Imunisasi Dasar Lengkap Untuk bayi

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Imunisasi dasar lengkap untuk bayi. Dalam dunia kesehatan, imunisasi adalah pemberian vaksin dengan cara disuntikkan atau diteteskan agar bayi dapat menghasilkan kekebalan tubuh terhadap berbagai gangguan penyakit tertentu. Vaksin itu memang dibuat dari bakteri yang dilemahkan yang dapat merangsang untuk pembentukan kekebalan di tubuh seorang bayi.

Ada banyak jenis vaksinasi yang diberikan untuk bayi. Namun hanya ada 5 vaksin untuk Imunisasi dasar lengkap untuk bayi. Antara lain vaksin polio, vaksin campak, vaksin BCG, vaksin hepatitis B dan vaksin DPT.
Imunisasi Dasar Lengkap Untuk bayi

1. Vaksin polio

Polio adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus yang dapat menyebabkan kelumpuhan ketika dewasa. Vaksin polio ini diberikan dengan cara meneteskan di mulut bayi sebanyak 4 kali ketika bayi berusia 1,2,3 dan 4 bulan. 
Jika dilihat dari efek samping pada bayi atau dalam bidang kedokteran disebut kejadian pasca vaksinasi, pemberian vaksin polio memang tidak ada efek sampingnya. Beda dengan vaksi yang lain.

2. Vaksin Campak

Campak adalah sebuah penyakit yang disebabkan karena virus. Oleh karena itu, vaksin yang digunakan untuk kekebalan terhadap virus campak adalah vaksin hidup. Sebelum disuntikkan, vaksin ini harus dilarutkan pada cairan khusus. Diberikan kepada bayi sebanyak satu kali ketika bayi berusia 9 bulan.
Kejadian kejadian pasca vaksinasi yang ditimbulkan dari vaksin ini adalah pada hari ke 5-12 setelah pemberian vaksin bayi akan menderita panas dan kemerahan pada kulit. Hal tersebut menandakan penyakit campak ringan sedang menyerang. Tapi akan hilang sekitar 1-2 hari kemudian.

3. Vaksin BCG

Your ads will be inserted here by

Baca juga:  Ternyata Dari Facebook Juga Dapat Menghasilkan Uang Loh.!

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.


Vaksin BCG adalah sebuah vaksin yang diberikan untuk pembentukan kekebalan terhadap penyakit TBC. Pemberian vaksin ini diberikan dengan cara disuntikkan. Diberikan satu kali ketika bayi berusia satu bulan. 
Kejadian pasca vaksinasi yang ditimbulkan dari vaksin ini adalah terjadi pembengkakan merah di sekitar bekas suntikan sekitar 2 minggu kemudian. Pembengkakan tersebut bisa menyebabkan luka. Namun tak perlu hawatir dan tak perlu dilakukan pengobatan apapun pada luka tersebut. Karena perlahan akan hilang dan hanya akan meninggalkan bekas seperti parut kecil.

4. Vaksin Hepatitis B

Vaksin ini diberikan untuk mencegah penyakit hepatistis B. Berupa cairan yang disuntikkan di bagian paha atas luar. Diberikan pada saat usia bayi sekitar 0-7 hari. Kejadian kejadian pasca vaksinasi yang ditimbulkan dari vaksin ini sama seperti vaksin polio. Tidak ada efek samping atau kejadian apapun pada pasca vaksinasi.

5. Vaksin DPT

Vaksin ini diberikan untuk membentuk kekebalan tubuh terhadappenyakit dipteri, batuk rejan dan tetanus. Diberikan 3 kali ketika bayi berusia 2,3 dan 4 bulan. Kejadian kejadian pasca vaksinasi yang ditimbulkan dari vaksin ini sama seperti vaksin BCG. Bayi akan mengalami panas dan akan sembuh sekitar 1-2 hari kemudia. Di lain kasus, mungkin bayi akan menderita nyeri dan bengkak pada tempat bekas suntikan dan akan sembuh dengan menyisakan bekas seperti parutan kecil.

Itulah Imunisasi dasar lengkap untuk bayi. Terjadi panas dan demam mungkin hal biasa pasca vaksinasi. Ibu tidak perlu hawatir. Cukup selalu berikan ASI agar bayi cukup gizi. Untuk menurunkan panas, ibu bisa mengkompres dengan handuk yang telah dibasuh air hangat dan diperas. Atau memberikan obat penurun panas sesuai anjuran dokter. Namun, jika panas tetap berlanjut, sebaiknya hubungi dokter terdekat.

Your ads will be inserted here by

Baca juga:  Buah-Buahan Yang Baik Di Konsumsi Setelah Buka Puasa

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *