Gili Sudak: Pulau eksotis yang tersembunyi

Ada yang pengen liburan? Atau sekedar cari referensi tempat wisata yang bagus? Wah, kalo gitu baca tulisan saya yang ini sangat direkomendasikan. Soalnya saya bakal nge-review salah satu tempat wisata di Lombok. Selain itu juga pengen buat temen-temen luar Lombok makin iri juga sih. Haha.

gili-sudak

Temen-temen yang dari Luar Lombok, udah tahu kan Pulau Lombok di mana? Duh, yang gak tahu sayang banget ya. Hehe. Padahal pulau Lombok saat ini masuk nominasi Destinasi Wisata Halal Terbaik dan Destinasi Wisata Bulan Madu Halal Terbaik di Dunia lho! Bersaing dengan tempat wisata keren lainnya.

Oke, bagi yang belum tahu saya kasi tahu dulu dah, soalnya banyak juga yang gak tahu Lombok. Ini pengalaman pribadi. Malah dikiranya Lombok itu di Bali. Fiuh. Lombok itu salah satu dari dua Pulau besar yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Di sebelah timur pulau Jawa. Persis setelah Bali. Oke? Sekarang udah tahu Lombok itu pulau yang mana? Kalau belum tahu juga mending cek peta.

Sip, sekarang bahas tempat wisatanya. Tempat ini baru dua bulan yang lalu saya kunjungi. Dan mirisnya, itu adalah pertama kali saya ke sana. Padahal udah 20 tahunan lebih tinggal di Lombok. Gili Sudak namanya. Ya, orang Lombok pasti tahu alasannya. Di Lombok itu banyak banget tempat wisatanya alamnya, dan beruntungnya lagi, tempatnya keren-keren! Dijamin gak bakal nyesel kalo liburan ke Lombok.

Kembali ke Gili Sudak. Ini lokasinya sekitar satu jam dari pusat kota Mataram kalau pakai motor atau mobil. Letaknya di Kabupaten Lombok Barat Kecamatan Sekotong. Saya waktu itu ke sananya bareng sepupu, rombongan pake motor semua. Seru lah pokoknya. Jalannya juga udah bagus, kecuali kira-kira 10-15 menit sebelum sampai lokasi. Soalnya itu jalannya agak masuk kampung juga.

Baca juga:  Kafé Surabaya—Desain Unik Kafé Kopi Yang Bikin Betah

20120101_09231620120101_092212

Gak ada rintangan sulit jalannya. Kecuali mungkin kalo pake mobil. Belum liat mobil masuk sana sih. Soalnya jalan yang masuk perkampungan itu agak sempit dan kayaknya gak mungkin mobil bisa masuk. Atau mungkin ada jalan lain kali ya? Gak tahu juga sih kalo itu.

Ya gitu doang, setelah itu parkir motor deket sana. Ada tukang parkirnya juga kok, jadi dijamin aman. Meskipun ya gitu, bayarnya lumayan mahal, sekitar 5 ribuan per motor. Di situ udah keliatan tiga pulau kecil yang keindahnya Subhanallah, dijamin bakal berdecak kagum dah sama keindahan alam yang diciptain tuhan. Gak kalah dah sama Hawai. Bahkan Hawai kayaknya kalah. Pokoknya kalau gak percaya coba aja deh ke situ. Percaya dah!

Setelah itu kita bakal nyewa kapal buat nyebrang, gak mahal kok, 20 ribu untuk pulang pergi ke Gili Sudak. Padahal sebenarnya deket lho jarak pulaunya, mungkin sekitar 100an meter kalo lagi pasang. Kalo surut malah bisa lebih deket lagi. Boleh dicoba buat renang bagi yang merasa jago. Haha. Oh iya, saya saranin buat bawa bekal yang banyak ya, soalnya harga makanan di sana agak mahal. Kalo gak mau kantong jebol. Kecuali bagi yang royal. Huhu.

DSC0342820120101_085714

Udah deh, sampai. Bebas mau ngapain aja, asal jangan yang melanggar hukum aja. Ada fasilitas snorkeling sama banana boat juga lho di sana. Yang mau snorkeling bisa liat pemandangan bawah laut yang bikin ketagihan. Yang kameranya pake water proof juga bisa foto bareng ikan. Terumbu karangnya masih terjaga banget. Semoga seterusnya tetap terjaga seperti itu. oh iya, terakhir, jangan sampai lupa waktu ya di sana. Keasikan bisa bikin lupa waktu dah. Bahaya soalnya, nanti ditinggal sama kapalnya dan akhirnya terpaksa bermalam di pulau itu. Huh. Saya nyaris kayak gitu waktu ke sana. Nyaris. Syukurlah akhirnya ada ‘tim penyelamat’ yang datang. Haha

Baca juga:  Mistisnya Ritual Sesaji Untuk Para Arwah Kelimutu

20150802_152916              20150802_15232820120101_080958      20120101_082131-1      20120101_090101gili-nanggu-lombok1

Oke, ending dari tulisan saya kali ini. Kalo mau liat pantai-pantai yang indah, alam yang keren, ke Lombok aja. Dijamin gak bakal nyesel. Masih ada puluhan pantai dan wisata alam lainnya yang gak kalah bikin takjub. Tapi, jangan sampai lupa buat tetap mempertahankan kelestarian alamnya ya …. Siapa lagi yang menjaga alam kalau bukan kita? Mulailah dari hal kecil, karena hal kecil yang dilakukan secara terus-menerus akan berdampak besar. Kayak buang sampah yang selalu pada tempatnya.

20150802_150632 (1)                              20120101_090209


Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *