Cara Menambah Berat Badan yang Efektif

Tidak dapat dipungkiri, penampilan fisik sedikit banyak memang memiliki peran penting dalam memengaruhi penilaian seseorang terhadap orang lain. Oleh karena alasan inilah, kemudian banyak orang yang memiliki keinginan untuk dapat tampil sebaik mungkin, termasuk pula keinginan untuk bisa memiliki tubuh yang ideal. Tubuh ideal bisa diukur melalui tinggi maupun berat badan. Tetapi sayangnya, sebagian orang merasa berat badannya terlalu ringan sehingga menimbulkan kesan yang terlalu kurus. Simak cara menambah berat badan berikut yang bisa Anda lakukan tanpa perlu mengeluarkan isi dompet terlalu dalam!
1.    Tambah porsi makan 

Gambar Tambah Porsi Makan

Kunci utama yang harus dilakukan agar berat badan bertambah memang terletak pada porsi makan yang juga harus ditambah. Namun, bukan berarti Anda diperbolehkan mengonsumsi makanan tidak sehat yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol jahat. Pastikan makanan Anda adalah makanan yang kaya akan protein dan kalori tinggi, seperti susu, kacang-kacangan, keju, daging, hingga buah alpukat.

2.    Jadwal makan harus teratur 
Anda harus mendisiplinkan jadwal makan sehingga penyerapan nutrisi di dalam tubuh akan berjalan lebih optimal. Anda wajib makan pada pagi, siang, dan malam hari. Bahkan, akan lebih baik jika Anda juga menambah jadwal makan pada sore hari agar berat badan Anda cepat bertambah.
3.    Biasakan mengunyah sampai halus 
Cara menambah berat badan yang satu ini memang terkesan sepele dan membosankan. Tetapi pada kenyataannya, proses mengunyah makanan yang lebih lama dan halus akan meringankan beban lambung dan usus Anda, sehingga penyerapan gizi yang terkandung dalam makanan pun akan lebih maksimal dan asupan kalori yang terserap tubuh akan jauh lebih banyak.
4.    Lebih seringlah minum air putih 
Gambar Minum Air Putih
Minum Air Putih (c) gulalives.com
Baca juga:  Penyebab Gagal Ginjal Dan Resikonya

Selain mencukupi kebutuhan tubuh akan air minimal 8 gelas sehari, lebih seringlah minum air putih untuk memperlancar proses metabolisme tubuh Anda. Selain itu, dianjurkan untuk minum air putih di tengah-tengah kegiatan makan dan 30 menit seusai makan karena hal ini akan membantu tubuh untuk menyerap kalori dalam porsi yang lebih banyak.

 5.    Biasakan berolahraga secara rutin

Gambar Olahraga Rutin
Cara menambah berat badan melalui berolahraga difokuskan pada proses penambahan massa otot pada tubuh Anda. Massa otot yang bertambah akan membuat Anda lebih berisi dan sehat. Lakukan jenis-jenis olahraga statis seperti bersepeda, aerobik, berenang, angkat beban, hingga berlari secara rutin.
6.    Waktu istirahat yang cukup 
Hal ini adalah cara pamungkas yang jangan sampai Anda lewatkan. Dengan kualitas dan waktu tidur yang cukup, maka proses metabolisme tubuh Anda akan lebih seimbang sehingga tidak terjadi kekacauan dalam proses pembakaran kalori dalam tubuh Anda.

Nah, berikut itu adalah cara ampuh menambah berat badan. Jadi, sudah siap untuk melakukan rangkaian cara menambah berat di atas? Pastikan Anda konsisten agar berat badan ideal yang Anda impikan dapat segera terwujudkan.

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *