Cara Sehat Melaksanakan Sholat Idul Fitri Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Cara sehat melaksanakan solat idul fitri – Sholat ied atau sholat idul fitri adalah suatu ibadah yang di lakukan setahun sekali yaitu di hari setelah berakhirnya bulan suci ramadhan, yang dimana di hari itu umat islam di seluruh penjuru dunia merayakan hari yang sangat istimewa tersebut, hari kemenangan, hari pengampunan, hari bermaaf-maafan, inilah hari yang sangat di tunggu-tunggu kedatangannya oleh umat islam. Namun perlu anda ketahui bahwa di balik keistimewaannya tersebut sholat ied atau sholat idul fitri mempunyai manfaat untuk kesehatan manusia baik itu sehat akal maupun fisik ataupun tubuh.

Nah,,! Pasti anda bertanya-tanya mengapa demikian? Tenang dalam artikel saya kali ini tentang Cara sehat melaksanakan solat idul fitri, saya akan mencoba menterjemahkan atau memberikan tips atau jawaban atas pertanyaan anda tersebut. Namun percaya atau tidak manfaat sholat ied atau sholat idul fitri bagi kesehatan ini, itu semua ialah tergantung kepada keimanan anda, kepada agama anda yaitu Islam.

Manfaat hari raya idul fitri

Baiklah tidak usah panjang lebar lagi berikut ini adalah Cara sehat melaksanakan solat idul fitri yang perlu kita ketahui bersama agar sholat kita menjadi suatu hal yang bermanfaat untuk agama maupun diri kita sendiri.

1. Mandi pagi-pagi sekali

Mandi pagi sebelum melakukan sholat ied adalah hal yang selalu kita lakukan setiap tahunnya dan hal ini pasti terdengar sangat sepele di telinga anda, dan tentu tidak mungkin jika kita menjalankan ibadah sholat tanpa harus mandi. Namun perlu anda ketahui mandi pada hari terakhir bulan ramadhan itu sangat bermanfaat bagi kesehatan rohani maupun jasmani anda, dan sangat mempengaruhi sistem kerja otak maupun jantung, Karena itu perlu anda baca ini : Manfaat mandi shubuh saat bulan ramadhan.

Baca juga:  Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Jantung

2. Makan kurma sebelum pergi sholat ied

Memakan buah kurma sebelum berangkat sholat idul fitri adalah sunnah dari Rasulullah SAW, mengapa beliau mensunahkan hal itu?
Tentu kita semua umat islam mengetahui bahwa segala yang di perintahkan atau di sunnahkan Rasullah adalah tentunya baik untuk umatnya, hal ini di peruntukkan agar orang-orang tidak mengira bahwa tidak boleh makan sebelum melakukan sholat ied dan juga agar tubuh kita selalu fit dan sehat saat beribadah di hari raya tersebut, perlu anda ketahui sebab Rasullullah mensunahkan memakan kurma ialah Baca artikel ini: Sebab Rasulullah menganjurkan makan korma.

3. Berjalan kaki menuju masjid

Tahukah anda pergi beribadah ke masjid dengan berjalan kaki adalah sunnah Rasulullah SAW, tentu hal ini sangat erat kaitannya bagi kebaikan umatnya.
Dengan berjalan kaki pada pagi hari di hari Raya itu sangat baik di lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh kita, karena berjalan menuju masjid akan membantu organ-organ tubuh kita bekerja dengan maksimal tentu peredaran darah juga akan maksimal, alhasil tubuh akan menjadi bugar dan sehat saat melakukan sholat idul fitri.

Sepertinya cukup demikian saja yang dapat saya sampaikan dalam artikel tentang Cara sehat melaksanakan solat idul fitri, dan semoga tulisan saya ini dapat menjadi suatu ibadah yang dapat membantu dan bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian khususnya bagi umat islam di seluruh indonesia ini.

Lebih dan kurangnya saya memohon maaf yang sebesar-besarnya ya karena beberapa hari lagi kita akan kedatangan tamu yang sangat berharga yaitu hari Raya idul fitri yang sudah kita tunggu-tunggu kedatangannya pada bulan ramadhan ini insyaAllah jika di beri umur yang panjang.

Baca juga:  Mengenal Manfaat Luar Biasa dari Buah Naga

Terima kasih

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *