Gejala Kangker Payudara

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

        Sebelum kita membahas tentang gejala kangker payudara, terlebih dahulu kita akan membahas apa itu kangker payudara. Kangker payudara adalah sebuah kangker yang terjadi pada sel payudara. Jika ada sel yang abnormal berkembang biak dengan liar, maka akan membentuk sebuah tumor yang bisa berupa tumor jinak atau tumor ganas. Hal inilah yang akan menjadi cikal bakal terjadinya kangker payudara.

Tidak ada kejelasan secara medis apa yang bisa menyebabkan seseorang beresiko terkena kangker payudara. Karena kangker payudara hanya bisa dideteksi ketika ada beberapa sel yang tidak normal berkembang biak di luar kewajaran. Ada yang mengatakan bahwa seseorang beresiko terkena kangker payudara jika salah satu keturunannya juga ada yang terkena kangker payudara. Seperti penyakit genetik turunan.

Gejala Kangker Payudara

Kangker payudara banyak menjangkiti kaum perempuan. Meski tidak menutup kemungkinan terjadi juga pada laki-laki. Dari segi jumlah penderintanya, kangker payudara menempati urutan kedua di dunia sebagai penyakit yang paling banyak penderintanya. Kangker payudara tidak terjadi secara tiba-tiba. Kita dapat mengenali beberapa gejala awal yang ditimbulkannya. Di bawah ini ada beberapa gejala kangker payudara yang bisa kita kenali :

1. Terdapat Benjolan Di Sekitar Payudara
Tanda awal adanya kangker payudara adalah terdapat benjolan yang tidak biasa dipayudara. Awalnya benjolan itu hanya kecil. Namun lama kelamaan benjolan itu akan semaikin besar dan terasa sakit jika ditekan.

2. Rasa Sakit Dipayudara Dan Ketiak
Mungkin ada sebagian perempuan yang merasakan payudaranya sakit dan kencang ketika awal menstruasi. Namun jika merasakan sakit dipayudara dan ketiak di luar jadwal menstruasi, mungkin itu sebagai gejala awal kita menderita kangker payudara.

Baca juga:  Berbahaya Atau Tidak Minum Es Di Saat Hamil

3. Perubahan Kulit Pada Payudara
Awalnya kulit payudara berwarna merah muda. Kemudian berubah menjadi warna coklat hingga menyerupai kulit jeruk.

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

4. Pada Pusting Susu Keluar Darah
Kalau biasanya yang keluar dari payudara adalah ASI, pada gejala kangker payudara akan keluar darah pada puting susu.

5. Tampilan Puting Susu Yang Terbalik
Pada keadaan normal, puting susu akan terlihat cembung menonjol ke depan. Namun pada keadaan adanya kangker payudara, puting susu akan terbalik, cekung dan menonjol ke dalam.

6. Perubahan Kulit Puting Susu
Salah satu tandanya adalah kulit puting susu akan mengelupas, terlihat bersisik dan lama kelamaan akan menyerpih.

Itulah beberapa gejala yang timbul jika seseorang mengidap kangker payudara. Meski banyak yang mengatakan bahwa kangker payudara adalah penyakit keturunan atau darifaktor genetikal, bukan berarti kita tidak bisa mencegahnya.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai usaha pencegahan. Pertama, selalu lakukan gaya hidup sehat. Seperti mengkonsumsi makanan yang bergizi. Perbanyak sayuran dan buah yang alami. Kurangi atau hindari makanan yang mengandung MSG atau bahan sintetis dan makanan cepat saji. Karena makanan yang banyak mengandung bahan sintetis, MSG dan cepat saji cenderung memberi resiko tumbuhnya sel abnormal seperti kangker.

Kedua, dari uji laboratorium kesehatan, menyusui bayi hingga berumur 24 bulan dapat menurunkan resiko kangker payudara. Selain itu, diet makanan rendah lemak juga dapat membantu mengurangi resiko terkena kangker payudara.

Itulah beberapa uraian singkat tentang kangker payudara. Sekali lagi, kangker payudara tidak hanya mengintai wanita saja. Namun juga laki-laki. Demi menjaga diri agar pengobatan kangker payudara tidak berada pada tahap terlambat, maka kenalilah gejala kangker payudara yang ada di atas.

Baca juga:  Awet Muda Secara Alami

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *