Bahaya Makan Gorengan Saat Buka Puasa

Kombinasi makanan favorit semua orang ketika berbuka puasa adalah paduan antara es buah atau sirup, kolak, dan gorengan. Tahukah anda bahaya makan gorengan saat buka puasa? Memang sangat nikmat rasanya makan gorengan panas-panas dan juga pedas atau diberi saus dengan minuman dingin sebagai pelengkapnya. Sajian berbuka puasa sendiri sangat bervariasi dari mulai berbagai macam kolak, es, jus, gorengan, cemilan, dan masih banyak lagi.
Bahaya Makan Gorengan Saat Buka Puasa

Dibalik kenikmatan santapan berbuka puasa, ternyata ada bahaya makan gorengan saat buka puasa yang harus diwaspadai oleh anda.
   ü  Mengandung Minyak Berlebih
Jika mengkonsumsi gorengan terlalu banyak akan meningkatkan kadar kolesterol dan gula darah. Apalagi jika membeli gorengan di pinggir jalan akan beresiko. Kebanyakan gorengan tersebut menggunakan minyak goreng yang sudah dipakai berkali-kali sehingga terlihat hitam. Itulah yang membahayakan kesehatan. Yang paling harus di waspadai adalah jika minyak goreng tersebut dicampur dengan plastik sehingga terlihat selalu bening.
   ü  Termasuk makanan berlemak
Gorengan termasuk makanan yang mengandung lemak jahat. Jika anda terus-terusan mengkonsumsi gorengan bukan tidak mungkin bobot tubuh anda akan naik. Gorengan akan membuat perut terasa kenyang tanpa nutrisi yang mencukupi kebutuhan.
   ü  Meningkatkan produksi asam lambung
Bagi anda penderita maag, hati-hati memakan gorengan karena bisa meningkatkan asam lambung.
Tidak ada yang salah dengan mengkonsumsi gorengan ketika berbuka puasa. Rasanya yang nikmat dan makin lezat ketika disantap panas dan pedas membuat buka puasa menjadi semakin berselera. Gorengan juga biasa dinikmati sebagai lauk nasi karena renyah, nikmat, dan gurih. Namun, kita harus memberi batasan asupan gorengan tersebut.
Apalagi jika kita membeli gorengan asal dipinggir jalan yang beresiko. Kebersihan, bahan-bahan yang digunakan, dan minyak goreng yang digunakan kita tak tahu persis seperti apa. Mengetahui detail gorengan yang dikonsumsi merupakan bentuk menjaga kesehatan tubuh kita sendiri. Sebaiknya memang berlangganan pada pedagang gorengan yang sudah terbukti kualitasnya atau yang paling aman adalah membuat gorengan sendiri di rumah.
Sebaliknya sebagai pengganti gorengan, lebih baik kita mengkonsumsi buah-buahan seperti alpukat, apel, pisang, atau pepaya dan minum air putih yang tidak dingin. Salad sayuran atau salad buah juga bisa menggantikan porsi gorengan. Namun jika anda tetap ingin mengkonsumsinya, maka konsumsi sewajarnya saja. Serap minyak berlebih dengan menggunakan tissue atau didiamkan terlebih dahulu hingga minyaknya berkurang.
Baca juga:  Kabar Gembira Untuk Ibu-Ibu: Cara Sehat Langsing Setelah Melahirkan

Bahaya makan gorengan saat buka puasadapat beresiko naiknya diabetes, meningkatnya kadar gula dalam darah, dan bisa juga terserang jantung. Kulit pun ikut terlihat kurang sehat jika kita mengkonsumsi gorengan berlebihan. Sayangi kesehatan dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat, rendah lemak, dan memiliki nutrisi seimbang. Selamat berbuka puasa dan semoga bermanfaat.

Share This:

Lalu Razieb Ariaharfi

Asli Lombok dan suka makanan pedas. Bisa dihubungi lewat twitter @lalurazieb_azie, email laluazie@gmail.com, atau mungkin bisa berkunjung ke blog pribadinya di www.pena-azie.id

One thought on “Bahaya Makan Gorengan Saat Buka Puasa

  • June 20, 2015 at 12:54 pm
    Permalink

    awal berbuka memang gk langsung makan gorengan sih tapi 15 menit kemudian baru makan gorengan biasanya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *