Hai Para Pria, Ini Dia 3 Jenis Sepatu yang Wajib Dimiliki Pria

Rupanya sekarang tidak hanya wanita yang peduli terhadap fashionnya, pria pun semakin ke sini semakin menaruh perhatian lebih terhadap apa yang dipakainya. Namun sepatu menjadi item fashion yang sering luput dari perhatian mereka. Dan ini dia 3 jenis sepatu yang wajib dimiliki pria sebagai penunjang kegiatan sehari-hari. Jadi nantinya dapat menentukan jenis sepatu yang tepat untuk acara yang akan dihadirinya, jangan sampai keliru menghadiri acara formal malah menggunakan sepatu olahraga.

gambar sepatu jenis derby
Sepatu Derby (c) bekasiurbancity.com

Sepatu Formal

Sebagaimana namanya, jenis sepatu ini dipakai untuk menghadiri acara formal, seperti untuk pergi kekantor atau meeting dengan klien. Beberapa tipe sepatu formal ini adalah oxford, derby, monk strap. Dan sepatu formal ini adalah salah satu dari 3 jenis sepatu yang wajib dimiliki pria.

sepatu jenis oxford
Sepatu Jenis Oxford (c) fashionmodelku.com

Oxford mempunyai ciri utama yaitu memiliki lidah sepatu (tongue) yang dijahit di bawah vamp. Istilah lain untuk penyebutan sepatu jenis ini adalah close-lacing yang berarti tongue atas ditutup oleh kulit luar tempat lubang tali sepatu. Desainnya cukup keren tapi tetap elegan.

Derby mempunyai ciri yang sangat khas yaitu memiliki lidah sepasang di atas untuk mengikat tali sepatu. Lubang tali sepatu biasanya terdiri dari 3 lubang saja. Sepatu ini termasuk sepatu klasik yang biasa dikenakan oleh bangsawan inggris. Selain untuk acara formal, sepatu jenis ini juga cocok untuk acara santai juga loh. Namun untuk acara santai, biasanya bahan yang dipilih adalah bahan non kulit untuk menunjukkan kesan santai.

jenis sepatu monk strap
Sepatu Monk Strap (c) mozaic.co.id

Mungkin sepatu jenis monk strap adalah yang paling unik di antara sepatu formal lainnya yaitu memiliki ciri khas terdapat buckle atau gersper di bagian samping. Geseper tersebut digunakan sebagai pengganti tali sepatu. Jenis sepatu ini masuk ke dalam european classic.

Baca juga:  Tips Memilih Gelang Olahraga Pria Terbaik
sepatu sneakers pria
Sepatu Jenis Casual (c) mozaic.co.id

Sepatu Casual

Untuk acara santai, nongkrong di cafe, kuliah, travelling, atau sekedar jalan dapat memakai sepatu jenis ini. Dan jangan sampai menggunakan sepatu ini untuk acara formal, atau sebaliknya karena akan benar-benar merusak tampilan fashion Anda. Sepatu jenis casual yang populer adalah sepatu sneakers pria. Selain itu loafers atau yang biasa disebut slip-on. Sepatu model ini cukup populer belakangan, karena mudah dipakai dan menampilkan kesan semi formal.

running shoes
Sepatu Olahraga (c) detik.com

Sepatu Olahraga

Saat olahraga jangan lupa memakai sepatu jenis ini dan jangan sampai memakai sepatu formal ya, karena bakal penampilanmu nggak banget. Anda dapat memakai running shoes untuk menjaga kenyamanan kaki Anda saat berolahraga. Selain itu jenis sepatu ini rupanya juga dapat dipakai untuk santai atau ke kampus. Biasanya yang percaya diri memakainya yang punya jiwa sporty.

Itulah 3 jenis sepatu yang wajib dimiliki pria yang dapat dipakai sesuai acara yang akan diikuti. Jangan sampai salah sepatu ya. Kalau bisa per jenis sepatu pria usahakan memiliki dua model, jadi bisa dipadu-padankan sesuai penampilan Anda.

Share This:

Reyhan M Abdurrohman

Berkacamata, tapi sebenarnya malas memakainya. Ngakunya penulis, tapi masih sering malas menulis.

One thought on “Hai Para Pria, Ini Dia 3 Jenis Sepatu yang Wajib Dimiliki Pria

  • February 7, 2016 at 11:47 am
    Permalink

    Sepatu Casual udah punya. Tinggal sepatu olahraga sama casual yang belum 😀
    Hmm, mungkin nanti bakal beli yang formal dulu ketimbang olahraga. Soalnya nanti bakal ada acara penting gitu 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *