Buah-Buahan Yang Baik Di Konsumsi Setelah Buka Puasa

Setelah 14 jam berpuasa, tubuh terasa lemas dan tanpa sadar kalap mengkonsumsi makanan saat buka puasa tiba. Padahal sangat dianjurkan buah-buahan yang baik di konsumsi setelah buka puasa dibandingkan kita mengkonsumsi gorengan. Buah memiliki vitamin dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, selain tentunya menyehatkan. Tubuh akan segar setelahnya.

Buah-Buahan Yang Baik Di Konsumsi Setelah Buka Puasa

Terdapat buah-buahan yang baik di konsumsi setelah buka puasa yang bisa menjadi pilihan anda. Baiknya kita langsung mengkonsumsi buah-buahan tersebut atau bisa kita masukkan ke dalam olahan es buah segar agar terasa lebih nikmat. Berikut varian buah-buahan tersebut.

1. Pisang 
Pisang mengandung vitamin A, kalium, natrium, dan mineral yang baik untuk relaksasi otot. Pisang juga mengandung karbohidrat yang tersusun dari zat pati dan zat gula. Kedua zat tersebut dibutuhkan oleh tubuh untuk mengganti energy yang hilang selama berpuasa.

2. Pepaya
Pepaya mengandung kalsium, besi, magnesium, fosfor, seng, dan selenium yang baik untuk tubuh. Pepaya juga mengandung vitamin C yang berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh. Mengkonsumsi pepaya sangat bagus untuk pencernaan dan baik dikonsumsi saat berpuasa karena mengandung mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

3. Kurma
Buah yang tumbuh di padang pasir ini mengandung gula-gula monokarida yang mudah dicerna oleh tubuh yaitu sekitar 45-60 menit. Sedangkan nasi perlu waktu berjam-jam untuk dicerna. Kurma adalah makanan yang paling baik disantap saat berbuka puasa karena menyuplai asupan energy dengan cepat.

4. Semangka
Semangka mengandung vitamin A dan C. Semangka kaya akan likopen sehingga menyejukkan tubuh. Selain itu semangka juga memiliki kandungan air yang banyak sehingga cocok sebagai pelepas dahaga.

5. Kelapa
Air kelapa mengandung sodium dan karbohidrat. Tubuh akan terasa segar ketika berbuka dengan air kelapa.

Baca juga:  5 Cara Menghilangkan Komedo Paling Ampuh

6. Blewah 
Mengkonsumsi blewah dapat mencegah dehidrasi selama berpuasa. Selain memiliki kandungan air yang tinggi, blewah juga memiliki zat gula yang mudah diserap oleh tubuh. Blewah juga mengandung kalium yang tinggi yang berfungsi untuk melancarkan pengiriman oksigen ke otak dan menjaga kseimbangan cairan dalam tubuh.

7. Nanas
Nanas berfungsi untuk mencegah peradangan dan juga menangkal penyakit. Badan akan terasa bugar selama bulan ramadhan dengan mengkonsumi nanas.

8.     Mangga
Sama seperti nanas, mangga juga membuat tubuh tetap bugar dengan kandungan vitamin di dalamnya. Mangga mengandung vitamin A, vitamin C, B6, serat, dan kalori.

Itulah buah-buahan yang baik di konsumsi setelah buka puasa. Buah-buahan jauh lebih menyehatkan dan kaya akan nutrisi yang terkandung didalamnya jika dibandingkan dengan kudapan lainnya. Imbangi dengan konsumsi air putih. Batasi asupan kolak ketika berbuka. Setelah diistirahatka sejenak dengan melaksanakan tiga rokaat maghrib, lanjutkan dengan mengkonsumsi makanan berat yang bergizi seimbang. Semoga bermanfaat.

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *