Cara Mencegah Dan Mengobati Penyakit Asam Urat

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Cara mencegah dan mengobati penyakit asam urat – Halo sahabat JuruCipir.com kali ini kita akan membahas bagaimana cara mencegah dan mengobati datangnya sakit asam urat dan sekalian membahas, makanan apa saja pemicu dan sebab datangnya sakit asam urat. Perlu kita ketahui bersama bahwa faktor terbesar terjadinya sakit asam urat adalah karena faktor turun temurun ataupun sakit keturunan , karena itu asam urat sedikit agak susah di hindari bagi siapa saja yang mempunyai orang tua, nenek, kakek ataupun orang-orang terdahulu anda yang masih berhubungan darah dengan anda.

Mari kita bahas sedikit tentang bagaimana cara kerja penyakit asam urat ini, Penumpukan asam urat di dalam darah adalah penyebab penyakit asam urat atau penyakit gout. Asam urat adalah limbah yang terbentuk dari pemecahan zat purin yang ada di dalam sel-sel tubuh. Sebagian besar asam urat dibuang melalui ginjal dalam bentuk urin dan sebagian kecil lainnya dibuang melalui saluran pencernaan dalam bentuk tinja.

Di dalam “Cara mencegah dan mengobati penyakit asam urat” Jika asam urat yang dibuang dari tubuh jauh lebih sedikit dari jumlah yang diproduksi, maka asam urat yang bertumpuk tersebut akan membentuk kristal-kristal tajam natrium urat berukuran mikro yang bermuara di dalam sendi atau di sekeliling jaringan sendi. Ketika kristal-kristal tajam tersebut masuk ke dalam ruang sendi dan mengganggu lapisan lunak sendi, maka terjadilah peradangan yang terasa sangat sakit.

Cara mencegah dan mengobati penyakit asam urat

Sendi yang paling sering mengalami serangan penyakit asam urat adalah sendi kaki dan tangan. Tingginya pembentukan kristal-kristal di kedua sendi tersebut kemungkinan dipengaruhi oleh suhu bagian tubuh tersebut yang relatif lebih rendah dibandingkan sendi lainnya.

Sendi selanjutnya yang juga rentan terhadap serangan adalah sendi lutut dan siku. Sedangkan sendi yang jarang terkena serangan adalah yang letaknya dekat dengan badan, seperti sendi leher, punggung, pinggul, dan bahu.

Ada beberapa hal atau faktor yang turut memengaruhi naiknya kadar asam urat agar anda dapat mencegah datangnya penyakit atau timbulnya penyakit asam urat di dalam tubuh, diantaranya adalah makanan, minuman keras, minuman dengan kadar gula tinggi, beberapa kondisi medis, obat-obatan, riwayat keluarga, serta jenis kelamin.

Makanan penyebab penyakit asam urat yang tidak boleh anda konsumsi agar dapat mencegah timbulnya penyakit tersebut:

Makanan yang kaya akan zat purin dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh. Contohnya seperti:

Jeroan (jantung, ginjal, otak,dan hati).
Makanan laut (kerang-kerangan dan ikan yang berminyak).
Daging merah (daging babi, sapi, dan kambing).
Minuman keras
Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi minuman keras, maka produksi asam urat di dalam hati akan meningkat, selain itu unsur alkohol juga dapat mengurangi jumlah asam urat yang dibuang melalui urin.

Baca juga:  Surat Cinta Dari Anak Riau Untuk Indonesia Dan Presiden RI "JOKOWI"

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Jenis minuman keras
Yang paling harus diwaspadai untuk menghindari serangan penyakit asam urat adalah bir dan spirit. Terutama bir, minuman keras ini juga mengandung purin yang tinggi. Sedangkan untuk wine, minuman keras ini tidak meningkatkan risiko terkena penyakit asam urat secara signifikan asalkan diminum hanya satu atau dua gelas perhari.

Minuman dengan kadar gula tinggi
Menurut sebuah penelitian, minuman ringan manis  atau pun minuman yang mengandung fruktosa tinggi dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit asam urat. Fruktosa sendiri merupakan zat gula alami yang ditemukan pada buah-buahan.  Sedangkan minuman ringan diet atau minuman ringan yang kandungan gulanya rendah, tidak membuat seseorang berisiko terkena penyakit ini.

Masalah kesehatan atau kondisi medis yang sebelumnya diderita pasien
Ada beberapa kondisi medis yang dapat meningkatkan risiko penyakit asam urat. Artinya seseorang akan rentan terserang gout jika dirinya memiliki atau sedang mengidap:

Kadar lemak dan kolesterol yang tinggi dalam darahnya.
Penyakit ginjal.
Osteoartritis pada tangan, lutut, dan kaki.
Diabetes, baik diabetes tipe 1 maupun tipe 2.
Tekanan darah tinggi.
Obat-obatan pemicu asam urat
Meningkatnya kadar asam urat serta risiko terkena penyakit gout dapat disebabkan oleh beberapa jenis obat tertentu, di antaranya:

Niacin yaitu obat yang digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi.
Diuretik atau pil air, yaitu obat yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dan juga mengobati penumpukan cairan di dalam tubuh yang tidak wajar.
Obat-obatan pereda tekanan tinggi lainnya, seperti obat penghambat saluran kalsium, obat penghambat enzim pengubah angiotensin, dan obat penghambat beta.
Aspirin.
Riwayat kesehatan keluarga
Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa penyakit asam urat merupakan penyakit turunan. Dalam riset tersebut ditemukan bahwa satu dari lima penderita  memiliki seorang anggota keluarga yang juga mengidap penyakit yang sama.

Kaitan jenis kelamin terhadap penyakit asam urat
Risiko wanita pada masa subur untuk terkena serangan gout, lebih rendah dibandingkan dengan pria. Hal tersebut tidak terlepas dari peran hormon estrogen pada wanita yang mampu menurunkan kadar asam urat dan memperlancar pembuangannya melalui ginjal. Sedangkan pada pria, kadar asam urat di dalam tubuh mereka meningkat selama masa puber, dan tetap lebih tinggi dari wanita hingga dewasa.

Ketika wanita memasuki masa menopause, mereka juga akan berisiko terkena serangan gout, meski peningkatan kadar asam urat mereka tidak setinggi laki-laki. Itu sebabnya gejala serangan gout pada penderita wanita terlihat lebih lambat dibandingkan pada penderita pria.

Baca juga:  Ini Bahaya Mandi Saat Masih Berkeringat

Terlepas dari faktor-faktor di atas, ada juga beberapa orang yang memiliki kadar asam urat tinggi dalam darah mereka, namun tidak ditemukan pembentukan kristal-kristal natrium urat pada sendi-sendi mereka. Selain itu di antara beberapa orang yang memiliki kadar asam urat yang sama pun, tingkat kerentanan mereka berbeda-beda. Mengenai hal tersebut, hingga kini belum ada penjelasan yang pasti.

Nah mari kita membahas tentang Bagaimana cara mengobati sakit asam urat ini:

Cara Mengatasi Asam Urat Tinggi Secara Alamiby 15menit | category Penyakit | Tidak ada Komentar
Nah kita akan membahas mengenai Cara mengobati dan mengatasi asam urat. Asam urat merupakan penyakit yang bisa menyerang setiap orang, umumnya bagi orang yang berusia 40 tahun ke atas bagi pria, dan bagi wanita biasanya setelah terjadi masa menopause.
Asam urat adalah penyakit yang menyerang persendian tubuh, biasanya sendi jari tangan, tumit, jari kaki, siku, dengkul dan pergelangan tangan. Rasa sakit atau nyeri yang ditimbulkan akibat asam urat ini sangat hebat. Bahkan, penyakit ini bisa membuat bagian-bagian tubuh yang terserang mengalami pembengkakan dan peradangan.
Asam urat merupakan manifestasi dari metabolisme zat purin yang terbentuk seperti kristal-kristal. Kita bisa menemukan zat purin tersebut di dalam makanan yang kita makan, baik berasal dari makhluk hidup maupun tumbuh-tumbuhan. Jadi, jika kita mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin, maka zat purin inilah yang nantinya berpindah ke dalam tubuh.
Cara Mengatasi mengobati Asam Urat Secara Alami
Nah, setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh manusia nantinya diolah melalui proses metabolisme yang akan menghasilkan asam urat. Oleh karena itulah, setiap orang pastinya memiliki kadar asam urat. Namun, kadar asam urat tinggilah yang dapat berbahaya bagi tubuh manusia.
Untuk mengatasi asam urat, bisa dengan obat-obatan yang disarankan dokter. Tetapi, ada juga cara mengatasi asam urat secara alami yang bisa Anda manfaatkan secara aman dan efektif. Tapi, sebelumnya kita harus mengenali gejala-gejala asam urat berikut ini agar Anda bisa mengobatinya lebih dini sebelum bertambah parah. Adapun gejala asam urat, sebagai berikut:
– Selalu merasa capek dan badan terasa pegal-pegal
– Nyeri di bagian otot, persendian pinggang, lutut, punggung, pundak, dan bahu. Ditandai dengan timbulnya pembengkakan, kemerahan serta rasa nyeri yang sangat pada bagian persendian tadi baik di pagi maupun malam hari.
– Sering buang air kecil di pagi hari saat bangun tidur, maupun malam hari. Biasanya lebih sering di malam hari.
– Muncul rasa linu dan kesemutan yang sangat parah
– Menyebabkan penderita kesulitan untuk buang air kecil.
Jika Anda mengalami gejala-gejala diatas, berarti tandanya kadar asam urat dalam tubuh meningkat. Solusinya Anda harus segera konsultasikan keluhan Anda pada dokter!
Cara Mengatasi Asam Urat Tinggi
Nah, bagi Anda yang penasaran bagaimana cara mengatasi asam urat tinggi, berikut ini jawabannya:
1. Ramuan tradisional cengkeh dan ubi jalar merah
Bahan-bahan yang harus disiapkan adalah 5 butir cengkeh, 5 butir kapulaga, 1 jari kayu manis, 5 gram biji pala, 15 gram jahe merah, 1000 ml air, dan 200 gram ubi jalar. Caranya yaitu, rebus semua bahan tadi ke dalam 1000 ml air, didihkan hingga tersisa setengahnya. Kemudian saring dan minum airnya. Namun, untuk ubi jalar sendiri bisa Anda konsumsi secara langsung (dimakan).
2. Daun salam
Bahan-bahannya adalah 10 lbr daun salam dan 2 gelas air. Caranya, rebus 10 lbr daun salam yang sudah dibersihkan ke dalam 2 gelas air, lalu didihkan hingga tersisa 1 gelas. Minum airnya secara rutin, sebanyak 2 kali sehari.
3. Buah pare
Bahannya: 1 buah pare, 2 gelas air. Caranya yaitu dengan membuang biji buah pare, setelah itu cuci bersih buah pare dan potong-potong, kemudian rebus dengan 2 gelas air. Didihkan hingga tersisa setengahnya, lalu minum air rebusan pare tadi. Minum secara teratur 1 kali sehari.
4. Campuran daun sosor bebek, cengkeh dan jahe
Bahan-bahan pembuatannya adalah 5 butir cengkeh, 5 butir kapulaga, 4 lbr daun sosor bebek, 1 jari kayu manis, 5 gram biji pala, jahe 10 gram, dan 600 ml air. Caranya yaitu rebus semua bahan yang sudah dibersihkan ke dalam 600 ml air bersih, lalu didihkan hingga tersisa 300 ml air. Kemudian saring air rebusan tadi, dan minum ramuannya hingga 3 kali sehari secara teratur. Minum 300 ml air ramuan tadi dibagi 3 kali untuk satu kali minum. Yaitu masing-masing 100 ml air.
Nah, itulah cara-cara mencegah, mengobati dan mengatasi sakit asam urat tinggi secara alami yang dapat Anda coba sendiri di rumah.
Sedikit tips untuk anda yang sudah terkena asam urat, ada baiknya coba anda lakukan cara ini agar rasa nyeri sedikit demi sedikit akan hilang.
– Duduk
– Lalu bujurkan kedua kaki secara lurus
– Kedua telapak kaki dan jari-jari tarik mengarah ke belakang tanpa menggunakan tangan untuk menariknya, artinya gunakan tenaga kaki tersebut untuk menekannya mengarah ke belakang
– Jika pergelangan antara paha dan betis mulai terasa perih lalu gerakkan kaki anda satu demi satu tanpa harus kaki tersebut membengkok.
Sekian dan semoga bermanfaat.

Your ads will be inserted here by

Baca juga:  Siapa Saja Artis Terkaya di Indonesia?

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *