Wisata Medan: Danau Toba Tidak Pernah Ada di Kota Medan

Kamu pasti pernah mendengar tentang Danau Toba, kan? Danau air tawar terluas di dunia ini menarik banyak wisatawan setiap tahunnya. Daya tariknya membuat banyak ulasan wisata yang menulis tentang Danau Toba. Lalu, kamu tahu Medan? Kota terbesar di Sumatera Utara itu juga mempunyai daya tariknya tersendiri sebagai tujuan wisata. Hal yang menarik adalah ketika adanya ulasan yang menyebut kalau Danau Toba berada di kota Medan.

Contoh tulisan yang menulis kalau Danau Toba ada di Medan
Contoh tulisan yang menulis kalau Danau Toba ada di Medan

Benar kalau danau tekto-vulnanik itu berada di Provinsi Sumatera Utara. Tapi jangan percaya pada ulasan yang menulis kalau Danau Toba ada di kota Medan. Dari kota Medan, kamu masih harus menempuh perjalanan selama 4 jam lebih lagi untuk mencapai danau itu. Tenang saja, lelah di perjalanan akan terbayar saat kamu menikmati indahnya Danau Toba. Kamu bisa berkeliling area danau itu dengan menggunakan speedboat yang banyak disewakan penduduk setempat, bermain bermain bebek dayung atau berenang di tepinya.

Untuk wisatawan, selain sejarah tentang ledakan gunung vulkanik yang akhirnya menciptakan danau terluas di Asia Tenggara itu, masyarakat sekitar juga mempunyai legendanya sendiri tentang asal usul terciptanya Danau Toba. Dikisahkan bahwa dahulu kala ada seorang nelayan yang menangkap ikan mas yang merupakan jelmaan seorang putri. Singkat cerita, mereka menikah dengan syarat kalau si nelayan tersebut tidak boleh menyebut anak mereka sebagai anak ikan. Akan tetapi syarat itu akhirnya dilanggar oleh si nelayan. Hujan turun merendam semuanya dan menjadikan daerah itu sebagai sebuah danau besar yang kemudian dikenal dengan Danau Toba.

Tertarik mengunjunginya? Selain kisah tentang asal usul Danau Toba, wisatawan juga bisa melihat kisah legenda lainnya yaitu kisah Batu Gantung.

Baca juga:  Air Terjun Madakaripura, Pesona Lain Di Balik Gunung Bromo

Jika kamu sudah berada di Medan karena berpikir bahwa Danau Toba berada di Medan, jangan berkecil hati. Medan juga mempunyai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa mengunjungi Istana Maimum, Mesjid Raya dan Taman Sri Deli yang menjadi saksi kejayaan Sultan Deli di masanya. Ada Lapangan Merdeka dan bangunan-bangunan era kolonial di yang berada di pusat kota Medan.

Mengunjungi penangkaran buaya adalah salah satu wisata favorit saat di Medan (c) ranselkecil.com
Mengunjungi penangkaran buaya adalah salah satu wisata favorit saat di Medan (c) ranselkecil.com

Kamu bisa menikmati danau lainnya seperti Danau Siombak, wisata laut, penangkaran buaya atau sekedar berbelanja di pasar tradisional Medan yang terkenal dengan harganya yang murah. Hanya saja, lebih baik kamu mengajak orang yang mengenal wilayah Medan dengan baik saat kamu ingin berjalan-jalan. Kota Medan yang sangat besar sering membuat para wisatawan tersesat dan kebingungan.

Horas!

Share This:

Tari

I have spent my time to know "About Me" and I am still on process. Klasik? :) Untuk kamu yang menyukai laut, langit, sawah, hutan, manga dan anime, film-film seru dan beberapa hal abstrak, kita pasti akan segera menjadi teman akrab. Piacere!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *