan akhirnya mencapai laut. Nah pada saat perjalanan menuju ke laut tersebut air dari daratan juga membawa garam – garam mineral sehingga laut di penuhi garam – garam mineral. Kita mengetahui laut mempunyai permukaan yang sangat luas sehingga hal ini menjadi salah satu faktor penguapan yang cukup besar, pada saat air laut menguap hanyalah H20 (air) sedang garam garam mineral tetap tinggal bersama air laut, begitulah sehingga air laut rasanya asin. kadar keasinan air laut ini dipengaruhi oleh faktor suhu, biasanya semakin panas daerah tersebut air lautnya semakin asin.
Itu jugalah penjelasan Mengapa tingkat dan kadar keasinan lair laut itu berbeda-beda tergantung daerahnya

Mengungkap Alasan Menagapa Air Laut Terasa Asin

Lalu Mengapa air di danau itu tidak berasa asin padahal airnya juga dari daratan? Jawabannya karena permukaan air danau tidak cukup luas sehingga penguapannya tidak begitu besar, maksudnya air yang menguap dengan air yang masuk ke danau masih seimbang dan sumber mineralnya sangat terbatas beda dengan laut yang sumber mineralnya dari berbagai penjuru dunia menjadi satu. Air laut adalah air dari laut atau samudera. air laut memiliki kadar garam rata – rata 3.5%. Artinya dalam 2,5 liter (2500 ml) air laut terdapat 60 gram garam (terutama, namun tidak seluruhnya, garam dapur/NaCI). Walaupun kebanyakan air laut di dunia memiliki kadar garam sekitar 3,5%, air laut juga berbeda-beda kandungan garamnya.

Baca juga:  5 Cara Menghilangkan Komedo Paling Ampuh

Tempat dan daerah dimana air yang paling tawar  Air yang paling tawar adalah di timur teluk finlandia dan di utara Teluk Bothnia, keduanya bagian dari Laut Baltik. Laut Yang paling asin adalah Laut Merah, dimana suhu tinggi dan sirkulasi terbatas membuat penguapan tinggi dan sedikit masukan air dari sungai-sungai. kadar garam di beberapa danau dapat lebih tinggi lagi. Air laut memiliki kadar garam karena bumi dipenuhi dengan garam mineral yang terdapat dalam batu-batuan dan tanah. Contohnya natrium, kalium, kasium, dll. Apabila air sungai mengalir ke lautan, air tesebut membawa garam. Ombak laut yang memukul pantai juga dapat menghasilkan garam yang terdapat pada batu – batuan. Lama-kelamaan air laut menjadi asin karena banyak mengandung garam.

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

KENAPA AIR LAUT BERWARNA BIRU ? Nah..! ini adalah sebuah pertanyaan yang cukup pintar mengapa air laut berwarna biru dan warnanya sama seperti warna langit. Alasan air laut berwarna biru pada dasarnya, air tidak memiliki warna. Air hanya menyerap cahaya yang kemudian merefleksikannya. Ada satu pertannya yang sering di ajukan mengenai laut, adalah mengenai warnanya. “Mengapa Laut Nampak Biru?” Ada Dua proses optik utama pada air laut, dan zat terlarut atau tersuspensi dalam air laut, saat berinteraksi dengan cahaya yang masuk dari matahari. Dua proses ini adalah penyerapan (absorption) dan hamburan (scattering). Di atmosfer, alasan utama bahwa langit berwarna biru adalah disebabkan oleh hamburan cahaya Dilaut, cara utama air berinteraksi adalah dengan penyerapan cahaya, Air menyerap cahaya merah, dan pada tingkat lebih rendah, air juga menyerap cahaya merah, dan pada tingkat lebih remdah, air juga menyerap cahaya kuning dan hijau, menyebabkan warnanya bisa berubah ubah tergantung kedalaman dan tempatnya.
Tepatnya penjelasan di atas juga berpengaruh besar pada Mengapa Langit itu berwarna biru dan sama seperti warna laut.

Baca juga:  Buah-Buahan Yang Baik Di Konsumsi Setelah Buka Puasa

Warna biru merupakan warna yang paling di serap oleh air, sehingga air nampak berwarna biru. Singkatnya, semakin dalam kedalaman laut, semakin ia berwarna kebiruan. Diagram di atas menujukkan kedalaman cahaya yang akan menembus di air laut. Karena cahaya merah di serap kuat, menjadikannya hilang, dan cahaya biru terus menembus masuk kedalam. Dari diagram tersebut juga menjadi alasan kenapa air di dalam bak mandi berwarna putih, di karenakan semua cahaya masih di terserap oleh air sehingga membuat warnanya nampak putih. Sementara saat matahari mulai terbenam dan terbit, air laut akan kelihatan merah di permukaanya dikarenakan penyerapan cahaya tersebut.

Warna yang berbeda pada laut, sungai dan danau juga di sebabkan oleh tanaman yang hidup di dasarnya seperti alga yang terdapat pada laut merah, dan endapan yang tercwa di dalam air. seperti warna coklat yang merupakan endapan yang terbwa dari sungai, sehingga membuat warnanya nampak keruh.

Nah itu dia singkat dan padat alasan Mengapa air laut itu tersa sangat asin di lidah. Kira-kira sampai di sini anda sudah cukup paham bukan? Nah jika anda kurang faham tentang Mengapa air laut itu terasa asin ini anda dapat mempelajari lebih mendalam tentang Ilmu alam, dan berarti anda harus sekolah lagi demi mendalami ilmu yang ingin anda pahami lebih mendalam.

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *