Hubungan Puasa Dengan Kesehatan

Hubungan puasa dengan kesehatan. Marhaban Yaa Ramadhan. Alhamdulillah, kita bertemu kembali dengan bulan yang mulia, yaitu bulan Ramadhan. Di bulan yang mulia ini, seluruh ummat islam yang telah baligh dan beriman serta berakal diwajibkan untuk menjalankan ibadh puasa. Ibadah puasa adalah sebuah ibadah yang diharuskan untuk menahan lapar dan haus serta hal-hal yang membatalkan puasa lainnya dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.
Puasa itu sehat

Sekalipun puasa adalah perintah agama, namun bukan berarti tanpa manfaat bagi kesehatan. Banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa kita ambil dari menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan ini. Di bawah ini ada beberapa hubungan puasa dengan kesehatan.

1. Berhubungan Dengan Kesehatan Jantung Dan Pembuluh Darah
Pada saat kita berpuasa, terjadi penurunan LDL dan peningkatan HDL. LDL (Low Density Lipoprotein) adalah kolesterol jahat yang jika terjadi penumpukan akan menjadikan penyempitan pembuluh darah. Sedangkan HDL (High Density Lipoprotein) adalah kolesterol baik yang dapat melindungi kita dari serangan jantung. Dengan kita berpuasa, justru akan menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

2. Memperbaiki Sistem Pencernaan
Selama 12 jam waktu yang diperlukan untuk menjalankan ibadah puasa. Selama 12 jam inilah, perut memberikan waktu longgar untuk sistem pencernaan seperti lambung dan usus untuk memperbaiki kinerjanya.

3. Mengontrol Berat Badan
Bagi yang mempunyai masalah obesitas dan kelebihan berat badan, dengan berpuasa akan membantu mengontrol kelebihan berat badan. Namun tetap dengan catatan. Berbuka puasalah seperlunya saja. Jangan berlebihan. Agar asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita bisa terkontrol.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Salah satu hubungan puasa dengan kesehatan adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Ketika berpuasa, tubuh akan memproduksi limfosit hingga 10 kali lipat. Hal tersebut sangat berpengaruh baik terhadap peningkatan sistem imun tubuh sehingga tubuh kebal terhadap beberapa jenis penyakit.
Baca juga:  Tips Memudarkan Bekas Luka Secara Aman Dan Alami

5. Puasa Adalah Sistem Detoksifikasi Alami
Saat berpuasa, tubuh membatasi jumlah asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Membatasi asupan makanan sama saja dengan membatasi jumlah racun yang mungkin bisa juga terbawa bersama makanan. Oleh sebab itu, dengan menjalankan ibadah puasa, sama saja kita melakukan sistem detoksifikasi alami pada tubuh.

6. Meningkatkan Kesehatan Mental
Salah satu komponen puasa adalah dengan bersabar. Dengan adanya stok sabar yang banyak, maka secara tidak langsung akan meningkatkan kesehatan mental.

7. Meningkatkan Kesehatan Ginjal
Fungsi ginjal akan maksimal jika kekuatan osmosis urin berkisar rata-rata antara 1000 hingga 12.000 ml osmosis/ kg. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengurangi konsumsi air dalam tubuh. Dengan berpuasa, akan menjadi salah satu jalan untuk mengurangi konsumsi air. Terutama cairan yang dapat memperberat kinerja ginjal.

8. Meningkatkan Performa Seksual
Mungkin, pada awal-awal kita menjalankan puasa, performa seksual kita bisa menurun. Namun tenang saja. Performa seksual akan naik seiring dengan terbiasanya kita dalam menjalankan ibadah puasa.

9. Mempercepat Proses Peremajaan Tubuh
Saat menjalankan ibadah puasa, beberapa anggota tubuh ada yang kinerjanya tidak terlalu berat. Pada saat inilah tubuh memberikan kesempatan pada organ-organnya untuk meremajakan organ-organ tubuh.

Itulah beberapa manfaat puasa yang bisa kita ambil jika dilihat dari sisi kesehatan. Dalam memberikan perintah, tentunya Allah SWT tentunya telah diiringi dengan manfaat diberbagai aspek kehidupan kita. Salah satunya adalah di bidang kesehatan. Semoga artikel tentang hubungan puasa dengan kesehatandapat memberi pencerahan bagi kita semua tentang pentingnya dan manfaat puasa.

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *