Buah-Buahan Yang Baik Di Konsumsi Selagi Sahur

Waktu sahur harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mengkonsumi makanan bergizi seimbang. Kita juga harus memperhatikan buah-buahan yang baik di konsumsi selagi sahur agar badan tetap segar dan bertenaga selama berpuasa. Keberadaan bauah-buahan saat sahur tidak bisa disepelekan begitu saja. Mengingat kandungannya yang kaya akan vitamin dan nutrisi. Rasulullah SAW selalu menganjurkan mengkonsumsi buah-buahan sebelum menyantap makanan, namun yang terjadi adalah sebaliknya. Kita terbiasa mengkonsumsi buah terakhir setelah makan sebagai pencuci mulut.
Buah-Buahan Yang Baik Di Konsumsi Selagi Sahur
Buah-buahan yang baik di konsumsi selagi sahur sebenarnya hampir sama dengan buah-buahan yang disantap kala berbuka puasa. Kita bisa memilih yang mana saja karena fungsinya sama saja. Berikut pilihan buah-buahan selagi sahur.
1. Anggur 
Anggur mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh. Anggur juga mengandung cairan dalam buahnya.
2. Delima
Tingkat hidrasi delima adalah 90%. Delima mengandung 30 kalori juga limonoids yang bisa menghilangkan racun dari dalam tubuh serta mencegah tumbuhnya sel-sel kanker.
3. Jeruk 
Jeruk adalah buah yang mengandung 100% vitamin C yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah sariwan. Kita bisa menjadikan jeruk sebagai pencuci mulut setelah santap sahur selesai.
4. Buah berry
Selain strawberry, raspberry dan blueberry juga berfungsi mencegah dehidrasi selama berpuasa. buah berry mengandung vitamin C yang baik untuk membersihkan arteri dan mengatur gula darah. Selain itu buah berry juga kaya akan antioksidan dan air.
5. Apel 
Apel mengandung vitamin A, vitamin C, air, kalsium, zat besi, kalori, protein dan lemak. Fungsi buah apel adalah mengontrol kolesterol dalam tubuh, mencegah dehidrasi, dan menjaga kesehatan gigi.
6. Salak 
Kita juga bisa mengkonsumsi salak sebagai buah pencuci mulut selagi sahur. Salak mengandung vitamin C, vitamin B, fosfor, kalsium, karbohidrat, mineral zat besi, kalori,protein, dan serat yang bermanfaat untuk tubuh. Salak berfungsi untuk menjaga kesehatan mata karena mengandung beta karoten. Selain itu salak dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menyehatkan kulit.
7. Rambutan 
Rambutan memiliki kandungan karbohidrat, sehingga dapat menjadi sumber energi tubuh. Buah yang satu ini juga mengandung vitamin A yang menyehatkan mata, vitamin C sebagai antioksidan, dan juga mengandung serat pangan untuk melancarkan sistem pencernaan saat hendak buang air besar.
8. Pisang 
Selain saat berbuka puasa, pisang bisa juga dikonsumsi saat sahur. Pisang mengandung vitamin B6 yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi. Pisang juga kaya akan vitamin C yang berfungsi mengendalikan radikal bebas yang masuk kedalam tubuh.
Pilihan buah-buahan yang baik di konsumsi selagi sahur sangat bervariasi. Kita bisa memilih salah satunya untuk dijadikan teman santap sahur. Badan tetap bugar selama berpuasa jika asupan gizi seimbang. Selamat sahur dan semoga bermanfaat.
Baca juga:  Menyembuhkan Amandel Tanpa Oprasi? Inilah Hal yang Harus Kamu Lakukan

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *